Google Ad

Tuesday, January 9, 2018

Resep Sambal Brambang Asem Daun Ubi



Menu sehat tetap enak ? Bisa banget kok teman-teman. banyak menu tradisional Indonesia yang enak dan sehat. contoh..Gado-gado, Lotek, Pecel, dll. Mau lebih sehat lagi di rebus semua..ini nich menu tradisional dari Jawa Tengah, di Solo atau di Semarang pun menu ini jadi menu sehari-hari. Namanya Brambang Asem. 

Udah sering aku post juga sich dulu pakai kangkung, pakai bayam, nah kali ini aku posting yang pakai daun ubi ya. Walau bumbunya hampir sama, tapi kok kemaren fotonya bening kinclong gini, sayang aja jika nggak di posting..hihi.

Daun Ubi yang di pakai daun Ubi jalar, pilih yang bagian muda aja ya teman-teman agar rasanya kres manis. Merebus daun ubi jalar ini jangan terlalu lama, rebus dengan sedikit garam, hingga warna berubah aja, jadi hijau cerah cantik. Jika terlalu lama di rebus, Daun Glandir akan berlendir, jadi kurang enak.

Jika di rebus sebentar saja, rasanya kan kres-kres manis, dan sangat cocok di padu sambal Brambang Asem ini. Rasanya enak sekali, seger dan pedes manis..enak. Gunakan Terasi enak ya teman-teman kuncinya agar rasa sambelnya makin mantap. Aku selalu pakai Terasi Juwana dong..rasanya tak di ragukan lagi..hihi. Salah satu best seller jualanku juga ini Terasi. Kemaren awal bulan baru kirim 20 kg ke salah satu restoran besar di luar Jawa...alhamdulillah mereka cocok pakai Terasi yang aku jual. Dari semua yang beli memang alhamdulillah bilang enak. Yang mau coba silahkan wa aja 089654712500 ya teman-teman.

Selamat mencoba ya resepnya....
Resep Sambal Brambang Asem

Bahan :
Satu ikat daun Ubi Jalar, rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam ( atau bisa pakai bayam )
3 buah cabai merah, 3 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah, di bakar atau di rebus
5 mata asam jawa
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam 
Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal, koreksi rasanya, harus ada manis, asam dan segar rasanya ya teman-teman.
Sajikan dengan daun Ubi rebus

1 comment :

  1. Hi mbak diah mau tanya, tips bikin sambal yang gurih itu gimana ya?

    Apakah perlu ditambah bumbu penyedap rasa gitu?

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel