Monday, November 21, 2016

Awug Sagu Mutiara Panjang & Pisang


Di rumah lagi banyak stok pisang...sampai mblenger nich nggak habis-habis. Lha masak Ibu mertua ku ngirim 1 tundun..hihi. Pisangnya baru metik matang pohon, jadi matangnya nggak barengan..sebagian matang..sebagian belum. Jadi nggak habis-habis..hihi. Udah aku bagi-bagi yang matang..masih banyak. Ya udah akhirnya sering aku rebus aja..jadi cemilan sehat. Tapi lama-lama bosan juga. Kemaren iseng aku campur waktu buat awug-awug sagu  mutiara panjang..hemm..enak juga jadinya. Ada khas aroma dan rasa pisang bercampur sagu...klop juga.

Sagu mutiara panjang, nama lainnya Pacar Cina kali ya..pokoknya yang bentuknya batangan kecil-kecil..biasa buat campuran kue hungkwe juga itu lho teman-teman. Rasanya kenyil-kenyil lembut. Jika di buat awug-awug enak sekali..pas berpadu dengan gurih kelapa yang agak muda. Cemilan sehat dan enak.

Awug-awug ini bisa di bungkus daun atau plastik juga bisa. Tapi aku lebih suka aroma daun. Bentuk nya bisa di bungkus segitiga, khas awug-awug...atau m,au di cetak lain sesuai selera bisa. Jadi nggak cuma tepung ketan yang bisa di buat awug-awug teman-teman..Pacar Cina ini juga bisa lho..dan rasanya enak sekali.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman jika suka...:)
Awug-Awug pacar Cina dan Pisang

Bahan :
100 gram sagu panjang ( pacara Cina ), rebus hingga mekar
2 buah pisang raja atau kepok, potong kecil-kecil
75 - 100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
150 gram kelapa parut yang agak muda

Cara Membuat :
Campur semua bahan
Aduk rata
Cicipi hingga pas manis gurihnya sesuai selera, jika kurang manis tinggal tambah aja gula ya
Bungkus adonan bentuk sesuai selera
Kukus 30 menit

4 comments :