Thursday, November 3, 2016

Risol Isi Tumisan Udang & Jamur


Kemaren di pasar  lihat Jamur Kuping seger, kok ya main beli aja. Padahal belum ada niat mau di masak apa. Karena..kalau jamur Kuping gini Yodha kurang suka. Dia lebih suka jamur Kancing...jika di masak. Akhirnya aku coba buat isian risoles aja...di tumis aja campur bahan lain. Jadinya enak..dan Yodha doyan.

Jamur Kuping, jika masih segar, ternyata enak sekali rasanya. Selama ini seringnya beli dalam kondisi kering aja. Tapi jika tidak ada jamur Kuping segar, bisa di pakai Jamur kering kok teman-teman..tapi di rebus dulu ya hingga mekar. Untuk proteinnya aku pakai Udang, biasanya sich ayam..tapi lagi pengen yang beda aja. Jika mau di ganti ayam..boleh juga sich.

Jadi Risoles kali ini bukan isi ragout atau mayo..tapi isinya tumisan campur-campur. Kalau di Bakery dekat rumah..risol seperti ini tanpa Panir, dan katanya namanya Mada. Nggak tau kok namanya begitu. Tapi yang jelas enak..dan gurih. Jadi jika ada teman-teman yang kurang suka isian ragout, coba ganti isian tumisan seperti ini untuk risol, enak juga  lho teman-teman.

Kunci agar Risol isi tumisan seperti ini rasanya enak, kita harus berani bumbu ya teman-teman. Rasa tumisannya harus ada rasa sedikit manisnya, selain rasa gurih..jadi rasanya akan enak sekali. Tapi musti seimbang ya manis dama gurihnya. Tadi aku buat dua versi, ada yang tanpa panir, ada yang pakai panir..semua enak kok..jadi suka-suka aja silahkan di pilih ya. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka ya.
Risol Isi Tumisan Udang & Jamur

Bahan kulit :
140 gram tepung terigu protein rendah 
1 sendok makan maizena
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan Isi :
1 bungkus Soun RRT ukuran kecil, seduh air mendidih, potong-potong
50 gram jamur kuping, rebus sebentar, iris halus
50 gram udang kupas segar, cincang kasar
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, iris halus
1/4 buah bawang bombay, iris halus
1 sendok makan gula pasir ( sesuai selera  )
1/2 sendok makan saus tiram
Garam secukupnya
50 ml air

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat isian :
Tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga matang dan harum
Masukkan udang, aduk hingga berubah warna
Masukkan jamur dan wortel, aduk rata 
Masukkan air dan semua bahan serta bumbu, kecuali sledri
Masak hingga meresap dan agak kering
Koreksi rasa, jika sudah pas rasanya, masukkan sledri
Aduk rata
Dinginkan

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit risoles, beri isi secukupnya
Bentuk segitiga ( Cara melipat kulit risol bentuk segitiga, silahkan lihat di video di You tube aku  ya di SINI
Risol bisa langsung di goreng tanpa panir, atau di lapisi panir, seperti biasa


3 comments :

  1. Enak tuh kayaknya kak, bisa di coba di rumah tuh buat menu tambahan gorengan.

    ReplyDelete
  2. wah buat jualan kayaknya bakal laku tuh, resol rasa baru :D ... karena biasanya isinya hnya sayuran doang. hehe

    ReplyDelete
  3. yey tambahan menu dirumah nih .
    biar gk jajan di luar mulu




    ---
    Supplier Tas Batam

    ReplyDelete