Google Ad

Tuesday, January 30, 2018

Soto Kemiri Tanpa Santan


Jika lagi bikin Ayam Goreng kampung, nggak lupa pasti aku bikin kaldu ayam dulu. Sayang jika langsung di rebus. Nah, kaldunya ini bisa untuk bikin sup, soto, kuah bakso, bubur ayam, dll. Rasanya sangat enak dan gurih, apalagi jika dari Ayam kampung. atau minimal pejantan ya. Jika ayam biasa kurang enak kaldunya.


Paling favorit sich aku bikin Soto, sampai banyak sekali resep Soto di webku ini. Ada beragam Soto dari nusantara yang sudah aku coba. Salah satunya adalah Soto Kemiri dari Pati. Dulu pernah bikin versi pakai santan. Tapi beberapa waktu lalau mencoba Soto yang tanpa santan, jadi kepengen membuat sendiri di rumah yang versi tanpa santan.

Versi soto Kemiri yang nggak pakai santan ini menurutku memang lebih segar rasanya. Tapi kuah tetap gurih dan kental, karena bumbu utamanya itu Kemiri. Tipsnya agar sedep kuahnya itu cara menumisnya harus bena-benar matang ya teman-teman, jadi nggak terasa langu kemiri. Selain itu juga kemirinya di sangrai terlebih dahulu, jadi makin gurih dech.

Oke dech langsung saja ya ini dia resepnya teman-teman, biasa di sajikan dengan ayam goreng potongan besar jika di Pati. Kali ini aku buat pakai suwiran ayam goreng aja...sama enaknya kok. Selamat mencoba ya teman-teman, jika suka.
Soto Kemiri Tanpa Santan

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan
1000 ml air kaldu ayam
3 lembar daun jeruk
1 batang daun seledri
1 batang serai.
3 lembar daun salam.

50 gram taoge rendam dengan air panas
Bawang goreng untuk taburan.

Jeruk nipis secukupnya
Sambal rawit dan kecap secukupnya

Bumbu halus :

6 butir kemiri yang telah disangrai.
5 siung bawang merah.
3 siung bawang putih.
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1/2 sendok teh Jintan
1 sendok teh merica butiran 

1 sendok teh kaldu ayam
Garam secukupnya
2 sendok teh gula pasir ( secukupnya )


Cara membuat :
Rebus ayam dengan api kecil bersama 1000 ml hingga keluar kaldu bening
Angkat ayam dan masak dengan bumbu seperti membuat ayam goreng gurih biasa, sisakan sepotong untuk suwiran sotonya
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng di tempat yang terpisah, setelah harum masukkan ke dalam kaldu rebusan ayam.
Tambahkan  semua bumbu lain

masak dengan api kecil hingga  bumbu meresap dan koreksi rasa hingga pas rasanya. Sajikan  soto di dalam mangkok dengan Nasi dan pelengkap, dan taburi bawang goreng dan cincangan sledri serta ayam goreng suwir. Sajikan bersama jeruk nipis, sambal dan kecap jika suka.


4 comments :

  1. Favorit saya iki Mba Diah....tambahin telur rebus sama kecap manis plus kerupuk...walah...bkin ngiler mba....hehehe (Shiny - BPN)

    ReplyDelete
  2. Makasih mba buat resep nya ... segera ak praktikan semangat....

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah sejak praktekin ayam bacem dari mbak,, jadi makin sering nyoba resep2nya yang kebetulan cocok dilidah saya. Makasih mb Di terus menginspirasi kita2 yang ngga bisa masak hehehe

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah sejak praktekin ayam bacem dari mbak,, jadi makin sering nyoba resep2nya yang kebetulan cocok dilidah saya. Makasih mb Di terus menginspirasi kita2 yang ngga bisa masak hehehe

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel