Monday, April 3, 2017

Nasi Goreng Hitam


Kemaren weekend aku belanja ke pasar Prembaen..biasa..survei pasar di bawah..hihi. Biar nggak bosan suasana pasar di Semarang atas terus, kadang kalau weekend kita belanja di pasar Semarang bawah seperti di pasar Gang Baru atau Prembaen. Memang suasananya beda ya jika pasar di daerah pecinan, barang-barang lebih bagus dan  berkualitas. Seperti mencari seafood segar...di sana banyak di jual. Udang yang masih segar-segar atau cumi yang masih banyak tintanya. Seneng aku kalau dapat seafood segar. 

Kemaren ke pasar Prembaen, nemu Cumi yang seger banget. Masih keras kenyal keset dan bening-bening. Tintanya belum ada satupu yang mbledos, alias pecah...jadi itu tandanya benar-benar masih fresh. Nah...cumi seperti ini, paling enak di masak dengan Tintanya. Seperti beberapa waktu lalau aku sudah posting ya teman-teman, resep cumi masak Tinta...di SINI resepnya.

Nah, kemaren, aku coba masak Nasi Goreng hitam, ya pakai Tinta Cumi ini. Karena cuminya seger, nggak amis kok teman-teman..malah semakin enak dan eksotis rasanya..hihi. Jadi cumi Tinta ini bisa sebagai bumbu alami juga lho untuk masakan. Dulu aku pertama ya agak gimana gitu waktu di belikan suami olahan cumi pakai Tinta, tapi setelah mencoba dan enak rasanya..jadi suka. Aku kenalkan ke Yodha..dia juga jadi suka...hihi. akhirnya sekarang jika dapat Cumi yang segar, selalu aku olah bersama Tintanya.

Ciri-ciri cumi yang segar seperti foto berikut ya teman-teman..masih kiclong Cuminya. Jika sudah lembek dan Tintanya pada pecah, itu biasanya kurang segar. Tapi jika di pasar biasa, kadang di jual di baksom-baskom berisi air ya..itu kadang ada satu dua yang udah epcah tintanya. Di penyet aja badan cuminya teman-teman, jika masih kenyel-kenyel keras ya ngga masalah. Cium juga aromanya. Jika tericum aroma amis, dan cumi udah lembek berarti kurang segar ya.

Jika Cumi masih segar, tintanya tidak akan mudah pecah ketika kita cuci, namun jika Cumi kurang segar, harus sedikit berhati-hati waktu mencucinya ya teman-teman...karena terpencet sedikit saja udah bakal keluar semua tintanya.  Jika cumi segar, walau di bersihkan berkali-kali di air mengalir, tintanya tetap utuh. aku masih punya stok Cuminya, lagi mikir nich mau tak masak apa lagi biar bisa masak beda lain dengan Tinta cumi ini. Kali ini aku share resep Nasi Goreng Hitam dengan memakai cumi Tinta ini ya. Rasanya enak sekali, jadi tambah gurih. Selamat mencoba ya teman-teman...enak lho...jika  belum pernah coba masak tinta cumi, cobain dech.


 Oke, langsung aja aku share ya resepnya teman-teman..selamat mencoba :)
Nasi Goreng Hitam

Bahan :
2 piring Nasi Goreng ( kira2 500 gram ), 3 hingga 4 cumi ukuran sedang dengan tintanya, potong kecil badan cuminya
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
3 butir bawang merah,  haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabai rawit, atau sesuai selera ( boleh di iris atau ulek kasar )
2 batang daun bawang, iris halus
Secukupnya bawang goreng
1 sendok makan kecap manis
1 sendok teh saus tiram
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh kaldu ayam atau kaldu jamur 
1- 2 butir telur
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum
Sisihkan bumbu di pinggir wajan
Masukkan telur, buat orak arik kasar, sisihkan di pinggr wajan
Tambahkan sedikit minyak jika minyak sudah habis, masukkan cumi 
aduk rata dengan api besar hingga berubah warna
Masukkan  Nasi putih dan semua bumbu
Aduk rata dan masak dengan api besar hingga bumbu meresap
cicipi rasanya hingga pas gurihnya sesuai selera
Terakhir, masukkan daun bawang, aduk rata
Angkat, dan sajikan segera selagi masih hangat
Yummy..!



5 comments :

  1. Bun, itu di bahan2nya gak dicantumkan cumi2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba..lupa nulis...udah ku update ya :D

      Delete
  2. Borong cumi berapa kilo mbak D.... :)

    ReplyDelete
  3. pas liat judulnya langsung tertarik untuk baca mbak,
    saya salah satu orang yang hobi banget sama nasgor tpi baru kali ini liat nasgor berwarna hitam, ternyata dari cumi toh mkasih resepnya mbak hehehe...

    ReplyDelete