Monday, November 7, 2016

Carabikang Jadul


Kemaren beli jajan pasar di pasar kok gemes...nggak ada yang sejadul dulu..hihi. Entahlah..sekarang kok pada jual jajan pasar itu banyak yang asal jadi..jadi kurang kukonoan rasanya...hihi..malah kekinian. Jadinya aku kurang suka. Misal Carbikang...kalau jaman dulu itu kan enak ada sedikit alot-alot liatnya...jadi malah teras jadul rasanya. Kalau Carabikang versi sekarang nich terlalu empuk..banyak terigunya.

Jadi pengen buat Carabikang sendiri...aku tanya ke ibuku yang dari jaman kecil kalau ada hajatan bikin kue ini..walah..ibuku cuma kasih tip-tip aja..karena jaman dulu kalau buat itu ya tanpa takaran..main kira-kira..hihi. Dulu aku mah sukanya bantu cungkil adonan aja jika udah hampir matang dan mekrok gitu seneng banget rasanya.

Jadi..kata ibuku itu kuncinya adalah..pakai santan yang kental..terus jika mau lebih lemes itu pakai campuran sedikit tepung tapioka. Bukan tepung terigu ya. Aku pernah coba pakai campuran tepung terigu..malah terlalu empuk menurutku carabikangnya. Kalau pakai campuran sedikit tapioka..itu enak..bisa lemes dan ada sedikit sensasi alot yang aku cari.

Nah yang paling harus di perhatikan itu waktu buat adonan,, musti di keplok-keplok agar udara masuk ke adonan, jadi bisa berserat nanti ketika matang. Waktu manggang juga harus di perhatikan agar cetakan benar-benar panas..sampai agak sedikit berapa..hihi. Tapi bukan kebakaran lho ya loyangnya..pokoke..seluruh bagian loyang itu benar-benar panas. Aku pernah mencoba..aku panaskan hingga panas dasarnya aja..beneran ..nggak mau mengembang alias bantat..hihi.

Oke...ini resep masih kira-kira takaran airnya..tapi kata Ibuku udah bener, pokoknya adonan itu agak encer seperti adonan peyek gitu...hihi. Oke dech..langsung aja ini dia resepnya ya..
Carabikang

Bahan :
175 gram Tepung Beras
2 sendok makan tapioka
75 gram gula pasir
500 m santan kental 
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
Pewarna hijau dan merah sedikit

Cara Membuat :
Kita buat biang dulu, masak 125 ml santan dengan 2 sendok tepung beras, aduk hingga kental seperti bubur sumsum itu ya, angkat..sisihkan
Campur sisa tepung beras, tepung tapioka, garam, vanili
Tambahkan adonan biang, dan sisa santan
Asuk rata hingga licin, sambil di keplok-keplok pakai tangan
Diamkan adonan selama 1 jam
Panaskan cetakan Carabikang hingga benar-benar panas, ambil sedikit adonan , beri warna merah dan hijau
Masukkan adonan secukupnya, perciki atasnya dengan adonan merah dan hijau secukupnya
Panggang hingga matang dan bagian atas berlubang-lubang dan kesat ( ngga cair lagi )
Congkel adonan agar cara bikang merekah
Sajikan

4 comments :

  1. Carabikangnya mantap mb,sy kl bikin tak campur terigu pantesan kl dingin jd krg enak

    ReplyDelete
  2. sy suka makan carabikang tp blm pernah buat, mf mb mau tanya adonan memang gak dikasih obat pengembang apapun ya? bagus banget bisa berlubang dan mekar. dari niken samarinda

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat jaman kecil dulu suka dibelikan carabikang sama mbah putri saya😊

    ReplyDelete
  4. Mbak. Klau pke sntan instan ukrn brp mbak?

    ReplyDelete