Thursday, April 27, 2017

Mie Kocok Bandung


Salah satu kuliner Bandung lagi yang aku coba sendiri resepnya di rumah setelah icip-icip kuliner di Bandung, adalah Mie Kocok. Kalau habis kulineran ke sutau daerah..pasti aku akan adaptasi resepnya dan aku coba di dapur sendiri..jadi bukan karena belum bisa move on dari liburan ya..memang begitulah kerjaan aku..berkreasi dengan resep-resep baru. Jadi sebelum rasanya lupa, pasti aku segera coba...agar jika nanti ingin membuat lagi sudah tau standar rasanya bagaimana seharusnya gitu. Aku memang lebih manteb coba resep khas suatu daerah itu jika mencobanya sendiri di rumah setelah tau rasa asli di daerahnya langsung. Jadi ada bayangan, hasil akhir rasa masakannya harus seperti apa. Atau jika mencoba resep pun aku biasanya...mencoba yang otentik misal dari teman yang asli dari daerah tersebut, jadi tau betul cara dan resep menu tradisioal dari daerah tersebut.

Ah..jadi pengen ngadain Give away lagi nich untuk menu-menu khas tradisional Indonesia...apalagi sebentar lagi puasa ya teman-teman..pasti butuh variasi menu baru ya yang khas dari daerah lain. Okeh...segera aku susun ya konsepnya..hihi. Tapi mungkin via instagram aja ya lebih praktis teman-teman Give Awaynya. Karena lebih  mudah di instagram untuk mengumpulkan resep kiriman teman-teman di banding via email seperti dulu. Jadi ayuk yang belum follow aku di instagram segera ya...follow akun aku di @bunda_didi, sebentar lagi aku akan adakan give away nich selama bulan puasa. Pasti seru dech.

Oke, sekarang aku mau share resep Mie Kocok Bandung dulu ya. Mie Kocok ini unik, karena toping dan kaldunya pakai kikil. Pertama aku kira rasanya bakalan eneg dan amis, ternyata enak..seger..apalagi di makan pakai sambal dan kucuran jeruk limau, hemm..seger. Sayangnya Yodha kurang suka kikil..hihi. Jadi waktu aku masak Mie Kocok ini kemaren, dia suka kuahnya..tapi nggak mau Kikilnya. Akhirnya di makan pakai Bakso aja sama Yodha..hahah.Nanti lain kali mau coba buat Yodha pakai daging aja..hihi.

Rasa kuah dari Mie Kocok ini, rasanya mirip Soto Mie..seger dan gurih berbumbu. Untuk resepnya ada beberapa versi ya..ada yang  kuah bening seperti Bakso, ada yang bumbu komplet pakai kemiri, dll. Kali ini aku coba yang bumbu komplet dulu. Next time coba yang kuah ringan. Untuk Kikilnya aku pakai Kikil yang bagian Kaki Sapi yang biasa untuk Gulai Tunjang, itu enak Kikilnya ngga mudah lembek dan ngendal kuahnya. Jika pakai Kikil biasanya, takutnya kuahnya terlalu kental. Selain itu kuahnya juga makin gurih jika pakai Kikil yang sering di pakai untuk masak Gulai Tunjang itu.

Oke, langsung saja ya, ini dia resepnya ya :

Mie Kocok Bandung

Bahan :
500 gram Kikil sapi yang tidak mudah lembek, cuci bersih, rebus dengan 4 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, memarkan, 2 cm jahe, memarkan. Rebus dengan panci presto agar lebih cepat empuk, ukur kaldunya 1500 ml
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 butir kemiri
1 sendok teh ebi 

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan ke kaldu Kikil, ambil kikil, potong kecil-kecil masukkan kembali ke panci
Beri bumbu lain
Masak hingga bumbu meresap 
Koreksi rasa

Tata Mie rebus di mangkuk, beri kuah, Kikil, taburan bawang goreng, daun bawang dan sledri, sajikan dengan sambal rawit, jeruk limau dan kecap manis sesuai selera.



8 comments :

  1. Simpel ya mbak..apalagi dinikmati selagi panas disaat hujan:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp mba mudah bikinnya..ayuk coba 😃

      Delete
  2. hujan-hujan gini, makan mie kocok rasanya enak banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba ..panas..seger..pedes....😃😃

      Delete
  3. Mbak, tips milih kikil yang baik gimana si?, di tempat saya, susah susah gampang nemu kikil kualitas bagus, klo yang tipis, kok rasanya kayak kertas, beli yang tebel, pas dimasak, ngecembeng, kayak larut, terkadang malah ada rasa agak kecut gitu. Padahal saya sekeluarga suka oseng oseng kikil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yang segar mba..misal bagian kami yg biasa buat gulai tanjung itu enak ngga amis dan ngga berlendir 😊

      Delete
  4. Ngiler mba diah:)
    Beberapa hari ini lagi suka bikin mie nih..mungkin mau coba ini jugaaa.. :D
    salam kenal ya mba.. Aku baru kali ini berani koment setelah beberapa dekade jadi silent reader.. Hihi..
    Oya mba cobain juga dong resep2 dari Banjarmasin. *racun nih..
    Disana ada resep khas mie juga, namanya mie bancir..aku ada nulis resepnya diblog aku juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk resepnya di ikutkan GA ku mba di Ig...biar aku recook 😃😃

      Delete