Wednesday, November 16, 2016

Samgak Kimbap ( Gimbap )


Minggu kemaren dan minggu ini aku nonton dua drama Korea yang bertema kerajaan jaman dulu. Biarpun sibuk nggak mau ketinggalan Drama Korea terbaru pokoknya..jadi nontonnya sedikit demi sedikit, sambil kerja di depan komputer atau waktu packing kiriman barang..hahah. Drama yang sudah selesai aku tonton itu Love in The Moon Light, satu lagi Scarlet Heart Ryeo. Hemm..walau keduanya bertema sejarah dan kerajaan..namun aku lebih suka Love in The Moon Light..lebih ringan dan lucu ceritanya. Bercerita tentang seorang gadis yang menyamar menjadi pria untuk bertahan hidup. Secara nggak sengaja dia bertemu pangeran dari istana...waktu gadis itu menjadi penasehat kencan untuk seorang bangsawan yang naksir putri raja...yaitu Adik Pangeran tadi. Singkat cerita gadis ketemu Pangeran itu akhirnya malah tinggal di istana karena di jual untuk melunasi hutang ke seseorang, dan akhirnya malah terpilih menjadi Kasim ( pengurus raja ). Karena awal ketemu saling kurang menyenangkan..Pangeran kurang suka dan malah ngerjain Kasim cantik itu..nah dari situ cerita seru..lucu pun terjadi..karena pangeran ( atau calon raja ) ini akhirnya jadi tertarik sama Kasim yang cantik itu..hihi..dan belum tau kalau aslinya seorang wanita Walau endingnya ya tau juga..dan happy ending akhirnya cinta mereka bersatu setelah mengalami berbagai rintangan dalam hubungan  mereka :D

Nah..kalau Scarlet Heart Ryeo nich..cerita tentang banyak pangeran yang awalnya itu bersaudara rukun di waktu kecil hingga remaja..namun akhirnya berseteru dan saling bunuh ketika raja ( ayah mereka meninggal ) serta ada beberapa yang memperebutkan seorang gadis gitu...dan anehnya gadis ini dari masa kini yang jatuh ke masa jaman kerajaan ketika terjadi gerhana matahari. Terlalu berat, banyak tragedi..banyak intrik perebutan kekuasaaan...dll..jadi pusing dan ikutan capek sayah nonton ini..hahah. Tapi sampai selesai juga sich..soalnya ada teman true lovenya juga yang mengharu biru...hihi. Cuma nggak happy ending..jadi sebel..kalau Love in the moon light kan happy ending..Pangeran sama Kasim cantik itu akhirnya bersatu. Kalau yang Scarlet Heart Ryeo..endingnya bikin kecewa..terpisah kedua tokoh utamanya..banyak yang meninggal juga pangerannya..pokoknya nggak asyik buat hiburan..soalnya malah bikin sedih dan baper..hahah. Hidup udah banyak kesedihan..pengennya nonton drama itu yang happy ending..happily ever after pokoknya maunya kisah tokoh utamanya..hahah.

Setelah menonton dua Drama Korea..jadi pengen masak menu ala Korea nich, cuma ya itu..mengubek-ngubek beberapa blog milik beberapa blogger Korea....kok ya ketemu menunya itu-itu saja..hihi. Hemmm...untuk makanan..resep makanan Indonesia itu lebih banyak dan beragam ya teman-teman...buktinya aneka menu masakan dari seluruh Indonesia aja belum semuanya aku coba...hihi..dan itu masih banyak listnya. Kalau menu Korea kok kurang banyak variasinya. Tapi aku ingat..beberapa hari kemaren aku dapat kiriman oleh-oleh bu Ambar yang baru pulang dari jalan-jalan ke Korea..ada beberapa peralatan membuat Kimbab..jadi pengen coba buat dech. Aku buat yang versi Samgak Kimbap dulu dech. Kimbap segitiga isi Tuna..favorit suami. Ternyata mudah sekali cara membuatnya.

Kimbab Segitiga ini intinya cuma Nasi yang di isi tumisan Tuna. Nasinya seperti biasa, kan Korea pakai minyak wijen. Aku pakai garam aja dech...kurang suka aroma minyak wijen di Nasi soalnya. Isinya pakai Tuna kalengan aja..praktis, tapi aku tumis lagi dan sedikit aku tambahin bumbu biar makin sip
Oke..langsung aja ini dia resepnya ya teman-teman..jika suka...aku adaptasi resepnya dari beberapa blogger Korea ternama aku sesuaikan seleraku dech. Ini bisa jadi bekal praktis dan bergizi untuk anak-anak atau suami kerja...jika sibuk..makan siang ini sudah bergizi ya..hihi. Isinya bisa di ganti sesuai selera..jika kurang suka tuna. Yodha besok minta isi daging panggang...:D

Peralatan membuat Samgak Kimbap ini aku lihat juga banyak di jual kok di toko online...biasa di jual per set udah ada cetakan, laver ( seaweed lebarnya ), sama ada plastik untuk pembungkusnya. Carinya peralatan Samgak Kimbap ya..bukan Oningiri...hihi..kalau Oningiri dari Jepang..biasanya nggak di bungkus full seaweed..jadi kelebaran seaweed yang di butuhkan tentu saja berbeda..cetakannya juga beda. 

Samgak Kimbap

Bahan :
Nasi putih pulen secukupnya, campur dengan sedikit garam dan minyak wijen jika suka ( ada resep yang pakai cuka dan gula juga..aku nggak pakai..takut aneh..hihi )
Seaweed lembaran secukupnya ( aku pakai yang khusus untuk Samgak Kimbap ini  )

Bahan Isian :
1 kaleng Tuna, tiriskan
1 siung bawang putih, cincang
Wijen sangrai secukupnya
Kecap manis secukupnya
1 sendok teh saus tiram ( tambahanku sendiri )
1/2 sendok teh gula merah serut

Cara membuat Isian :
Tumis bawang putih hingga harum
Masukkan Tuna, kecap, gula, dan saus tiram
Cicipi rasanya..sampai pas sesuai selera

Penyelesaian :
Ambil cetakan Kimbab segitiga
Letakkan nasi secukupnya
Beri isian secukupnya
Tutup kembali dengan Nasi
Padatkan
Bungkus dengan rumput laut lembaran
Kemas untuk bekal atau sajikan segera




7 comments :

  1. Salah satu yg dinanti di web mbak diah didi ini selain posting resep terbaru ya review drama koreanya yg suka nyempil di sela2 postingan resepnya hihi... Apalagi kebetulan selera kita sama soal drakor. lebih suka cerita yg lucu & ringan. Btw, shopping king louis bagus juga lho mbak... :)

    ReplyDelete
  2. Gara-gara Scarlet Ryeo sad ending jadi males lanjutin dua episode terakhir nih. Hehehe.

    Mbak, aku suka beli onigiri seperti ini di mini market. Sama kan ya?

    ReplyDelete
  3. Mbaaakkk... jangan spoiler... :))

    btw, klo tuna-nya pake tuna segar, cara masaknya sama ga Mbak?
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mbak diah...
    Mba posting resep baby fish crispy doong..mksh sblmny.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Emang bener mbah, lebih enak pake cuka n gula. Cukanya bisa diganti jeruk nipis. Ntar rasa seperti nasinya sushi

    ReplyDelete
  7. Bisa juga isinya jadi tuna mayo.. biasa tuna kalengan yg dlm minyak sayur itu, pakai daging tunanya saja campur mayonaise, merica, bawang bombay cincang secukupnya..lebih praktis ga perlu dimasak lagi.

    ReplyDelete