Tuesday, April 18, 2017

Iwak Panggang Sambel Kencur


Iwak Panggang, atau Ikan asap..di Semarang melimpah ruah..hihi. Di pasar atau di tukang sayur setiap hari banyak yang jual. Paling enak sich di masak mangut...khas Pantura..dan di Semarang juga terkenal. Tapi kadang pengen coba olahan lain dari Iwak panggang ini. Iwak Panggang ada berbagai macam, yang biasa di Semarang di olah jadi menu Mangut itu Iwak Pe, atau ikan Pari panggang, atau Iwak Manyung, yang Kepalanya walau bentuknya seram juga malah menjadi salah satu daya tarik dan jadi kuliner khas Pantura. 

Bahkan di Semarang ada beberapa warung makan yang terkenal dengan olahan Kepala Iwak Manyung dan Iwak Panggang lain yang serba pedes, salah satunya Bu Fat. Enak sich..bumbunya miroso, kuahnya jadi gurih aroma khas Iwak Asap. Dulu awal pindah Semarang aku belum suka..sekarang udah suka...hahah. Mungkin karena dulu di Yogya jarang ada Ikan di asap, paling yang ada Lele Asap mbah Marto yang terkenal itu..atau Mbah Mardi..ibuku...hihi. Kalau di rumah ibuku dulu ya sering ngasapin Lele, pakai sabut kelapa, abis itu di masak Mangut juga. Tapi Mangut Yogya dan Semarang citarasanya beda.

Penasaran, cek dan klik postinganku di bawah ini aku udah pernah ulas, resep Aneka Mangut, baik versi Semarang atau Yogya :

Resep Mangut Ala Pantura ( Semarang dan sekitarnya ) 

Nah..dalam rangka memberdayakan bahan Ikan asap yang melimpah di Semarang, aku sering mencoba menjadi aneka menu lain. Salah satunya aku buat Sambel. Misal..Iwak Pe sambel Penyet, atau Iwak pe sambel kemiri. Resepnya sudah pernah juga aku posting di SINI, dan di SINI. Atau resep Iwak Panggang sambel Bawang, ada juga udah pernah aku posting di SINI. Kali ini aku buat variasi sambel baru yang memakai Iwak panggang ini yaitu Sambel Kencur, ini salah satu khas Pantura juga sich. Jadi Iwak panggangnya bisa pakai apa aja, aku pakai yang Manyung. Iwak panggangnya di rebus dulu agar lebih steril, karena kan walau udah matang tetap saja lebih mantep jika di rebus dulu atau di goreng. 

Selanjutnya tinggal di bumbuin seperti bumbu urap kelapa gitu, terus di campur sama Petai cina...dan di makan bersama Nasi putih aja udah enak banget..hihi. Jadi resep sehat ya...dan yang pasti enak. Aku suka sekali di makan bersama Nasi merah, pakai kerupuk aja udah enak. Apalagi jika di buat pedes, pakai cabai rawit yang banyak..hemm..sedep pokoknya.

Oke, aku share resepnya ya teman-teman..selamat mencoba jika suka...
Iwak Panggang Sambel Kencur

Bahan :
2 iris Iwak panggang apa saja
50 gram petai Cina
1/4 butir kelapa yang masih agak muda ya
1 sendok teh terasi, kukus
2 siung bawang putih, kukus
5 buah cabai rawit, kukus
1 cm kencur, biarkan mentah
Garam dan sedikit gula merah

Cara membuat :
rebus Iwak panggang di air mendidih, tambahkan sedikit garam agar lebih gurih
Angkat, suwir-suwir
Ulek semua bumbu, campur kelapa parut, iwak panggang suwir dan petai cina, aduk rata
Koreksi rasa hingga pas rasanya
Sajikan dengan Nasi hangat ngepul..hemmm enak...:D


3 comments :

  1. Mantaaaap nih bunda...parutan kelapanya dikukus dulu atau ngga bun?

    ReplyDelete
  2. duh ngiler.

    pengen coba bikin tapi di tempatku enggak ada kencur nih mbak Diah. ada sarankah kalau tanpa kencur harus tambah bumbu apa biar tetep manteb rasanya?

    Salam dari Kolombia

    .: efi :.

    ReplyDelete
  3. bunda, kira kira kalau di semarang berapa sih harganya per porsinya

    ReplyDelete