Tuesday, November 15, 2016

Buntut Goreng Penyet



Kemaren aku masak Sop Buntut untuk Yodha. Karena dia lagi suka daging-daging..aku coba buatin Sop Buntut. Ternyata Yodha kurang suka buntut..hihi. Karena pas lihat beli itu bentuknya aneh katanya..hahah. Tapi tetep bagian dagingnya mau juga dia..tapi tidak seseneng jika di masakin daging dan bagian lain. Yach..namanya juga usaha..mencari masakan apa yang Yodha suka biar ngga bosan menu-menu favoritnya aku masakin terus.

Akhirnya kemaren masak Buntut 1/2 kg masih sisa. Aku simpan aja di kulkas bersama kuahnya. Sore aku goreng aja. Ternyata enak..bumbunya malah semakin meresap dan gurih. Langsung dech aku buat Buntut Goreng Penyet aja..hihi. Enak..Buntut Goreng yang gurih berpadu sambel Penyetan andalanku yang sambalnya Semi Mentah. Cabenya mentah, tapi bawang dan tomat serta terasi matang. Rasanya seger banget dan nendang pedesnya, karena cabainya mentah.

Kunci untuk membuat Sambel Penyetan ala warung penyet Kakilima seperti ini adalah Terasinya harus Terasi enak dan berkualitas. Aku setia pakai Terasi  Juwana pastinya..ngga mau pindah ke lain hati,..eh lain Terasi..hihi. Terasi ini juga salah satu jualan best seller ku..dan alhamdulillah yang beli kok belum ada yang bilang tidak enak. Jadi Terasi ini fresh ya di buat baru terus..stok juga nggak seperti pabrik yang selalu banyak buatnya..jadi di buat jika ada pesanan.  Misal sudah habis stokku, baru aku order lagi. Terasinya empuk..nggak keras seperti Terasi lain..karena terbuat bahan baku Rebon segar tambak yang seger, nggak banyak campuran. Seperti ini nich penampakan Terasi Juwana yang aku jual..Coklat kehitaman alami..seperti Brownies ya..hihi. Kalau udah pakai Terasi yang enak begini..di jamin sambel sedep tanpa penyedap...hihi. Yang mau order sms aja atau wa ya ke 089654712500.


Oke dech..sambel Penyetnya aja yang aku share lagi ya..kalau resep Sop Buntut udah ada di webku ini ya teman-teman.
Sambel Penyetan Dadak

Bahan :
8 buah cabai rawit atau sesuai selera pedasnya
2 siung bawang putih, goreng
1 buah tomat ukuran sedang, goreng
1 sendok teh terasi, goreng
1/4 sendok teh
1/4 sendok teh gula merah
Jeruk limau ( jeruk sambal secukupnya )
Cara membuat :
Ulek semua bahan
Koreksi rasa, sudah pas belum rasanya
Tuangi minyak yang benar-benar  panas sisa menggoreng Terasi, agar sambal tidak langu
Kucuri jeruk sambal
Sajikan segera..dengan tempe goreng aja udah enak..apalagi buntut goreng ya..hihi





2 comments :

  1. wahhh visualisasinya bener2 bikin ngiler euy..

    ReplyDelete
  2. Bikin ngiler... Gak peduli sama resepnya, yang penting makannya... (Tapi siapa yg mau masak ya...?)

    ReplyDelete