Google Ad

Sunday, January 21, 2018

Tumis Jantung Pisang Bumbu Kuning


Kemaren aku masak Jantung Pisang lagi. Aku tuch kalau ke pasar suka belanja ke mbah2 yang jual aneka hasil kebun sendiri gitu teman-teman, karena jualannya ya unik-unik, misal sayur kluwih, jantung pisang dll. Kalau di Semarang kudu beli, satu buah 6 k, kalau di Yogya mah tinggal petik di kebon...hihi.


Kemaren lagi bosan di masak santan, akhirnya aku masak tumis aja...tapi dnegan bumbu lengkap pakai kemiri dan kunyit juga, jadi selain enak, juga cantik warnanya seperti pakai santan kan teman-teman, padahal ini nggak pakai. jadi lebih sehat tapi tetap menarik ya...hihi.

Memasak Jantung pisang itu nggak susah kok, asal pilih yang dari pisang kepok ya, di jamin nggak pahit. Kala di sini penjualnya jujur sich, memang hanya dari pisang kepok yang di jual. Makanya kemaren waktu aku posting di instagram kok banyak yang menanyakan, kok ada yang rasanya pahit. Menurutku mungkin salah jenis jantung pisangnya. Nggak semua bisa di makan ya.

Cara mengupas jantung pisang itu hingga bagian dalam yang berwarna putih aja yang di pakai ya. Selanjutnya di rebus dulu dengan sediki garam. Jantung pisang akan mudah menghitam jika terlalu lama kena udara, jadi sebaiknya potong-potong jika semua bahan dan bumbu sudah siap, jadi begitu di potong langsung di masak, maka hasilnya akan cantik warnanya seperti dalam fotoku itu ya teman-teman.

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya....

Tumis Jantung Pisang Bumbu Kuning

Bahan :
1 buah jantung pisang Kepok

Bumbu Halus :
5 bawang, 2 bawang putih, 6 cabe, 2 kemiri, kunyit 1 cm, 1/4 sdk teh merica butir
Gula, garam, kaldu sapi secukupnya. 

Cara membuat :
Didihkan air plus 1 sendok teh garam
Belah dua jantung pisang
rebus hingga empuk, sisihkan, potong2
haluskan bumbu, tumis hingga matang dan harum
Masukkan 200 ml air,  masukkan jantung pisang dan semua bumbu
Masak api kecil hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan

3 comments :

  1. Dikancani nasi anget mbk...sm krupuk krombong....tambah mantab...

    ReplyDelete
  2. The Dublin Events Travel and Tourism Team give you finish manual for your stay at Dublin. world famous grill bell ca

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel