Friday, February 1, 2013

Inspirasi Menu Sehari hari Komplet

Sebagai seorang ibu..kadang kita bingung ya..mau masak apa buat keluarga hari ini..karena hampir tiap hari kita masak..jadi kita harus pandai2 membuat variasi menu buat keluarga..biar asupan gizi tetap banyak..tapi juga tidak bosan dengan masakan yang itu2 terus. Nah kali ini aku mau kasih inspirasi menu komplet buat sehari hari ya..buat contoh aja..ini menu komplet yang ku masak buat kelurga kecilku...next time aku akan sering2 dech posting menu komplet gini buat inspirasi teman2 yang  mau kasih menu spesial mungkin di hari Minggu besok ..jika ada waktu bisa masak sekaligus beberapa masakan buat keluarga tersayang..biar rada spesial dan banyak macam menunya. Selamat mencoba ya teman2......



Ayam Goreng Mentega 


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan:
1/ 2 kg ayam buras
1 sendok teh air jeruk lemon
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 buah bawang bombay, diiris panjang
2 siung bawang putih, dicincang kasar
1 sendok makan kecap inggris
5 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris miring
100 gram margarin untuk menumis
minyak goreng untuk menggoreng


Cara membuat:
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk. Diamkan 30 menit.
  2. Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  4. Masukkan kecap inggris, kecap manis, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk sampai kental.
  5. Tambahkan ayam dan daun bawang. Aduk rata.
Tumis Buncis Komplet


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
    300 gram buncis, diiris serong
     10 buah telur puyuh, atau bakso yang diiris tipis
    4 butir bawang merah, diiris
    3 siung bawang putih, diiris
    3 buah cabai merah keriting, diiris
    2 buah cabai rawit merah, diiris
    2 lembar daun salam
    2 cm lengkuas, dimemarkan
    50 gram jamur kuping  , rebus sebentar lalu potong potong
    1 sendok teh garam
    1/2 sendok teh merica bubuk
    1/2 sendok teh gula merah plus kecap secukupnya  / gula pasir  ( Jika suka bisa juga di tambah saus tiram secukupnya..tambah sedap tumisan kita..)
    150 ml air
    2 sendok makan minyak untuk menumis
Cara Pengolahan :
1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabai rawit, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan telur / bakso dan jamur kuping .Aduk rata.
2. Masukkan buncis . Aduk sampai setengah layu.
3. Tambahkan garam, merica bubuk, dan gula / kecap. Aduk rata.
4. Tuang air. Masak sampai matang dan bumbu meresap

Perkedel Tempe 


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram tempe
1 kuning telur
1 batang daun bawang, dipotong-potong
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting
1 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
1 sendok teh gula pasir
2 putih telur, dikocok lepas untuk pencelup


Cara membuat:
  1. Haluskan tempe. Tambahkan telur, daun bawang, dan bumbu halus. Aduk rata.
  2. Bentuk bola-bola. Celup ke putih telur.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Puding Santan Lapis Gula Merah


Bahan-bahan :

Bahan Puding I:
600 ml santan dari 1 butir kelapa
1 bungkus agar-agar bubuk
1 lembar daun pandan, disimpulkan
250 ml gula merah cair

Bahan Puding Ii:
600 ml air
1 bungkus agar-agar bubuk
1 lembar daun pandan, disimpulkan
250 ml gula merah cair


Cara Pengolahan :
  1. Puding I: rebus santan, agar-agar, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan gula merah cair. Aduk rata.
  2. Tuang selapis adonan setebal 1 cm di loyang 24x10x7 cm. Biarkan setengah beku.
  3. Puding II: rebus air, agar-agar, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan gula merah cair. Aduk rata. Buang daun pandannya.
  4. Tuang selapis adonan setebal 1/2 cm. Biarkan setengah beku. Lakukan bergantian sampai adonan habis. Bekukan.

6 comments :

  1. wah, kebetulan banget nih, lagi nyari menu buat sehari-hari..
    ayo mbak, semangat postingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nisrina..ntar sering2 deh ku posting ya,..menu sehari2..mksh udah mampir ya..^_^

      Delete
  2. Laapeeeeerrrrr..... klo sehari-hari makan beginian bisa ndut mba... makasih dech mba, dpt rsp br lg nich..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba Zulfa..beneran ndut dech..aku juga gitu..lha..pengennya masakin buat anakku ..biar variatif gt ..tapi dia makannya dikit...jadi yang ndut aku dan suami..^__^

      Delete
  3. Mba....biar puding biar dilapis....selagi nunggudingin dan beku....sisanya diapain biar tetep cair dan beku di panci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang Mba,..biar cepat beku setelah di tuang lapisan pertama..masukin freezer bentar..jadi bisa cepat beku dan di lapis lagi..begitu seterusnya..tapi kalau ada yang terlanjur beku di panci..panasin lagi aja sebentar..ntar kan mencair lagi..dan tidak akan memperngaruhi rasa atau tekture pudingnya kok..selamat mencoba ya..^_^

      Delete