Friday, November 4, 2016

Bakpao Isi Kumbu Kacang Hijau Pandan


Lama juga nggak bikin Bakpao...roti, dll. Bukan apa-apa sich...aku suka-suka aja buatnya, tapi kadang yang menghabiskan yang nggak ada. Maklum di rumah cuma bertiga, dan semua lebih suka yang gurih-gurih. Tapi kadang-kadang kangen juga..olah raga tangan..alias nguleni adonan..hihi. Menguleni adonan itu suatu tantangan...walau kelihatannya rumit, namun jika kiat sudah terbiasa, bukan hal yang susah kok teman-teman.

Tadi pagi aku buat Bakpao aja yang mudah dan cepat membuatnya. Nggak perlu di oven dan yang pasti juga selain  bisa buat cemilan..bisa buat ganjal perut di kala lapar dan nggak sempat makan..hihi. Beneran, kadang..kalau lagi sibuk..mau makan aja kok males beranjak dari depan komputer ini. Beneran lagi banyak deadline kerjaan...akhirnya suka asal nyemil aja apa yang ada.

Nah..kalau nyemil Bakpao kan sama aja karbohidrat tuch...jadi tetap berasa kenyang. Seperti tadi siang, aku nggak makan siang..sambil kerja cemal-cemil bakpao aja..hihi. Aku suka bakpao yang isi Kacang Hijau. Kalau Yodha suka isi coklat. Kalau suamiku suka yang isi ayam jamur. Tapi kali ini aku buat isi Kumbu Kacang Hijau aja..sama beberapa biji aku isi coklat buat Yodha. Kalau isian coklat  kan mudah ya..tinggal di isi Nutella, dll selai coklat siap pakai.

Sedang yang isi kumbu kacang hijau, di buat dulu kumbunya. Biar Beda, aku buat Kumbu Kacang Hijaunya rasa pandan..pakai pasta pandan..jadi lebih harum dan cantik warnanya. Tapi..jika memakai pasta pandan itu sedikit saja ya teman-teman..jika kebanyakan..suka over wanginya. Atau jika tidak suka pasta pandan, mungkin bisa di ganti green tea...atau di beri pewarna hijau saja sedikit juga tidak masalah.

Membuat Bakpao itu mudah, kuncinya adonan harus di uleni hingga kalis dan elastis. Lebih mudah kok dari menguleni adonan  roti atau donat. Kedua..masa fermentasi harus tepat sesuai resep ya..jangan kelamaan..nanati over proofing..bisa kempes Bakpaonya ketika di kukus. Terus..mengukus bakpao jugaaa jangan terlalu lama. 10 menit saja..dari uap air mendidih ketika sudah  bergolak ya..segera masukkan bakpaonya. Tutup panci dan cukup kukus selama 10 menit saja. Jangan lupa alasi tutup panci dengan serbet, agar uap air tidak menetes ke bakpaonya.

Oh iya..satu lagi..kunci agar Bakpao kita rasanya lembut dan warnanya cantik putih bersih, harus memakai campuran Tepung Tangmien ya..sesuai yang tertera di resep. Tepung tangmien itu sari patinya Gandum..warnanya putih bersih, licin dan mengkilat. Biasa di jual di toko-toko bahan kue. Jika di daerah teman-teman ada yang susah cari Tepung Tangmien,...tenang..aku jual lho..ada stok kok..banyak..! Sms aja atau wa ke 089654712500 jika minat ya.


Oke..mudah bukan..bikin Bakpao sendiri di rumah..simak baik-baik resep berikut ya teman-teman..selamat mencoba....

Bakpao Isi Kumbu Kacang Hijau Pandan

Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
50 gram gula tepung
20 gram susu bubuk
6 gram (1 1/2 sendok teh) ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi instan, dan baking powder.
Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk bulat. Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang

Bahan Isi:
100 gram kacang hijau kupas, cuci bersih
1/4 sendok teh pasta pandan
1 lembar daun pandan
60 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/4 sendok teh garam
25 ml santan kental instan


Cara membuat:
Buat isi, presto kacang hijau 20 menit sampai empuk dalam 500 air. Dinginkan.
Blender kacang hijau sampai halus. Tambahkan pasta pandan, daun pandan, gula pasir, vanili.. Aduk rata.
Masak sambil diaduk di atas api kecil sampai matang. Tambahkan garam dan santan. Masak sambil diaduk dengan api kecil sampai kalis. Dinginkan.





10 comments :

  1. Mba di ni bahan isiannya emg g ad ya?

    ReplyDelete
  2. Tepung tangmien Bs diganti apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bisa di ganti...di skip aja..tapi hasilnay kurang putih dan lembut bakpaonya

      Delete
  3. Mbak Di boleh minta price list nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sma atau wa ke 089654712500 ya..

      Delete
  4. Mba Di, share tips nya doongg.. gimana isian nya bisa pas di tengah2, dan bulatan nya bisa mulys gitu.
    Saya bikin, bulat nya gak rapih, bukan atas nya, malahan bawah nya. Bekas lipatan ke bawah itu lho mba, piye yo nerangin nya, duuhh..
    Tapi pasti.mba Di paham maksud saya ;), mba Di kan ratu dapur,smart, ayu pisan, ^^

    Salam, rika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..kalau adonan nya oke kalisnya..nanti waktu fermentasinya..nanti akan halus sendiri mba..sambungan bagian bawahnya...:)

      Delete
  5. waah makasih mbak share resepnya...langsung ke tkp :)

    ReplyDelete
  6. Mbak Di,kemarin pernah buat,tapi kenapa ya,daging pao nya tebal dibagian bawah. Apa karena isinya sedikit ato bagaimana ya mbak?

    ReplyDelete