Tuesday, April 25, 2017

Buras Isi Oncom


Hai..hai teman-teman..maaf absen 3 hari di dapur nich...yang punya dapur lagi jalan-jalan ke Bandung..hihi. Alhamdulillah bisa nuruti Yodha jalan-jalan ke Bandung..dia baru pertama ini. Kalau aku udah sering dulu..cuma kali ini tujuannya lebih ke wisata kota dan kulineran aja kemaren,...nggak ke obyek-obyek wisata pada umumnya. Kemaren awalnya mau ke Lembang, tapi resort-resort yang bagus seperti Sapu Lidi, Imah Seniman dll sudah full semua nggak dapat kamar, dan takut macet juga, akhirnya kita menginap di Ibis Braga aja..praktis di tengah kota bisa jalan-jalan ke sekitar kota lama di Bandung.


Jadi..kita sengaja menginap di pusat kota dan pusat kuliner di daerah Braga Bandung dan sekitarnya. Banyak oleh-oleh cerita liputan kulinernya, nanti aku upload satu persatu ya. Dan juga pasti aku kembali dengan resep-resep baru yang terinspirasi citarasa Sunda yang sudah aku coba di Bandung kemaren. Tunggu ya....:D

Banyak pengalaman kuliner seru di Bandung kemaren..dari  makan Mie Akung yang terkenal, tapi porsinya ngeri..sampai mblenger karena porsinya super duper banyak...sampai makan di warung Sunda yang fenomenal...dan harga juga fenomenal..hahah. Banyak juga kuliner di pinggir jalan Bandung ya kita coba..dan ada beberapa yang menarik hatiku untuk  mencobanya sendiri di rumah.
Salah satunya Buras ini, seperti Lontong isi Oncom, ini enak banget. kebetulan kemaren sempat keluyuran ke pasar tradisional juga cari Oncom segar khas Bandung, yang Oncomnya warna kehitaman. Kalau dulu pernah coba Oncom lain yang seperti ampas Tempe Gembus, kalau ini terbuat dari Tempe kehitaman gitu dan kelihatan biji-biji kedelainya. 

Buras ini rasanya lebih gurih dari Lontong, walau nggak pakai santan. Apalagi jika komposisi bumbunya pas, makin enak rasanya. Okeh, langsung aja ya aku share resepnya..takaran bumbu dll sesuai selera aku ya..:D 


Buras Isi Oncom

Bahan Isian :
500 gram Oncom ( hancurkan kasar )
100 ml air
2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 genggam kemangi
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kencur
10 buah cabai rawit, sesuai selera

Cara membuat :
Haluskan semua bumbu
Tumis hingga harum
Masukkan Oncom, tumis hingga matang
Masukkan kemangi, air dan bumbu lain
Aduk rata dan masak hingga air habis 
Koreksi rasa
Siap untuk isian Buras, sisanya bisa di simpan untuk isian Combro...:D
Bahan Buras :
300 gram Beras yang bagus
450 ml air atau secukupnya
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam

Cara membuat :
Masak semua bahan sambil sesekali di aduk
Masak hingga air habis ( jadi Nasi aron )
Cicipi udah gurih atau belum rasanya. Penyet-penyet Nasi pakai centong nasi agar lebih pulen
Siapkan daun pisang, beri Nasi secukupnya
Beri isian Oncom secukupnya
Bungkus seperti lontong, tapi tidak di semat lidi, sisa ujung daun di lipat ke belakang aja seperti pepes
Kukus 40 menit hingga matang
Sajikan dengan Bala-Bala
Resep Bala-Bala khas Bandung silahkan lihat di  postinganku di SINI ya.



4 comments :

  1. Tampilannya kayak arem-arem ya.. cuman isiannya aja yg beda

    ReplyDelete
  2. Mantap mbak..makanan jadul yg ngangenin...
    Thanks udh post makanan sunda..
    Haturnuhun pisan....

    ReplyDelete
  3. Mantap mbak..makanan jadul yg ngangenin...
    Thanks udh post makanan sunda..
    Haturnuhun pisan....

    ReplyDelete
  4. Emang menu favorit di pagi hari buras isi oncom. Bisa di coba nih mba resepnya akhir pekan buat bareng keluarga :)

    ReplyDelete