Thursday, April 13, 2017

Puding Silky Coklat


Wah..maaf ya teman-teman..kemaren absen posting...karena sibuk banget kemaren ada deadline kerjaan dengan pihak luar yang harus di selesaikan kemaren. Walau banyak materi postingan tetap saja..sampai malem kok nggak sempat posting. Plus bonus kepala kok tuing-tuing agak pusing..hihi. Ya udah..aku rangkap dua ya postingan hari ini. Untuk yang pertama, aku posting menu Puding dulu ya..lama nggak posting Puding. Aku bikin Puding jika Yodha request aja. Kebetulan kok kemaren dia minta, ya udah, tak siapin bahan-bahan, dia bikin sendiri dech. Puding adalah proses memasak yang mudah ya teman-teman..jadi tidak ada salahnya mengajari anak di dapur, dengan membuat menu yang mudah dan mereka sukai, seperti Puding ini, tentu dengan pengawasan kita ya.

Nah..kali ini Yodha lagi ingin Puding Silky yang lembut. Biasanya aku buat Puding Silky pakai Agar-Agar biasa, kali ini aku coba pakai Nutrijel..atau bubuk Jelly siap pakai merk lain. Ternyata tekturenya lebih kokoh dan kuat, walau tetap lembut. Puding silky ini lembut rasanya..jadi selain di sendokin bisa juga di sruput pakai sedotan bubble tea yang besar lubangnya itu lho teman-teman..karena di taruh di botol lucu seperti yang kita buat kemaren. Biar lucu aja pakai botol..hihi. Bisa juga kok pakai cup plastik ..tapi jangan di cetak pakai cetakan besar ya..nanti susah motongnya, karena adonan kan lembut. Jadi Puding silky ini adalah jenis Puding yang di kemas satuan aja ya.

Untuk rasa coklat, aku pakai tambahan bubuk coklat minuman Ice blended tuch lho teman-teman...jadi rasanya coklatnya terasa, tapi nggak terasa pahit atau terlalu kuat, jadi lebih di sukai anak-anak. Kebetulan kemaren mau buat Ice stik pakai bubuk minuman Ice blended itu nggak jadi, jadi di buat Puding aja. Bubuk coklat Ice blended seperti ini biasa sudah ada campuran susu dan gula, jadi rasanya soft, tapi tetap terasa coklatnya. Kalau di TBK ( toko bahan kue ) di tempatku biasa di jual kemasan 250 gram repack gitu, ada berbagai varian rasa, Cappucino, Taro, Coklat, dll..banyak merk pula, tinggal kita pilih sesuai selera...enak rasanya. Bubuk Ice blended ini biasa di pakai untuk minuman di cafe atau di gerai-gerai Ice blended gitu lho teman-teman. Jadi jika mau variasi rasa, bisa juga di ganti varian rasa lain ya teman-teman. Jika nggak ada..ya pakai yang kemasan pabrik itu kan ada ya teman-teman..ukuran kecil-kecil tapi..hihi..pakai aja sesuai selera takarannya. 

Oke, langsung saja ya aku share resepnya :

Silky Puding

Bahan :
1 bungkus Nutrijel coklat
240 ml susu kental manis ( 1 pack kemasan besar tuch lho )
50 gram Bubuk minuman Ice blended rasa coklat 
150 gram gula pasir
1700 ml air
1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur semua bahan, didihkan
Tuang di botol atau cetakan cup, dinginkan di kulkas

Tips :
Awalnya mungkin agak bergerindil ya waktu di masak, namun jika kita aduk-aduk terus, nanti akan larut juga kok serbuk minman coklatnya. Jangan lupa cicipi rasanya sebelum api di matikan, sudah pas belum manisnya ya...karena masing-masing merk serbuk minuman kan berbeda-beda kadar manis atau rasa coklatnya, jadi rasa manis boleh di sesuaikan selera masing-masing ya. Selamat mencoba..!
Belum di dinginkan di kulkas aja...udah hilang satu botol...harum coklat banget Mi..kata Yodha...hihi...


2 comments :

  1. Bunda didi, tambahin dong menu jualannya dg bubuk ice blended juga.. :)

    ReplyDelete
  2. Bunda didi, tambahin dong menu jualannya dg bubuk ice blended juga.. :)

    ReplyDelete