Thursday, November 17, 2016

Tips Membuat Keripik Paru


Keripik paru...siapa yang tak suka hayo ?..Pasti lebih banyak yang suka di banding yang nggak ya. Yupp..karena jenis keripik satu ini termasuk Keripik mewah yang enak dan gurih sekali. Mewah..karena harganya mahal..jika sudah jadi keripik..hihi. Apalagi beli di toko oleh-oleh..wah..bisa menguras kantong dech kalau beli Keripik Paru ini. Harganya mahal...sekantong plastik gitu bisa puluhan ribu harganya ya teman-teman. Tapi memang enak dan khas Keripik paru ini, makanya..walau mahal..tetep banyak yang suka ya.

Aku suka banget Keripik Paru. Jika masih berupa Paru dan di masak..aku nggak doyan padahal..tapi kalau di buat Keripik ini kok suka banget. Cemal cemil tidak berhenti pokoknya sebelum habis nggak berhenti makan jika beli Keripik Paru ini. Untungnya nggak sering beli sich..hihi..karena ya memang mahal harganya. Yodha setelah mencoba Keripik Paru di salah satu warung soto langganan kami, kok jadi suka juga dia. Akhirnya aku sering buatin sendiri aja dech biar lebih hemat.

Ternyata Yodha lebih suka Keripik Paru buatanku di banding beli. Tadi aku buat 500 gram Keripik Paru..di habisin berdua sama Papinya. Cuma buat di cemil lho..bukan buat lauk...hihi, karena memang enak jika buat sendiri dan memakai Paru fresh dan baru. Nggak apa-apa ya..cemilan yang bergizi kan jika buat anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kalau buat kita yang udah tua ( sayah maksudnya )..secukupnya aja makan Paru. Pokoknya jangan terlalu kejam juga pada diri sendiri..daripada di tahan..beneran pengen makan..kalau aku..biarin aja..lidah mencecap rasa enak suatu  makanan..sedikit saja..hihi.

Membuat Keripik paru nich gampang kok. Pasti mikirnya susah ya teman-teman. Nggak kok sebenernya..sangat mudah..cuma butuh telaten aja waktu menggorengnya hingga kering..butuh waktu. Tips membuat Keripik Paru yang enak..itu pertama..pilih paru yang masih segar ya teman-teman. cium aromanya..jika masih aroma fresh normal aja bau Paru..itu tandanya masih segar. Jika udah amis dan kemerahan warna parunya..itu kurang segar. Kalau aku selalu pesan Paru atau Jerohan ke tukang daging langganan yang terpercaya dan selalu baru  jualannya setiap hari..jadi nggak khawatir di bohongi dagangan sisa kemaren. 

Untuk tehnik, ada berbagai macam tehnik menggoreng keripik paru. Ada yang di jemur dulu, ada yang di oven dulu hingga setengah kering. Kalau aku kok malas ya..lama gitu prosesnya kalau pakai di jemur-jemur atau di oven. Kalau aku pakai cara mudah saja. Paru fresh di rebus dengan garam dan rempah...agar tidak amis, kemudian dinginkan dan bekukan sampai kaku di freezer agar lebih mudah di potong tipis-tipis. Selanjutnya tinggal di celup ke adonan tepung pencelup, lalu di goreng hingga kering. Ciri khas Paru jika sudah kering dan kemripik itu warnanya berubah menjadi kehitaman..itu tandanya sudah kering, namun adonan tepung pencelupnya nggak ikut hitam ya..hihi..kecokalatan saja. Kalau adonan pencelupnya ikut hitam..berarti gosong dong Keripiknya..Lol..!

Adonan pencelup juga banyak variasi, ada yang di celup, di balurkan atau malah tanpa tepung..dll. Kalau aku lebih suka di celup ke adonan encer seperti rempeyek..lebih gurih menurutku dan bisa melapisi parunya agar tampilannya lebih cantik keripiknya. Adonan tepung juga banyak maacam sesuai selera. Dulu aku pernah share resep Keripik paru yang pakai tepung terigu adonan pencelupnya. Sekarang aku coba pakai tepung beras, lebih kriuk hasilnya. Sebelum di goreng, agar lebih empuk dan tidak alot..ada tehniknya juga. Sebelum di celup ke adonan tepung, pukul-pukul atau memarkan terlebih dahulu irisan parunya memakai pemukul daging hingga agak pipih, makan ketika di goreng akan renyah dan empuk Parunya.

Keripik Paru yang di goreng dengan benar hingga renyah, akan bertahan lebih lama..tapi karena enak ya..aku jamin nggak bakalan tersisa lama-lama dech di meja makan..hihi. Jadi jika mau repot sedikit, sekalian bikin aja  banyak..bisa buat persediaan lauk kering. Oh ya..biar matang merata dan renyah kering Keripik Parunya, minyak harus agak banyak ya teman-teman...terus waktu  menggorengnya ketika sudah setengah matang, kecilkan api...lalu goreng hingga kering merata Keripiknya.
Resep Keripik Paru Renyah

Bahan :
500 gram paru
175 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka / sagu
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya, 1/4 sendok teh gula  pasir
200 ml air ( secukupnya )

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar, 1 cm kunyit bakar
Cara membuat :
Rebus paru dengan sedikit garam dan daun salam sampai empuk
Simpan di freezer selama 1 jam, potong-potong tipis, memarkan dengan pemukul daging
Aduk rata semua bahan tepung pencelup dan bumbu halus, serta bumbu-bumbu lain.Koreksi rasa hingga pas gurihnya adonan pencelupnya
Celupkan potongan paru ke adonan pencelup, lalu goreng di minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering. Simpan di toples jika sudah dingin.


2 comments :