Google Ad

Friday, January 26, 2018

Bolu Kukus Gula Merah



Lama nggak bikin Bolu Kukus. Biasanya kalau Bolu kukus biasa aku suka bikinnya aja..hihi. Seneng jika hasilnya mekrok-mekrok..udah. Habis itu di bagi-bagi aja. Kalau bolu kukus biasa memang kurang suka. Beda sama yang versi gula merah. Aku suka. Tapi kadang jika nggak sempat bikin suka beli di pasar..murah..seribu juga dapat..hihi.

Aku lebih suka bolu kukus yang versi gula merah, ntar mengapa rasanya lebih gurih dan lebih legit. Jadi nggak membosankan. Aku suka juga karena rasanya nggak terlalu manis...asal milih gula merahnya yang bagus dan beneran gula merah ya teman-teman. Soalnya kadang sekarang banyak beredar gula merah palsu yang terbuat dari gula pasir juga huhu. Sama aja bohong karena rasanya manis sekali juga.

Kalau gula merah yang asli itu rasanya ada gurih-gurihnya dan aromanya khas. Kadang dulu jaman kecil karena memang gula merahnya enak..suka di cemilin ya teman-teman..hahah. Masa kecil bahagia, lha jika nggak ada cemilan, gula merah di dapur punya ibu aja di cemilin...Lol...!

Oh ya Bolu kukus gula merah ini termasuk jenis bolu kukus yang mudah di buat, jadi ayuk jangan takut mencoba ya teman-teman. Rasanya enak sekali, lembut, gak seret dan harum khas aroma gula merah, nggak bau telur seperti bolu kukus biasa. Satu adonan juga jadi banyak.

Tipsnya agar merekah, pertama air biarkan bergolak dulu agar udap air banyak, baru adonan masuk. Tutup kukusan di alasi serbet agar air tidak menetes ya ke kuenya. Jika sudah matang, dinginkan, segera kemas dengan plastik atau wadah tertutup agar bolunya tetep lembut dan tidak kering. Oke, selamat mencoba ya teman-teman...jika suka.
Bolu Kukus Gula Merah

Bahan :
150 gram gula merah, rebus dengan 225 ml air, saring, dinginkan
1 butir telur utuh, 1 butir kuning telur
2 sendok makan  gula pasir
250 gram tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
125 ml minyak goreng

Cara Membuat :
Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental
Masukkan tepung terigu dan baking powder, bergantian dengan air gula merah
Kocok rata dengan speed rendah memakai mixer
Tambahkan minyak goreng, aduk rata dengan spatula saja hingga rata
Siapkan kukusan, tunggu hingga keluar uap panas
Tuang adonan di cup kertas beralas cetakan bolu kukus berlubang
Kukus sekitar 20 hingga 30 menit hingga mekar
Sajikan

2 comments :

  1. Apa kabar mba Di... Moga selalu sehat ya mba spy selalu bisa berkarya terus dan barokah. Hmm... Bolkus Gulmer aku suka, kapan2 mau tak coba. Matursuwun resepnya ya mba ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba erti, kabar baik mba...moga mba juga ya...:)


      Delete

Diah Didi YouTube Channel