Google Ad

Monday, January 22, 2018

Tips Cumi Krispi Kriuk Kriwil dan Tidak Alot


Membuat Cumi Krispi itu mudah saja, namun kadang ada teman yang menanyakan bagaimana agar cumi tidak alot, atau agar keriting cantik lapisan tepungnya. Baiklah aku ulas lagi ya teman-teman. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang baru belajar masak, biar bisa membuat sendiri di rumah Cumi Krispi yang kriuk dan tidak alot.

Pertama yang harus kita ketahui, bahwa cumi itu dagingnya mudah matang, jadi tidak perlu di masak terlalu lama. Jika terlalu lama di masak makan malah akan jadi alot cuminya. Beneran alot seperti karet lho jika kelamaan di masak..hihi.

Jadi waktu memasak cumi itu singkat saja. Jika di goreng, maka goreng di minyak yang agak banyak hingga terendam. Sebelum adonan cumi masuk, minyak harus benar-benar panas dulu ya teman-teman, namun di api sedang, jangan api besar. Jika minyak sudah panas, begitu cumi masuk maka akan langsung mengembang cantik lapisan tepungnya.

Jika api besar akan mudah gosong, jika api kecil, maka lapisan tepung akan keras atau dalam bahasa jawa *mbeling. Jadi yang pas itu api sedang tapi minyak sudah panas, baru cumi masuk. Jangan terlalu banyak juga memasukkan adonan cumi bertepung ke dalam minyak..untuk menjaga suhu panasnya agar tetap stabil ya. Jika suhu stabil, cumi akan cepat matang dan lapisan krispinya juga cantik kriwil kriuk renyah. Ingat api jangan kecil juga ya..jika kecil lapisan tepungnya nanti jadi keras, cumi jadi alot..hihi.

Nah, tehnik menggoreng sudah, selanjutnya tehnik membuat adonan cumi jadi kriwil lapisan tepungnya. Ada dua tehnik yang bisa di pakai, tehnik pakai celupan telur, pertama cumi di lumuri tepung pelapis kering, lalu di celup kocokan telur, selanjutnya di lapis tepung bumbu kering lagi. Hasilnya renyah empuk, namun tidak tahan lama kriuknya jika dingin. Jika mau lebih awet kriuk hingga dingin, pakai tehnik yang adonan pencelupnya sedikit adonan basah encer, jadi adonan pelapisnya bisa kriwil cantik, dan awet kriuknya.

Oh ya, satu lagi pertanyaan mengapa sering meletup jika goreng cumi, jawabannya ya seperti aku jelasin di atas, jika di goreng terlalu lama, akan rawan meletup, namun jika kita goreng dengan cepat, maka cumi cepat matang, nggak sempat meletup-letup dech. Usahakan juga lapisan tepungnya bisa menutupi cuminya, jadi nggak mudah meletup juga.

Untuk kali ini aku kasih tips yang menggunakan adonan pencelup basah ya teman-teman agar hasilnya tetap kriuk hingga dingin. Kali ini aku pakai Tepung Krispi, yang biasa aku pakai di rumah, andalan jualanku juga hihi. Tapi jika mau pakai tepung bumbu lain, silahkan. Yang mau coba tepung krispi jualanku juga silahkan, wa aja 089654712500 ya..sudah banyak teman yang coba dan alhamdulillah salah satu best seller jualanku juga.
Cumi Krispi

Bahan :
500 gram Cumi
200 gram Tepung Krispi / tepung bumbu lain untuk pelapis
4 sendok makan Tepung krispi plus 100 ml air, aduk rata untuk pencelup

Cara membuat :
Cuci bersih cumi, kupas, kucuri dengan sedikit air jeruk nipis, cuci kembali, potong bentuk ring
Rendam cumi dengan sedikit garam dan merica dan kaldu bubuk jika suka ( tergantung mau buat cemilan atau lauk ya, jika mau buat di cemil jangan terlalu asin, cukup `1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica, serta 1/4 sendok teh kaldu ayam , jika mau lebih gurih boleh di tambah sedikit bawang bubuk / bawang putih halus juga 1/4 sendok teh. Beri sedikit air rendam cumi beberapa saat sebelum di goreng  agar meresap )
Panaskan minyak di api sedang hingga benar-benar panas
Celup cumi ke adonan pencelup
Lumuri dengan tepung pelapis, sambil di cubit-cubit hingga keriting
Goreng hingga matang

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video tutorial berikut ini ya teman-teman. Selamat mencoba...


2 comments :

  1. Yummy,it's look delicious! You are wonderful cook yaar.And iam very happy to read your post and iam real appreciate you for making these yummy foods.Thanks a lot for sharing this tips..I am a writer at custom essay writing service online
    if anyone needs writing services helps please refer us.

    ReplyDelete