Google Ad

Saturday, January 13, 2018

Long John


Long John adalah sejenis Donat dari luar negeri. Bentuknya nggak bulat seperti donat, tapi bentuk panjang lonjong. Kok mirip ya..Long John...bentuknya Lonjong..hihi. Di luar donat jenis ini biasa di beri isi, terus di kasih toping sesuai selera, bisa cream atau coklat leleh. Tapi kalau atasnya sudah pakai toping ya mblenger juga ya jika dalamnya masih di beri isian teman-teman, makanya aku suka polosan aja, atasnya baru di kasih toping.

Sebenernya ini cara membentuk donat paling mudah, nggak perlu membentuk bulat-bulat berlubang, cukup di potong-potong aja bentuk persegi panjang, beres dech, tinggal di goreng..hihi. Usahakan ukuran sama, jadi di ukur beneran aja pakai penggaris ya teman-teman jika lagi mau belajar baking dan ingin hasilnya rapi..hihi. Kalau aku sich kira-kira aja..alhamdulilah pakai feeling udah lumayan seragam ya panjang dan lebarnya..hihi.

Cara membuat seperti donat biasa, hanya beda bentuk aja sich..dan biasanya di tambah aroma vanilla...atau jika tidak ada pakai vanili ya nggak apa-apa. Untuk topingnya aku pakai butter cream rumahan aja, dengan bahan ekonomis yang selalu ada di rumah..margarin..hihi. Tapi malah enak gurih lho...rasanya jadul..hihi. Kalau mau praktis di celup coklat leleh juga boleh, cuma karena aku pakai toping meises, kok mblenger jika kebanyakan coklat, jadi aku pakai buttercream ala-ala toping donat jadul aja...lebih gurih.

Adonan ini bisa di uleni tangan atau pakai mesin. Jika di uleni tangan, kerahkan tenaga, uleni hingga elastis ya teman-teman, agar hasilnya mengembang dengan baik. Jika membuat adonan donat seperti ini, jika agak lengket waktu membentuknya, jangan panir dulu ya. Setelah adonan terfermentasi, angkat, kempiskan agar gas terbuang. Letakkan adonan di tempat datar, taburi  adonan dan tangan dengan tepung. Jadi aman dech waktu mau membentuknya, tidak akan lengket.

Oke, ini dia resepnya ya...resep adaptasi dari luar, tapi aku sesuaikan lidah lokal bahan-bahannya..:D

 Long John

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu: 375 gram tepung terigu protein tinggi 50 gram gula pasir 1/2 sendok makan ragi instan 1 butir telur plus satu buah kuningnya 200 - 250  ml susu cair, hangatkan suam kuku ( 100 C ) 50 gram margarin 
1/4 sendok teh vanilla / vanili 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat:
Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan sampai rata. Masukkan telur dan susu cair sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. ( jika adonan sudah kalis, susu tidak di habiskan tidak masalah ) Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit ( hingga mengembang ).
Kempiskan adonan. Giling adonan setebal 2 cm. Potong persegi panjang 5x10 cm. Diamkan 30 menit.
Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kecokelatan selama satu menit setiap sisinya. Dinginkan. olesi buttercream, taburi mese atau toping lain sesuai selera.


Bahan Olesan :
100 gram margarin
50 gram gula halus ( sesuai selera )
1 sendok makan susu kental manis

Campur semua bahan olesan, kocok hingga creamy, cicipi hingga pas manisnya, boleh tambah gula halus sesuai selera jika suka manis.



4 comments :

  1. Mba diah salam kenal ya, udah sering nyontek nih resep2nya mba... ��, oh ya mba kalau mau ulen pake tangan, kira2 brp lama ya?

    ReplyDelete
  2. Pingin nyoba..tpiii....males nguleni...

    ReplyDelete
  3. Maaf mba mau tanya. Pemakaian telurnya.. Brati menggunakan 2 kuning telur y mba.

    ReplyDelete
  4. Maaf mba mau tanya. Pemakaian telurnya.. Brati menggunakan 2 kuning telur y mba.

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel