Thursday, April 6, 2017

Cumi Tinta lagi.....



Kemaren masak Cumi hitam lagi. Menghabiskan stok Cumi di freezer, sayang jika di goreng aja..karena Tintanya banyak..cuminya fresh waktu beli..jadi paling enak di masak pakai Tinta aja. Nah biar beda resep, kali ini aku coba versi yang bumbu iris ala Sunda. Namanya Balakutak kalau nggak salah. Semua bumbu di iris aja, dan pakai cabai Hijau.

Kalau yang sebelumnya, aku masak Cumi Hitam dengan bumbu yang di ulek dan pedas pakai cabai merah, semua enak..tapi aku suka yang di ulek..bumbu lebih kayarasa dan sedep. Kalau Yodha dan Papinya suka bumbu yang di iris ini, karena mereka suka yang ringan bumbunya. Tapi semua sich enak..hanya sesuai selera masing-masing aja ya teman-teman.

Untuk resep yang bumbu ulek juga warnanya lebih eksotis menurutku, kalau yang bumbu iris ini lebih dominan hitam pekat. Untuk resep Cumi Hitam dengan bumbu ulek, resepnya di postinganku di SINI. Selamat mencoba ya...silahkan di coba keduanya, biar tahu mana yang di suka..hihi.

Jangan lupa, jika masak Cumi Tinta, pilih Cumi yang masih fresh ya, agar tidak amis aromanya. Selain itu jika Cumi masih fresh, tintanya juga masih banyak dan tidak bocor. Oke..semoga suka ya resepnya dan jangan ragu untuk mengolah Cumi dengan Tintanya ya..ini beneran enak kok..hihi. Tintanya sebagai bumbu alami, nambah sedep kuahnya. Yodha aja suka sekarang Cumi Tinta...buat Nasi goreng juga dia suka Tinta cumi ini. Resep Nasi Goreng Cumi Hitam, sudah pernah aku posting juga resepnya di SINI ya...Happy cooking dengan Tinta Cumi..! :D
Cumi Masak Tinta Cabai Hijau

Bahan :
500 gram Cumi, bersihkan di air mengalir, potong-potong, jangan buang tintanya
5 buah cabai hijau, potong serong ( sesuai selera, karena untuk Yodha aku nggak banyak cabenya kemaren )
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
3 cm jahe, iris tipis
2 cm kunyit, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan saus tiram
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum
Masuk kunyit, jahe, dan cabai, aduk rata hingga cabai layu
Besarkan api, masukkan cumi dan semua bumbu lain, aduk rata hingga keluar air dari cuminya dan warna kuah kehitaman
Tutup panci, masak sekitar 5 menit saja hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat..Yummy..!
Tips :
Jika memasak Cumi, usahakan semua bahan sudah di siapkan terlebih dahulu di dekat wajan ya, jadi nggak pakai ada acara meninggalkan kompor untuk cari bumbu-bumbu dulu...karena memasak cumi harus cepat, jika kelamaan akan alot dan ngaret rasanya. Jadi sebelum mulai masak siapkan bahan dan bumbu secara komplet dulu, jadi langsung cemplung semua bahan dan masak cepat.

1 comment :

  1. dessy mama barraqApril 7, 2017 at 12:17 PM

    Kira2 resep cuminya mbak Di ini dimasak berapa menit dari cumi dimasukkan sampe mateng tp g alot.soalnya tiap masak slaluuuu aj g pas hiks hiks hiks.cpt2 takut blm mateng tp kelamaan jg jd alot.mksh mbak Di dah share resepnya

    ReplyDelete