Wednesday, November 2, 2016

Ayam Geprek Ala Yogya yang Kekinian..^^


Ayam Geprek...mungkin sudah tidak asing lagi ya teman-teman buat yang tinggal di Yogya..apalagi di daerah Bantul sana. Banyak warung ayam Geprek yang fenomenal hingga buka banyak cabang. Dan menu ini bukan hanya trend sesaat saja..nyatanya tetap di sukai banyak orang hingga kini. Buktinya..dari yang pelopor Ayam Geprek Yogya yang  awal  mula hingga yang meniru banyak sekali bermunculan dari kelas warung pinggir jalan hingga kelas restoran lho. Keren ya..suatu inovasi di bidang kuliner yang bisa jadi *trend setter..bukan hanya di Yogya, tapi menyebar juga ke kota-kota lain lho. Dan semua berlebel..Ayam Geprek Yogya...hihi..di Semarang sini banyak juga Ayam Geprek, tapi tetep pakai label Yogya.

Baiklah aku cerita sedikit ya tentang Ayam Geprek ala Yogya ini. Kalau mudik ke Yogya..pas jalan ke Bantul memang sering banget lewat Warung Ayam Geprek yang fenomenal Mbok Moro..tapi mau mampir kok wegah ( males..)..alasan pertama..karena aku pikir menu ala mahasiswa ( memang bener sich ..hihi ). Kedua..jauh-jauh mudik ke Yogya, jika mau makan Ayam, kita mesti kita pilih makan di tempat-tempat yang lebih enak dan unik, misal Ayam Goreng Mbok Cemplung..atau resto-resto sekalian. Ketiga..menunya sudah pasti pedas..Yodha dan papinya nggak suka..walau belakangan aku baru tau..kalau ada juga Ayam Geprek Lada hitam atau Bbq..di sono...hihi.

Sudah..akhirnya..menu Ayam Geprek ini..terlupakan olehku...ngga sempat mencobanya di Yogya. Sampai akhirnya beberapa waktu lalu...ada Kafe gaul ala mahasiswa di Semarang sini di dekat rumahku yang memang lingkungan mahasiswa juga, karena dekat Undip. Ada satu kafe baru yang tempatnya unik..jadi suatu ketika kita coba makan di sana..dan ternyata salah satu menu andalannya adalah Ayam Geprek ala Yogya juga..hihi. Akhirnya karena kepepet nggak ada menu lain yang di sukai, aku coba dech. Dan barulah aku tau..Ayam Geprek itu rasanya...hahah. O alah..ternyata cuma Ayam Krispi yang di geprek di atas Sambel Bawang mentah..seger...bukan Sambel Bawang ala Sambel Korek yang di kasih minyak panas jelantah lho ya..ini murni sambel cabe bawang segar bahannya mentahan semua.

Jadi rasanya ya enak juga sich..asal Ayam Krispinya enak..hihi. Sambelnya juga nendang pedes seger, asal pas takaran garamnya ya. Ya..cuma sekali itu coba Ayam Geprek..di Semarang malahan...nggak sengaja. Walau akhir-akhir ini memang sering lihat juga bertebaran Warung ayam Geprek di Semarang..kok ya nggak pengen coba lagi. Sampai terakhir..di dekat rumah..beneran dekat banget..cuma jalan kaki aja sampai..ada resto baru buka..tulisannya besar-besar..*Ayam Geprek Ngayogyakarto*...hihi. Segitu fenomenal nya ya Ayam Geprek ini...sampai di dekat rumahku di Semarang sini ada restonya juga yang menu utamanya Ayam Geprek ini.

Akhirnya rasa penasaranku akan Ayam Geprek ini berlanjut tadi..hahah. Jadinya buka-buka internet tentang Ayam Geprek ini..ya ampun..sampai ada yang sudah canggih juga..di franchise kan..dan harga franchisenya ngeri juga..dari 80.000.000  hingga 300.000.000 tadi aku lihat...wow..! Padahal ..cuma menu sederhana dan mudah lho..jadi jika mau usaha Ayam Geprek gini..nggak perlu lah bayar semahal itu teman-teman ya..hihi..sayang uangnya..mending di tabung..terus ambil dikit buat modal bikin warung ayam Geprek sendiri.

Lha..beneran..mudah banget kok..cara membuat Ayam Geprek ini..cuma Ayam Krispi biasa...( resep sudah  banyak di webku ya..Ayam Krispi ) , lalu di geprek pakai sambel bawang segar..udah..gitu aja. Aku  tadi buat dadakan aja malem..buat sendiri..karena yang doyan sambel bawang cuma aku..hihi. Buat Yodha dan papinya udah tak masakin Bestik Lidah. Untungnya bakul Tepung nich aku..jadi selalu sedia Tepung Krispi jualanku yang sering aku pakai juga sehari-hari di rumah..hihi. Jika mau bikin Ayam Krispi nggak perlu repot. Jadi..cara mudah bikin Ayam Geprek...bikin dulu ayam krispinya, pakai Tepung Krispi. Terus tinggal nyambel bawang mentah dech. Gampang banget. Kalau teman-teman mau coba, pakai resep Ayam Krispi biasa bisa kok...atau jika mau praktis..bisa pakai Ayam Krispi juga ya..seperti aku. Yang mau order juga di tunggu ya..hihi..sms aja atau wa ke 089654712500.

Cara membaut Ayam Krispinya...biasa aja ya. Ayam, misal bagian dada atas, di rendam bumbu perendam dulu seperti biasa, di lumuri tepung bumbu krispi, lalu di goreng. Udah pasti bisa kan ya teman-teman. Oke..aku share sambel bawang Gepreknya ya...yang segar tanpa minyak...biar nggak langu..celup sebentar cabenya di air panas. Air panas aja ya..bukan mendidih..misal air aqua dispenser tuch...cuma buat ngilangin langu. Lalu ambil secukupnya cabe, sesuai level pedas masing-masing ya..kalau aku takaran sambalnya begini tadi :

15 buah cabai rawit merah
1 siung bawang putih
Sejimpit garam dan seujung jari gula pasir ( dikit banget lho ya gulanya..cuma buat pengganti penyedap, karena kalau di warung-warung gitu katanya pakai penyedap )

Cara Membuat :
Celup sebentar cabe rawit di air panas, segera tiriskan ( air dispenser yang hot tuch nggak apa-apa )
Ulek kasar cabai, bawang dan garam..serta gula
Cicipi rasanya udah pas belum
Siapkan Ayam Krispi, geprek di atas sambel bawangnya
Siap di sajikan dech..mudah kan

Noted :
Jika mau inovasi..Ayam Geprek ini juga bisa di sajikan dengan saus Bbg atau Saus Lada Hitam
Cabai di celup air panas tuch inovasi aku aja ya..hihi..biar nggak langu rasa sambelnya..tapi jika suka fresh aroma cabe agak langu gitu ya nggak apa-apa langsung si ulek. Kalau sambal Korek kan di siram  minyak panas biar nggaak langu cabenya..nah..kalau sambel Ayam geprek ini nggak pakai siraman minyak panas ya, maka aku akalin dengan cara di celup air panas sebentar saja cabenya ( tapi tidak sampai layu matang ya..cukup di celup aja..)..jadi tetepa fresh segar nendang rasa pedas cabenya

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..siapa tahu mau ikutan usaha Ayam Geprek juga..sipp dech...!

7 comments :

  1. Baca postingan mbak jadi teringat dlu waktu di tempat kakak di jogja suka banget makan ayam grepek, nikmat banget rasanya mbak,
    Mungkin boleh dicoba sediri nih resepnya mbak, mksh bnyak mbak resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..selamat mencoba ya..mudah kok :D

      Delete
  2. Baru denger ayam geprek...biasanya kalo bikin ayam krispi cuma pake cocolan saos ajaa...nanti tak coba bikin ahhh gampang banget aplg cara bikin sambelnya....makasih mbak diah udah kasi tips2 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..sama2..ayuk coba....gampang banget :D

      Delete
  3. Bangga banget aku mb dyy jadi orang Ngayogyakarto..hehe..khususnya warga Mbantul.Btw mb dyy cantik banget pake baju ijo gitu..segerr...kliatan makin muda..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dl sesama orang bantul ya mba...:D..maksih mba...:D

      Delete
  4. Pas kmrin kuliah di undip bbrp kali mkan dstu mbak pdhl rasanya biasa aja dan mdh dbuat. Tp kok tiap kstu rame trus, bahkan sampai antri. Heran..wkwk

    ReplyDelete