Monday, April 10, 2017

Martabak Telur Puyuh


Beberapa waktu lalu, waktu kita ke Kudus, di dekat Menara Kudus ada penjual jajanan unik, namanya Martabak telur. Buka seperti Martabak yang di jual di bungkus kulit ya, tapi langsung di cetak di cetakan mirip cetekan serabi. Waktu aku amati adonannya..itu adonan encer. Tapi aku pikir itu bukan adonan Telur saja, karena setelah matang ada tekture lembut. Kalau Telur saja sudah pasti rasanya seperti Telur dadar biasa rasanya. Kalau Martabak Telur Puyuh ini rasanya lebih mirip Takoyaki, tapi lebih ringan, nggak neg bumbunya.

Cara membuatnya unik...ketika adonan di masukkan ke cetakan, di atasnya di ceplokkan satu buah Telur Puyuh yang masih mentah..kemudian, jika bagian sisi bawah sudah matang, segera di balik dan di masak hingga matang semua sisinya. Kalau di yang di pinggir jalan di sajikan dengan saus sambal yang di encerkan gitu. Rasanya enak lembut, tapi waktu aku beli di Kudus, menurutku kurang gurih rasanya...cenderung tawar.

Waktu kemaren lihat Telur Puyuh mentah waktu belanja, langsung beli dech pengen praktek bikin Martabak Telur Puyuh ini. Dan ternyata sesuai harapan, rasanya mirip sama yang aku beli di Kudus. Cuma aku nggak pakai banyak minyak, jadi aku oles saja cetakan snack maker double pannya..jadi lebih sehat ya. Aku sekarang juga pakainya minyak Kedelai, Olive oil dll yang sehat gitu dech buat masak..alhamdulillah keluhan yang dulu-dulu sering masuk angin..jadi berkurang sekarang. Kalau kurus sich belum...hahah. Lha masak terus tiap hari..walaupun cuma satu kan tetap harus icip-icip kan..:D

Okeh, langsung aja ini dia resepnya ya teman-teman..selamat mencoba...:)

Martabak Telur Puyuh

Bahan :
2 butir Telur 
150 gram Tepung Terigu
300 ml air
5 batang daun bawang iris halus
1/4 buah bawang bombay, iris halus
1/2 sendok teh kaldu ( aku pakai kaldu jamur ) dan garam secukupnya
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
Telur Puyuh secukupnya untuk toping, yang masih mentah ya

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali, aduk rata hingga adonan halus
Panaskan cetakan sncak maker double pan atau cetakan serabi atau cetakan apa saja yang bisa di pakai..hihi.
Oles sedikit minyak, tuang adonan hingga penuh, ceplokkan satu butir telur puyuh di atas adonan yang masih cair
Masak hingga bagian bawah matang, balik
Masak hingga matang 
Sajikan hangat dengan cabai rawit atau saus sambal sesuai selera 







3 comments :

  1. Mirip pancake daun bawang dari Korea itu ya, Mba Di. Yang bikin beda itu tambahan telur puyuhnya.

    Aiza

    ReplyDelete
  2. Mbak... pake kaldu jamur merk apa. Ini aq nyoba kaldu jamur...pake sak ipriiit kok udah gurih banget.malah curiga... hehee...Pdahal komposisinya tanpa msg.

    ReplyDelete
  3. mbak diah didi, kalo saosnya selain botolan apa ada resep maknyus saus pedas yg enakpenting ya? yg aman buat anak2

    ReplyDelete