Sunday, November 6, 2016

Kerang Hijau Lada Hitam


Menu Favorit Yodha nich teman-teman..Kerang. Pokoknya segala jenis kerang suka dia. Cuma kalau mau cari Kerang yang segar memang musti ke pasar Gang Baru sana..selalu ada Kerang yang masih hidup. Kalau di pasar-pasar biasa, kadang takut udah lama matinya..jadi amis. Ciri kerang hijau jika udah lama matinya..dagingnya jadi pucat putih. Nah..kalau masih segar, cirinya seperti di foto ini ya teman-teman..warnanya orang segar ya daging kerangnya.

Kalau aku sendiri..nggak tau ya..dari dulu kala kurang suka kerang. Mungkin kebiasaan dari kecil ya..jarang makan kerang. Lha di Yogya..mana ada kerang ya..hihi. Ada juga jarang-jarang dech yang beneran fresh..kecuali di warung-warung tenda seafood atau di restoran...hihi. Sampai kalau makan di luar..pada makan kerang..dan ngga ada menu lain..aku mending liatin Yodha dan Papinya makan aja..atau cari cemilan lain..hahah. kayak pas ke Semawis pada asyik makan kerang..ah aku mending makan es puter  di sampingnya..Lol..!

Sering di godain Yodha..ayuk Mi..coba kerang...aku selalu bilang...emoh..alias ngga mau..amis menurutku rasanya..hihi. Padahal kalau masak ya sering dan sering nyicipi kuahnya aja untuk ngecek bumbunya pas atau belum, ya kadang merasa kuahnya itu sedep enak sepertinya. Tapi untuk mengigit daging kerangnya..nggak mau..hihi. Pokoknya..Kerang..Keong, dll..aku belum bisa suka. Aku pilih ikan asin aja di banding kerang..hihi. Tapi anehnya..kalau makan Soto di mas Boed Semarang itu ada aroma kerang gitu kuahnya..aku masih doyan dan suka..kuahnya aja soalnya.

Kalau Yodha ahamdulillah suka sama Kerang apa aja..ya bagus juga soalnya buat anak-anak ya..asal kerangnya bener-bener segar. Oke dech..langsung aja ini dia resep Kerang lada hitam praktis yang aku buat untuk Yodha dan papinya tadi ya teman-teman. Selamat mencoba jika suka, ini versi praktis aja ya..pakai saus lada hitam siap pakai, tapi aku tambahin bumbu-bumbu lain biar makin sippp...:)
Kerang Hijau Lada Hitam

Bahan :
1/2 kg Kerang Hijau
1 sachet saus Lada Hitam
1/2 butir bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, geprek saja
2 batang daun bawang, iris serong
1/2 sendok makan saus tiram
1/4 sendok teh gula pasir 

Cara Membuat :
Didihkan air bersama sedikit garam dan jahe
Masukkan kerang, rebus hingga kerang terbuka cangkangnya, tiriskan
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang dan harum
Masukkan 150 ml air , dan semua saus dan bumbu lain
Masukkan kerang
Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap, kuah jangan sampai habis ya
Koreksi rasa, sajikan segera

1 comment :

  1. Pengen coba2 masak kerang ahhh....pengen masak tp blom tau bumbunya pake apaa ajaa.....makasih yaa mbaa udah kasi tau resepnya........

    ReplyDelete