Google Ad

Thursday, October 30, 2014

Sosis Kremes


Beberapa teman masih penasaran cara menggoreng kremes agar menyarang menyelimuti bahan yang di kremes. Sebenernya berbagai tips membuat kremesan udah sering ku bahas ya teman2..tapi karena masih banyak teman yang request tips2nya..baiklah..mari kita bahas lebih mendetail lagi ya. Membuat kremesan itu mudah kok..kuncinya harus telaten aja...apalagi jika mau membuat kremesan yang bisa menyelimuti bahan yang di kremes..harus memperhatikan tips2 dan trik berikut ini ya teman2..semoga bermanfaat ya.

Tapi kali ini nggak share resep dulu ya..karena aku pakai tepung kremes siap pakai yang aku jual..hihi. Lebih praktis lho teman2..nggak usah nimbang2 bahan dan nentuin takaran pas tepungnya..udah ada nich yang siap pakai..dan udah berbumbu. 1 pack @ 150 gram, sekali pakai tinggal  tambah 1 kuning telur dan air aja..udah jadi kremesan yang krememes..alias renyah empuk dan hasilnya bisa nyarang. Mau buat kremesan versi tabur bisa..mau buat kremesan yang menyarang menyelimuti bahan yang di kremes seperti yang aku buat kali ini..bisa banget juga. Kali ini aku buat sosis kremes..tuch bisa di liat fotonya kremesannya bisa menyelimuti sosis dengan cantik kan..teman2.


Mau coba..yukk simak dulu tips2 menggoreng kremesan nyarang sebagai berikut ya :
  • Menggoreng kremesan..pakailah wajan yang anti lengket dan agak lebar, agar hasil kremesan bisa lebar dan jika buat menyelimuti bahan yang di kremes hasil bisa tebal.
  • Minyak    jangan pelit ya..harus agak banyak dan gunakan minyak yang baru agar warna kremesan bisa cantik..atau jika udah di pake ya minimal 2 atau 3 kali pakai saja. 
  • Api untuk menggoreng kremesan, sedang saja..jangan terlalu besar nanti cepat gosong, kalau terlalu kecil, kremesan bisa bantat..nggak mau ngembang..hihi. Kayak cake aja ya..bisa bantat juga kremesan. Kalau bantat itu kremesan jadi keras adan menyerap minyak.
  • Adonan kremesan sebelum di tuang ke wajan, harus di aduk terlebih dahulu, karena jika tidak aada yang mengendap di bawah.
  • Minyak harus di panaskan dulu hingga benar2 panas ya sebelum adonan kremesan di tuang teman2, jadi begitu adonan di tuang akan terdengar suara berisik..dan adonan langsung akan mengembang dan mebentuk sarang.
  • Tuang adonan agak jauh dari wajan, agar adonan bisa langsung mengembang cantik ketika terkena minya panas. Untuk detail cara menggoreng dengan foto step by step di lihat di SINI ya.
  • Goreng kremesan yang udah bersarang hingga setengah kering..sambil di  geser agar semakin mengumpul di tengah. Selanjutnya, lipat jadi dua, lalu celup bahan yang akan di kremes, misal sosis ke adonan kremesan, lalu letakkan di pinggir kremesan yang udah setengah kering, lalu lipat atau gulung dengan bantuan dua buah sutil kayu. Lalu goreng sebentar hingga kering.
  • Jika ingin kremesan bentuk kotak..bahan yang di kremes misal tempe atau tahu di letakkan ke tengah2 kremesan yang setengah kering, lalu di lipat sisi kiri dan kanannya hingga berbentuk kotak.
  • Jadi..nggak susah kok bikin kremesan  yang menyarang menyelimuti bahan teman2..apalagi jika pakai  tepung kremes yang aku jual..hihi. Mudah..praktis dan  nggak pake lama gorengnya..cepet banget kering dan matang kremesannya. Udah banyak temen yang coba dan berhasil lho bikin kremesannya. Yang jelas ada pilihan rasa juga..ada yang gurih, tawar dengan bumbu garam dan rempah aja, atau tawar tanpa bumbu untuk membuat kremesan manis. Selamat mencoba ya teman2...^^
Sosis Kremes 

Bahan : 
10 buah sosis ukuran kecil
1 pack tepung bumbu kremes
1 kuning telur
350 ml air

Cara membuat :
Aduk tepung kremes dengan air dan kuning telur, aduk hingga rata dan adonan halus, tidak bergerindil.
Panaskan minyak goreng agak banyak hingga benar2 panas.
Tuang adonan kremesan , paling mudah pakai tangan saja,atau pakai sendok sayur ya boleh. Tuang dari jarak agak tinggi dari wajan agar kremesan bisa langsung menyarang.
Biarkan setengah kering, lipat dua. Celup sosis ke adonan kremes basah, letakkan di pinggir kremesan yang sudah setengah kering dan di lipat setengah lingkaran. Gulung dari tepi dengan bantuan dua buah sutil kayu, lalu   goreng sebentar lagi hingga kering.
Tiriskan di tisue dapur untuk menyerap kelebihan minyak. Sajikan.
Tepung kremesnya kayak gini nich teman2..ukuran sekali pakai ya..next postingan tentang kremes besok pengen coba..pisang goreng kremes yang nyarang cantik..di tunggu ya..aku buat dulu..hihi.



36 comments :

  1. hi bu, akhirnya saya muncul nih heee ... gunanya sosis dicelupkan ke adonan kremes basah supaya menempel kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya mba Inug..biar bisa nempel dan lebih mudah di gulung..nggak lari2...:D

      Delete
  2. waaah...mbak Diah jualannya udah ada yang baru lagi, padahal pesenanku aja aku belum dapet, masa aku dah mau pesen yang laen lagi ya? hadeeeh....bisa dimarahin mesin atm nih saya. hihiiii...

    ReplyDelete
  3. waaaah menarik mbak, aku coba ah masih ada satu bungkus lagi tepungnya nih

    ReplyDelete
  4. Waah, keren nih kremesan Mbak Diah Didi. Saya selalu gagal dengan sukses saat membuat kremesan. Hihihi...Sosis kremes ini kalau dibawa untuk bekal anak sekolah sampai siang masih kriuk gak ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maish mba..kalau di simpan di toples kremesannya malah sampai beberap hari masih kriuk...:)

      Delete
  5. lagi menunggu kiriman tepungnya mbk di, eehhh ada yg baruuu... heeee okelah buat pesenan berikutnya aja.. paling seneng klo yg praktis2 mbk... soalnya klo pagi suka ribet nyiapin sarapan..
    -aryo/yuni-

    ReplyDelete
  6. Tepung kremesnya ada label diah didi nya... kereeennn mbaakk... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pesan tepung kremesnya mba diah,sy pengen coba bikin nih

      Delete
    2. makasih mba Indah..:) Mba Layla..email aku mba..di bundadidi@gmail.com atau tinggalin no hp ntar ku sms ya..:)

      Delete
  7. Mbak Diah....harga tepung kremesnya brp per bungkus

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aku mba..di bundadidi@gmail.com atau tinggalin no hp ntar ku sms ya mba Fauziah...:)

      Delete
  8. Mbak Diah.. Berapa harga tepung keremes'y satu bungkus dan apa aja kegunan tepung keremes..?

    ReplyDelete
  9. tepungnya sudah dijual disupermarket belum yaaa ?

    ReplyDelete
  10. Mba brapa ya harga tepung2nya sms saya dong 083867643888 ada PL ga?

    ReplyDelete
  11. salam kenal mbak diah....saya ina..dah lama pengen pesan tepung nya si mbak...nrmr hp saya 082273277350...dah gak sabar nih...tq

    ReplyDelete
  12. mbak salam kenal, aku udah kirim email ya.. mau pesen tepung kremes sm tepung easy mix ;D

    ReplyDelete
  13. Mba diah lam kenal..mau donk nyoba tepung kremesx jd pnasaran
    ..biz klo buat slalu gagal..ni no hp sy 081359812859..makasi

    ReplyDelete
  14. tolong sms ke aku juga ya mbak di 085755907599..tepung kremesnya. trimss

    ReplyDelete
  15. mba diah mau pesan dong tepung kremesnya hp saya 08125515613

    ReplyDelete
  16. Mbak didi... sy tertarik dg tepung kremesnya. Brp hrg jualnya?pengiriman dr mana?

    ReplyDelete
  17. Mbak didi.....saya mau order tepung kremesnya dong....no hp saya 081393642777...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sms atau wa ke sini ya jik amau order : 089654712500

      Delete
  18. Mbk, izin save ya no hpnya kapan2 aku ikut mesan

    ReplyDelete
  19. mba diah mohon info untuk pemesanan ke sriwahyu.1610@ymail.com

    ReplyDelete
  20. Mbak mau pesan tepung lremes 081357440504

    ReplyDelete
  21. Mbak saya mau pesen ini no saya 085294846845

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel