Wednesday, April 19, 2017

Iwak Pe Masak Kecap


Lagi suka ikan-ikanan di rumah...suami udah mblenger daging dll. Ya udah malah lebih murah dan hemat tho..hihi. Walau buat Yodha ya tetap masak yang dia suka. Pokoknya apa aja lah ya yang di suka suami dan anak..mari kita masak. Karena masih ada Iwak panggang aku masak sekalian. Kali ini yang jenis Iwak Pe ya...atau ikan Pari asap. Kalau kemaren yang aku buat Sambel Kencur itu yang jenis Iwak Manyung, jadi beda jenis ikannya. Kalau Iwak Pe atau Pari ini, lebih cantik warna ikan asapnya..lebih gelap mengkilat eksotis menggoda. Dagingnya juga lebih lembut, dan tulang-tulangnya empuk bisa di makan. paling suka  bagian yang sirip-sirip gitu jadi empuk lembut berlemak..hihi.

Iwak Pe ena di masak Mangut juga atau olahan lain, Tapi karena kemaren udah masak Mangut juga, biar nggak bosan, aku ganti menu jadi aku masak Cabe Kecap gitu biar nggak bosan. Bumbunya simple, seperti menu Oseng biasa. Tapi aku tambah Baceman Bawang dikit waktu menumis bumbu irisnya sudah hampir matang..jadi makin sedep. Jika pakai Baceman Bawang, jika bumbu lain di iris, tumis dulu bumbu iris, karena Baceman Bawang ini mengandung kemiri, jadi  mudah gosong.

Sebelum memasak Iwak Pe, jangan lupa di rebus dulu ya di air mendidih, jadi lebih steril. Tusuk bambu boleh di lepas, jika mau..kalau aku suka tak biarin aja..eksotis..dan biar nggak remuk atau cowel-cowel ketika di masak, karena potongan Iwak Pe nya kecil-kecil, tentu kurang menarik di foto jika remuk ya..hihi. Itu tusuk bambu bersih ya..dari bilah bambu bagian dalam seperti tusuk sate...di cuci bersih, lalu di rebus hingga steril...hihi. Kalau masak buat food blogger bukan hanya untuk di konsumsi langsung, tapi juga untuk konsumsi kamera...jadinya ya harap maklum aja ya..jika kadang-kadang nyleneh masaknya. 

Untuk resep ini, bisa juag pakai Iwak Panggang jenis lain ya..banyak kok jenis lainnya...selamat mencoba ya jika suka...:D

Iwak Pe Masak Kecap

Bahan :
7 potong Iwak Pe 
200 ml air
2 lembar daun dalam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh Baceman Bawang, resp silahkan lihat di SINI
1 1/2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera ya...boleh di tamabh aku kurang, kalau aku pakai Kecap lele, dikit aja udah mantep..:D )
1 sendok teh kaldu jamur / ayam
Garam secukupnya
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh  merica bubuk
3 buah Cabai Merah besar, iris serong
3 buah Cabai Hijau besar, iris serong
6 butir Bawang Merah, iris tipis
3 siung Bawang Putih, iris tipis
Boleh juga di tambah Cabai Rawit Merah jika suka pedas

Cara Mmebuat :
Cuci bersih Iwak Pe, rebus di air mendidih, yang di beri sedikit garam dan daun salam, untuk mengurangi aroma amis
Tumis bawang putih, merah dan cabai hingga harum
Masukkan Baceman Bawang, tumis hingga matang, ati2 mudah gosong ya..aduk terus
Masukkan Iwak Pe, air dan semua bumbu lain
Tutup wajan, masak hingga meresap dengan api kecil
Koreksi rasa dulu sebelum di sajikan ya
Sajikan dengan Nasi hangat..nyamm...!




No comments :

Post a Comment