Google Ad

Monday, January 29, 2018

Sambal Bawang Matang


Sambal itu aneka macam ya teman-teman, ada banyak variasinya. Sambal Bawang aja misalnya ada berbagai macam, ada sambal bawang yang mentah, sambal korek, kosek, sambal bawang  matang yang di tumis lama, atau sambal bawang yang hanya di siram minyak panas, dll.


Kemaren ada teman pembca yang menanyakan cara membuat sambal Ayam Geprek yang sekalian banyak, jadi bisa di stok sekalian, dan jika ada pembeli langsung di sajikan, tidak perlu membuat sambal terus. Baiklah aku bikinkan resep Sambal Bawang yang di tumis sebentar saja, jadi masih terasa fresh cabe dan bawangnya, tapi juga matang bisa di stok untuk beberapa hari saja.

Jadi untuk di pakai jualan misal Ayam geprek, atau ayam goreng, bisa di buat sekalian. jadi aku buat resep juga sekalian agak banyak ini ye teman-teman. Tapi selain untuk Ayam geprek, sambal ini enak untuk makan Tempe goreng dll.

Sambal bawangnya pakai cabai rawit semua, ajdi mantap pedasnya. Selain itu pakai bawang merah, dan bawang putih juga. Di haluskan kasar dulu baru di tumis dengan api besar sekitar 1 hingga 2 menit saja agar aroma langu sabai dan bawang mentah hilang. Mudah, cepat dan enak. Jika suka...waktu penyajian bisa di kucuri sedikit air jeruk limau atau jeruk sambal yang kecil-kecil itu lho teman-teman, rasanya jadi makin sip.

Oke, aku share ya resepnya teman-teman...selamat mencoba :
Sambal Bawang Tumis

150 gram cabai rawit merah
150 gram bawang merah
50 gram bawang putih
1/2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
1/2 sendok teh kaldu ayam / garam sesuai selera
3 lembar daun jeruk
2 buah jeruk sambal

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan
Tumis dalam minyak panas 1 - 3 menir saja hingga berubah warna, bumbuin dengan garam, kaldu, gula , masukkan daun jeruk, aduk rata.
Korekis rasa hingga pas rasanya
Sajikan dengan perasan air jeruk limau

Tempe goreng di penyet di atas sambal bawangnya...hemmm...yummy..!


1 comment :

  1. Duh, ngiler liat sambalnya Mba Diah. Karena mateng gini enak ya Mba kalau buat stok, tinggal simpan di wadah sambal terus hidangkan di meja makan. Tapi kalau di rumahku sambel nggak pernah awet sih Mba, hahaha *penggemar pedas semua :D

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel