Wednesday, February 6, 2013

Blue Berry Cream Cheese Tart




Ini salah satu makanan yang ku bawa di acar kop dar langsungenak kemaren. Blueberry cream cheese tart. Ya ..rasanya seperti pie renyah gitu, tapi fillingnya pake selai blueberry dan cream cheese. Enak..asem2 seger. Hasilnya juga cantik kan...jadi cocok buat suguhan tamu di rumah atau oleh oleh..selamat mencoba teman2..

Bahan2 kulit tart :

170 gram margarin atau butter  ( aku pakai blueband cake & cookies kemaren )
50 gram gula halus
1 butir telur ukuran kecil ( jika pakai telur ukuran besar buang sedikit putih telurnya supaya hasil kulit tartnya tidak keras )
290 gram tepung terigu protein rendah
1 sendok the esen vanilla / vanili bubuk
Cetakan pie kecil2 dari alumunium

Cara Membuat :

Aduk margarin dan gula dengan menggunakan senduk kayu atau spatula.
Masukkan telur dan esen vanilla. Aduk lagi dengan senduk kayu.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit.
Uleni perlahan hingga menjadi adonan yang lembut. Untuk mendapatkan adonan yang baik masuk adonan  dalam plastik  dan simpan dalam kulkas semalaman. Keluarkan dari kulkas dan diamkan sekitar ½ jam biar adonan lunak kembali dan siap di bentuk.
Ambil sedikit adonan dan tekan ke dalam cetakan pie yang sudah di oles margarine sampai rata. Tusuk dengan garpu sebelum dibakar. Bakar pada suhu 170 C selama 20 - 25 menit atau hingga matang. Biarkan dingin , lalu semprotkan selai blueberry secukupnya, lalu tutup dengan adonan cream cheese, hias atasnya,  siap di oven sebentar.
 
Bahan2 filling :
Selai blue berry secukupnya ( atau bisa pakai selai lain sesuai selera, misal strawberry,dll
250 gram cream cheese
50 gram  gula halus
1 butir telur ukuran sedang
½ sendok teh esen vanilla / vanili bubuk

Keluarkan cream cheese dari kulkas 20 ~ 30 menit sebelum digunakan.Jangan sampai cream cheese mencapai suhu ruang. Kocok cream cheese dan gula halus hingga lembut, masukan telur dan vanilla, kocok lagi hingga lembut sebentar saja.
Masukkan filling ke dalam kulit tart. Masukan dalam kantong palstik segitiga,lalu semprotkan ke kulit tart yang sudah di isi selai blue berry.
Kemudian ,ambil sedikit adonan cream cheese, beri pewarna makanan sesuai selera, lalu hias di atas isian cream cheese tadi.
Cara Menghias :
1.     Dengan menggunakan  tusuk gigi , buat garis kecil2 4 coretan pendek di bagian tepi.
2.     Tarik  garis2 kecil tersebut ke bawah sehingga membnetuk tangkai bunga.
3.     Bisa juga di hias motif lain sesuai kreasi sendiri.

Oven selama 5 – 10  menit pada suhu 170C. Sentuh cream dengan ujung jari. Jika tidak melekat, tandanya telah matang. Bisa di oven rak paling bawah supaya cepat matangnya.





4 comments :

  1. Haiii mbak Di..
    aku udah berhasil buat cream cheese tart nya...hihihi.. makasih ya resepnya.. ini mbak kalo mau liat hasilnya ada disini http://puppytothemoon.blogspot.com/2013/12/mango-cream-cheese-tart.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Laika..sippp Mba..segera ke TKP tak nyicip ya..hihi

      Delete
  2. Beli creamcheese di semarang dimana ya mbk?
    - Dian -

    ReplyDelete