Saturday, November 19, 2016

Mendut Ubi Ungu


Mendut ..aslinya terbuat dari Tepung Ketan saja. Kalau di Yogya jajanan ini biasa buat suguhan hajatan. Bisa warna putih atau di beri warna hijau. Isinya enten Kelapa atau Unti Kelapa. Biasa di bungkus daun pisang bentuknya seperti Nagasari tapi lebih lancip bungkusannya. Di banding Nagasari, dulu kalau dapat Nasi kenduri dan ada snacknya Mendut ini selalu jadi rebutan..hihi.


Aku suka banget kue ini. Dulu malah suka jika udah esok harinya..agak-agak keras liat tapi enak..hahah. Tapi sekarang justru mendut itu empuk-empuk sedikit liat semua. Mendut modern...hihi. Ada yangd i bungkus plastik satuan, ada yang di bentuk kecil-kecil,dll. Kali ini aku buat Mendut modern, karena adonan aku tambahin Ubi Ungu...jadinya tambah empuk lah. Tapi yang jelas warnannya jadi cantik sekali. Ungu alami..tanpa pewarna buatan.

Aslinya aku buat di bungkus daun juga..cuma kalau di foto jadi kurang cantik, karena udah penyok-penyok bentuknya kan ketika di kukus..hahah. Makanya aku sengaja buat dua biji yang aku bulat-bulat aja..aku taruh di daun..biar cantik...terus aku siram saus santan gurih. Jadilah Mendut modern..hihi.Yang bungkus daun ada di keranjang belakang tuch..sayange nggak keliatan...hihi. Wis yang penting suka-suka aja..mau di bungkus daun boleh..atau jika mau di tunjukkan warna cantiknya..bisa di bentuk bulat-bulat

Tips agar Mendut Ubi Ungu ini cantik, pilih ubi ungu yang bagus dan tua, jadi warnanya itu Ungu gelap....ketika di  kukus, semakin cantik warna Ungunya. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..ini dia resepnya..

Bahan Kulit:
50 - 75 gram ubi ungu kukus, dihaluskan ( semakin banyak ubi semakin empuk Mendutnya, jika suka tekture liat Mendut, ubi sedikit saja )
150 gram tepung ketan putih
1/4 sendok teh garam , 1/8 sendok teh vanili
1 sendok makan gula halus
1 sendok makan minyak goreng
150 ml santan hangat ( secukupnya )

Bahan Isi :
300 gram kelapa parut kasar
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
125 gram gula merah sisir
100 ml air

Cara Membuat :
Masak semua bahan isi, hingga keset dan kering, dinginkan
Aduk rata semua bahan kulit hingga jadi adonan yang kalis, tapi masih lemes dan mudah di bentuk
Ambil sedikit adonan, beri isi secukupnya
Bentuk bulat , bungkus dengan daun ( versi dulu ) atau bentuk bulat, letakkan di daun, kukus dan jika sudah matang di bungkus plastik dan di beri saus santan gurih ( versi modern )


4 comments :

  1. Resep nasi kendurinya dong bu hehe

    ReplyDelete
  2. ini makanan paporit saya di kampung.. namanya sama mendut, cuma karena sunda jadi huruf d hilang ucapinnya "menut".
    ini kreasi yang berbeda ya, kelihatannya lebih enak mba.

    ReplyDelete
  3. Itu santannya memang harus hangat ya mba...

    ReplyDelete
  4. Sukaaaa mendut.. besok kpasar beli ubi ungu dulu.. ^_^

    ReplyDelete