Friday, February 22, 2013

Terancam Versus Karedok


Di bulan ke delapan kehamilan nich..badan terasa makin berat aja..kaki mulai agak bengkak..sering kram dll..keluhan ibu hamil tua. Jadi udah gak bisa lagi nich sering masak2 yang berkalori tinggi dan yang manis2 teman..hihi..tapi ya tetep lah kadang2..buat suami dan Yodha..nah kalau buat aku sendiri udah di saranin dokter buat berdiet dikit..banyak makan sayur dan buah2 an aja.

 So..akhirnya menu2 sayuran inilah yang sering ada di meja makan siang ku..hihi..soalnya yang makan aku sendiri..ntar kalau sore..baru dech masak lagi komplet buat suami dan anak. Biarpun sayuran..tetep harus enak dong..makanya aku lebih suka masakan sayuran yang berbumbu kuat gini. Sayurannya sich mentah semua..cuma biar aman buat bumil ..ku cuci bersih dan di bilas air panas juga..tapi..tetep kres2 masih seger kok sayurannya. Ini 2 menu sayuran mentah favoritku, Terancam dari Jawa Tengah dan Karedok dari Jawa Barat, keduanya sama menggunakan sayuran mentah yang di iris kecil2, bedanya cuma di bumbunya. Kalau Terancam menggunakan bumbu kelapa, sedangkan Karedok  menggunakan bumbu kacang. Rasanya..sama2 enak..yukk cobain,.......

Terancam

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
10 lonjor (150 gram) kacang panjang, dipotong 1 cm
3 tangkai (15 gram) daun kemangi
3 buah (250 gram) ketimun, dibuang biji, dipotong kotak
100 gram taoge pendek
50 gram kol
1 buah wortel

Bahan Bumbu:
250 gram kelapa parut kasar sedang, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda , kukus
3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 sendok makan  gula merah ( atau sesuai selera )
4 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh terasi, digoreng
2 cm kencur
1 1/4 sendok teh garam
1 buah cabai merah

Cara Pengolahan :
  1. Haluskan bahan bumbu, kecuali kelapa parut.
  2. Aduk rata bumbu halus dan kelapa parut.
  3. Tata kacang panjang, daun kemangi, ketimun, taoge pendek, dan petai cina. Sajikan dengan campuran kelapa parut.

Karedok

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
3 buah terong hijau bulat, potong-potong
100 gram taoge, buang akarnya
5 lembar kol, iris
2 tangkai daun kemangi
6 lonjor kacang panjang, iris 1/2 cm
2 buah ketimun, potong-potong
50 gram kerupuk kanji untuk pelengkap

Bahan Sambal:
150 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
180 ml air hangat
2 sendok teh air jeruk limau

Bumbu Halus:
6 buah cabai rawit merah
6 buah cabai merah keriting
1 cm kencur
1 sendok teh terasi, digoreng
2 sendok teh garam
2 sendok makan gula merah sisir

Cara Pengolahan :
  1. Sambal: ulek rata bumbu halus dan kacang tanah.
  2. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diulek rata.
  3. Tambahkan air jeruk limau. Ulek rata.
  4. Masukkan taoge, kol, daun kemangi, kacang panjang, terong hijau, dan ketimun. Aduk rata.
  5. 5. Sajikan dengan kerupuk kanji.

1 comment :

  1. Salam kenal mba diah :-)
    Mba, itu bikin bumbu keredok nya ga pake bawang putih ya?
    Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete