Tuesday, April 4, 2017

Pisang Kriuk Praktis



Hari Minggu kemaren kita jalan ke Car Free Day di Semarang bawah pagi-pagi buat cari sarapan. Ada berbagai gerai penjual makanan yang unik-unik. Tumben pas liat gerai Pisang kriuk kok Yodha nyeletuk pengen coba. Katanya pernah lihat temannya bawa Pisang kriuk merk itu di sekolah. Mungkin dia jadi penasaran rasanya. Aku beliin aja..karena ini termasuk salah satu keajaiban buatku hahah...Yodha kok minta Pisang goreng. Karena dari dulu jika aku goreng Pisang aku tawari dia nggak pernah mau. Suruh makan Pisang yang buat buah juga jarang mau. Lha kok kemaren habis sekotak pisang goreng kriuk isi 5 biji, agak kecil-kecil sich..tapi menurutku itu udah rekor banget untuk Yodha...hahah.

Dan...di rumahpun dari kemaren ngomongin gini : "Pisang kriuk enak ya Mi..katanya...! " Boleh aku bawa buat bekal..?"..katanya. Hihi..rupanya ada yang ketagihan Pisang Kriuk. Baiklah Kak...Pisang Raja lagi lumayan murah kan sekarang, 10 ribu juga dapat udah bagus dan matang. Akhirnya tadi malem Papinya yang bertugas cari Pisang, pagi-pagi tadi aku udah goreng Pisang kriuk..hihi.

Tapi Yodha maunya yang seperti dia makan di Car Free Day, jadi Pisang kriuknya versi praktis, nggak pakai adonan pencelup seperti yang biasa aku buat. Tapi hanya di celup kocokan putih telur saja, lalu langsung di gulingkan ke tepung panir. Ternyata memang hasilnya lebih kres kriuk empuk. Yang di pakai cukup Putih telur saja, agar tidak amis rasanya. Jadi putih telurnya ini hanya sebagai perekat panirnya saja. Untuk Panir aku pakai warna orang biar lebih menarik buat anak-anak.

Setelah matang, Pisang kriuk ini di taburi Keju dan susu kental manis. Jadi makin menarik untuk anak-anak pastinya. Tadi aku bawain banyak Yodha bekalnya, biar bisa berbagi dengan teman-temannya..semoga laris manis..hihi. Aku seneng kalau Yodha udah suka ngemil Pisang seperti ini, karena Pisang kan bagus buat anak-anak. Murah meriah pula bahannya. Tapi kalau di olah menarik gini, pasti anak-anak suka.
Oke, langsung saja aku share ya resepnya teman-teman..pilih Pisang raja yang benar-benar ranum ya agar aroma dan rasanya manis legit. Selamat mencoba....
Pisang Kriuk Praktis

Bahan :
10 buah Pisang raja yang ranum dan benar-benar matang, yang udah kehitaman kulitnya tapi dalamnya masih bagus itu malah enak. Kalau belum matang nanti rasanya akan sepet jika di goreng Pisang jenis Pisang Raja seperti ini.
1 buah putih telur
100 gram Tepung panir kasar orange atau putih

Cara membuat :
Panaskan minyak goreng
Celup Pisang ke putih telur
Gulingkan ke tepung panir, sambil di tekan-tekan hingga menempel rata ke seluruh permukaan pisang
Goreng di api sedang hingga matang dan luarnya kriuk, api jangan terlalu besar agar tidak mudah gosong ya
Sajikan dengan Taburan keju parut dan susu kental manis jika suka
Yummy..mudah dan praktis kan...!

5 comments :

  1. Masya Allah..hebat deh mbk Di ide2nya,inspiring :mudah, murah,cepat saji,yumyum!
    Jazaakillah khoir.(Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
  2. Mbaa..Alhamdulillah dah bikin hasilnya legit dan crunchy..cocok bwt suguhan tamu mendadak :D.
    Tq.

    Erna J.

    ReplyDelete
  3. Mba didi aku mau order tepung panko nya 😊

    ReplyDelete