Thursday, February 21, 2013

Jenang Gempol


Ada yang tahu jenang gempol ?..Jenang khas Yogya..jajanan pasar..makanan masa kecilku. Jenang adalah bahasa Jawa dari bubur. Jadi jenang gempol artinya sama dengan bubur gempol. Jenang gempol terbuat dari tepung beras. Jenangnya udah manis, karena memakai gula merah...nah kalau gempol sendiri adalah toping untuk jenang nya yang terbuat dari tepung beras juga yang di bentuk bulat bulat kayak bakso begitu. Rasanya..enak banget ya, apalalagi kalau punya nostalgia..kenangan di jaman kecil sering makan jenang ini..pasti pas udah tua gini..suka merindukan si jenang gempol ini..hihi..kayak aku. Sayang si jenang gempol ini cuma da di Yogya..jadi kalau udah nggak tinggal di Yogya ya harus bikin sendiri. Di Semarang sebenarnya ada sich yang mirip gempol Yogya gini..tapi kok beda ya rasanya...kalau di Semarang gempol ini malah jadi minuman. Di sajikan bersama kuah santan dan gula serta es batu. Tapi dari segi enaknya..masih enak gempol ala Yogya dech.

Setelah mencoba berbagai resep..dan belum bisa otentik..akhirnya daku bisa membuat gempol yang lumayan otentik gaya Yogya sich..walau buatnya praktis, karena aslinya memebuat gempol ini sangat ribet. Kalau yang asli Yogya tuch..dari tepung beras baru yang di kukus sambil di percik2 air..kalau udah  matang di bentuk bulat2..lalu di rendam santan..kemudian bulatan2 itu di parut jadi butiran2 kecil..terus di bentuk bulat2 kecil lagi dan di kukus lagi..jadi hasilnya empuk dan ngeprul gempolnya....duch ribet ya..kayaknya..itu sich yang aku dengar dari ibuku caranya. Kalau yang ku buat ini..cara praktis saja lah..tapi hasilnya udah lumayan lah..mirip2 sama yang di Yogya. Resepnya ku coba dari blognya Mba Ninik Sudomo Yogya..makasih resepnya Mba..cuma kemaren kok lupa mengubah ke gram ya teman2 resepnya..ntar kalau aku bikin lagi aku ubah ke gram dech biar lebih mudah takarannya..sementara aku contekin resep Mba Ninik dulu ya..pakai ukuran gelas..^_^....Yukk..mari sarapan jenang gempol teman2...

Jenang Gempol


Bahan gempol :
1 gelas beras putih direndam semalam
2 gelas air
2 sdm kelapa parut
1 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Cara membuat gempol:

Beras dicampur air dan blender sampai berbutir halus (jangan sampai halus banget).
Masak air+beras sampai kental, matikan api dan tambahkan kelapa parut.
Adonan dibentuk bulatan sebesar kelereng dan kukus selama kurleb 20 menit. Bikin bulatannya harus sambil di tekan2 kuat ya..supaya tidak ambyar lagi kalau di kukus..tapi jika takut ambyar..bisa di tambahkan sedikit tepung tapioka buat perekat, 1-2 sendok  teh cukuplah.

Bahan Kuah santan:

3 gelas santan
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan
Rebus semua bahan sampai mendidih. Masukkan gempol ke dalam kuah santan.

Bubur sumsum coklat


Bahan:

1/2 gelas tepung beras
2 gelas santan encer
1 sisir gula jawa
1 lbr daun pandan

Cara membuat:

Rebus air dan gula jawa sampai gula larut, saring, rebus kembali dan masukan tepung beras yang sudah dilarutkan dengan sedikit air, aduk2 sampai mengental dan matang.

Penyajian:

Ambil 3 sdm bubur sumsum dan beberapa biji gempol dan tuang kuah santan. Lebih enak disajikan dingin atau ditambah es.





9 comments :

  1. waaah, jenang gempol makanan kesukaanku nih... makasi ya mba sudah berbagi resepnya.. coba bikin ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..silahkan di coba ya..:)..memang belum bisa se asli kalau beli di Mbah2 yang jual jenang gempol..hihi..tapi buat tombo kangen ya lumayanlah..:)

      Delete
    2. Resepnya terlihat berkualitas. Pembuatannya teliti. Penulisannya jg jelas. Thanks, mba.

      Delete
  2. salamkenal mbaa,,di magelang jug aad alho mba, di pasar tradisional gitu,,,
    jadi kangen nih makan jenang gempol,, udah lama banget ga makannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba...salam kenal juga..wah iya..Yogya Magelang..deket ya.jajan pasarnya..sama. Ayukk buat sdr Mba..:)

      Delete
  3. Mbak makasih ya,akhirnya nemu resep jenang kesukaanku yg hmpir mirip sama yg sering aku beli di mbok pasar kemetiran,yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..met coba..nggak persi sich sama yang di pasar..tapi lumayanlah buat tombo kangen..^^

      Delete
  4. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mbak...
    Mbak Sy bikin gempol nya kok gak berhasil ya.. gempol nya itu lembek..tdk spt gempol yang Sy mkn waktu di jogja. Trims

    ReplyDelete