Monday, February 18, 2013

Onde Onde Ketan Hitam


Onde2.snack tradisional dari tepung ketan...yang di isi biasa dengan lumbu kacang hijau. Rasanya enak, manis dan gurih.Aku suka onde2 dari kecil..senengnya dulu pas kecil dapat oleh2 onde dari Ibu kalau ke pasar. Tapi sekarang sejak suka masak2..lebih suka bikin onde2 sendiri..rasanya tentu saja lebih enak daripada  beli. Bikin onde onde ketan putih biasa udah sering banget..nah kali ini aku coba buat onde2 pakai tepung ketan hitam. Rasanya juga enak..ada aroma khas tepung ketan hitamnya..yang sedikit beda cuma tekturenya ya..karena tepung ketan hitam ini kan tidak seliat tepung ketan putih ya..kalau di buat kue2. Untuk adonan tetep pakai campuran tepung ketan putih dan sedikit kentang kukus..biar tidak keras onde2nya..karena memakai tepung ketan hitam. Nah..jika suka aroma ketan hitam...yukks cobain teman2..ini resepnya ya..

Onde Onde Ketan Hitam

Bahan Isi:
100 gram kacang hijau, direndam 1 jam ( aku pakai kacang hijau kulit )
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
60 gram gula pasir ( atau sesuai selera )

Bahan Kulit:
150 gram tepung ketan putih
75 gram tepung ketan hitam
25 gram tepung sagu ( aku ganti kentang kukus 50 gram )
180 ml air
50  gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
80 gram wijen putih untuk pelapis
minyak untuk menggoreng


Cara Pengolahan :
  1. Isi: kukus kacang hijau 15 menit. Rebus santan, daun pandan, garam, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan kacang hijau. Aduk sampai kalis. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
  2. Kulit: rebus air, gula pasir, dan garam sampai larut. Hangat-hangat tuang ke campuran tepung ketan putih, tepung ketan hitam, yang sudah diayak dan tepung sagu / kentang kukus. Uleni kalis.
  3. Ambil adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bola-bola.
  4. Celup ke air. Gulingkan di wijen.
  5. Goreng sampai matang dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang.

1 comment :

  1. Mbak Diah, kemarin saya coba onde2 lagi, tapi pake tepung ketan hitam (dari mbak). Kali ini saya goreng langsung di minyak sedang spt langkah2 dlm resep ini, yg beda dg langkah2 dlm resep onde2 seblmnya (tepung ketan putih). Ternyata hasilnya lebih keset, tdk menyerap minyak. Kali ini isiannya lebih banyak, jadi lebih terasa dan tdk terlalu kopong. Penampilan lebih eksotis krn kontras dg wijennya. Soal rasa, lumayan enak khas ketan hitam, tapi saya lebih suka yg putih, he..he... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete