Thursday, November 24, 2016

Nasi Gurih Ubi Ungu


Masih suka sama yang Ungu-Ungu..hihi. Dalam rangka menghabiskan sisa dua buah Ubi Ungu di dapur juga sich. Aku buat Nasi Ubi Ungu ini. Sayang karena aku dapat Ubi Ungu bagus..tua banget..warnanya Ungu tua waktu mentah..jadi cantik sekali jika di gunakan sebagai pewarna makanan.

Berbagai kue dengan Ubi Ungu sudah aku coba, makanya..kali ini aku ingin membuat sesuatu yang beda. Aku pakai Ubi Ungunya untuk masak nasi. Ternyata rasanya enak..nggak ada aroma berlebih dari ubi lho...bahkan seperti Nasi gurih biasa rasanya, tapi lebih empuk dan  pulen..karena ubinya terserap ke dalam Nasinya.

Tadi aku mau buat di rice cooker, tapi kok aku pikir lebih mantep jika di kukus. Akhirnya aku pakai tehnik tradisional saja, seperti biasa membuat Nasi Gurih. Beras di aron ( di masak dulu ), baru di kukus. Dan..hasilnya..luar  biasa cantik. Suka dech aku lihatnya. Lihat tuch di foto..cantik dan kelihatan pulen banget ya nasinya teman-teman. Ya memang empuk dan pulen, karena Ubi Ungunya terserap ke dalam Nasi.

Oke dech langsung saja ini dia resepnya..Nasi Uduk atau lebih tepat Nasi Gurih ya..karena aku tidak babnyak pakai rempahnya. Rasanya enak sekali. Oke dech...aku langsung share aja ya..dari tadi udah banyak yang tunggu resepnya..besok aku tambahkan tips-tips lain...Yodha udah ngantuk nich..mau nemanin dia dulu ya teman-teman. Tips memilih dan mengolah ubi ungu besok dech aku tulis di instagram ya..jika aku punya stok lagi.

Nasi Gurih / Uduk Ubi Ungu 

Bahan :
Dua buah Ubi Ungu ukuran kecil ( sekitar 150 gram ), kupas dan kukus hingga matang dan empuk, haluskan atau  blender dengan sedikit air
150 gram beras
350 ml santan
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera gurihnya )
2 lembar daun salam
1 lembar pandan

Cara Membuat :
Masak santan, beras, ubi ungu dan garam..serta daun salam, sambil sesekali di aduk agar tidak mengerak bagian bawahnya serta rata ubi ungunya terserap ke dalam beras
Masak hingga cairan terserap habis ke dalam beras
Kukus 30 menit / hingga matang dengan di beri daun pandan di atasnya
Sajikan dengan lauk seperti biasa sesuai selera


14 comments :

  1. Warna nya lucu, bikin pengen makan nasi terus nih,
    porsinya kurang banyak mbak kalo segitu mah :D

    ReplyDelete
  2. Cantik mb warnanya..kpn2 mau coba

    ReplyDelete
  3. Cantiiiik.... gemes ngliatnya, kapan2 mau tak coba. Matur suwun resepnya nggih mba Di... ^_^

    ReplyDelete
  4. Mbak Didi, nasi ubi ungunya cantik sekali. Aku ingin bikin di rumah, tapi aku nggak punya kukusan.
    Gimana ya caranya masak nasi ubi ungu pakai rice cooker? Thank you ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai rice cooker biasa mba..setelah di blender masuk bersama beras dan air secukupnya ya :)

      Delete
  5. Mb sy kmrn coba bikin sesuai resepnya tp hasile spt kelemesen. Mb perbandingan antara beras dg ubi 1:1,apa ga kebanyakan ubinya? Mohon petunjuk..trims

    ReplyDelete
  6. Jml airnya jg sdh sesuai resep. Hasilnya kok ga bs mulus spt bikinan mb diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua buah ubi kecil aja mba..di haluskan pakai food processor air jangan banyak2...ya :) Jika ubinya lebih sedikit warnannya kurang cantik.
      DD

      Delete
  7. great idea and lovely color my dear, thumb up :)

    ReplyDelete
  8. Haduuuhh mbaa ... malah gak tega mau makannya ini, terlalu imuut .. hihihihi

    ReplyDelete