Google Ad

Wednesday, November 23, 2016

Ketan Biru


Mau olahan Ketan yang beda teman-teman..cobain yuk..Ketan Biru bunga Telang ini. Warnanya cantik sekali ya. Warna birunya alami lho..memakai pewarna dari bunga Telang. Jadi..aman..walau genjreng birunya begitu. yang jelas, tidak merubah rasa dan aroma dari Ketannya kok. Kalau di Malaysia sana malah jadi pewarna makanan juga bunga Telang ini, yaitu Nasi Kerabu. Sejenis Nasi gurih..pakai pewarna alami bunga Telang ini juga. Unik ya...besok-besok aku coba dech bikin Nasi Kerabu.

Bunga Telangku lagi merajalela nich banyaknya..jadi sayang jika tidak di manfaatkan. Teman-teman yang mau minta boleh nanti jika berbiji aku bagi ya bijinya. Tapi kapan berbijinya coba kalau aku panen terus bunganya ini..hihi. Ntar aku sisain dech bunganya biar jadi buah..terus berbiji dan kering dulu. Cara menanamnya mudah kok..di post aja numbuh. Punyaku malah ku tanem di atas pagar aja juga numbuh..tapi pagarnya ada tanahnya sedikit di atasnya..hahah...tempat aku nanem bunga.

Ketan biru biasa di sajikan dengan Srikaya, tapi aku buat praktis saja..aku cetak pakai cetakan Kimbap segitiga, aku isi dengan unti atau enten kelapa. Rasanya sama enaknya. Jika tidak ada cetakan segitiga, bebas kok mau di cetak bentuk lain juga boleh. Untuk snack arisan..atau snack jualan..pasti menarik nich teman-teman..karena warnanya biru cantik alami. Ok..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka. Boleh di ganti warna hijau jika tidak ada bunga telang.

Ketan Biru Isi Unti Kelapa

Bahan :
300 gram beras ketan putih, rendam 3 jam dengan air secukupnya
250 ml santan kelapa
1 genggam bunga telang, remas dengan air hangat sedikit hingga keluar sari bunganya berwarna biru pekat
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2 lembar daun pandan

Cara Membuat :
Kukus ketan 15 menit
Didihkan santan, air bunga telang, garam, gula dan daun pandan hingga mendidih
Masukkan ketan
Aduk dan masak hingga santan terserap ke ketan
Kukus 15 menit atau hingga ketan matang
Pipihkan sedikit ketan di cetakan bentuk segitiga atau sesuai selera
Beri isi unti  kelapa
Tutup dengan ketan lagi
Padatkan
Sajikan langsung atau bungkus dan kemas dengan plastik jika mau di jual atau di jadikan snack arisan..dll

Note :
Resep isinya / Unti Kelapa di klik SINI ya

Bunga telang seperti ini nich tanamannya merambat...eh nggak keliatan ya..foto tanamanya blur..hihi..jika kurang jelas, lihat di instagram aku ya @bunda_didi...banyak aku posting foto bunga Telang dan tanamannya.


3 comments :

  1. Mb diah..njenengan punya biji kembang telang? Barangkali kalau ada sy pengen nanam mb. Kalau mb diah jual sy pengen beli.. suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanem mba..blm berbiji tapi aku petik terus bunganya :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel