Google Ad

Wednesday, January 17, 2018

Sate Usus Bumbu Rujak



Kemaren ke pasar, ke tukang ayam langganan..eh udah kehabisan ayam. Banyak sich penjual lain, atapi aku lebih suka beli di langganannku itu karena selalu fresh dan baru ayamnya. Banyak restoran atau catering yang langganan di situ jadi di pastikan ayamnya selalu baru, karena habis terus.

Lha kemaren tingga hati dan usus...aku mau belok nggak jadi beli, tapi kemaren melihat ususnya kok masih fresh dan bagus, jadi tergoda juga. Akhirnya aku beli aja sedikit dan aku masak Sate Usus. Tapi kalaau di bacem terus ala angkringan kok bosan juga.

Akhirnya aku buat versi beda, aku buat pedas, dengan bumbu Rujak ala Jawa Timuran. Bukan bumbu rujak ala rujak buah, tapi bumbu masakan ya ini teman-teman..hihi. Bumbunya komplet, rasanya enak sekali pas untuk masak usus ayam. Baisanay bumbu rujak ini untuk masa Ayam, Daging atau telur juga enak...jika tidak suka usus ya teman-teman.

Biasanya menu bumbu rujak ini pakai santan, tapi untuk usus ini tidak perlu pakai santan sich, aku ganti pakai air kelapa aja. Rasanya legit dan gurih. Tidak perlu di tumis juga untuk sate usus ini, cukup di ungkep hingga meresap, lalu jika air sudah habis, tinggal tambah sedikit kecap dan minyak, gongseng hingga agak kering.

Selanjutnya tinggal di tusuki tusuk sate, langsung sajikan. Cocok untuk menemani nasi hangat, dengan sayur lodeh atau yang lain. Enak juga sate ini untuk makan pecel atau bubur ayam, rasanya..yummy...! Oke, selamat mencoba ya teman-teman..ini resepnya ya....

Sate Usus Bumbu Rujak

Bahan :
500 gram usus ayam 
800 ml air kelapa
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk dan garam secukupnya
Kecap secukupnya

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
3 buah bawang putih
4 butir kemiri
2 cm kunyit
6 buah cabai merah keriting
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm jahe

Cara emmbuat :
Bersihkan usus ayam hingga benar-benar bersih, lumuri 1 sendok makan air jeruk nipis, cuci kembali
Rebus dengan 6 lembar daun salam, 4 cm lengkuas, 4 cm jahe, memarkan
Buang air, cuci kembali usus jika perlu agar benar-benar bersih dan kesat
Selanjutnya rebus dengan semua bahan dan bumbu di bahan atas hingga empuk dan meresap bumbunya
Koreksi rasa
Masak hingga air habis, beri 1 sendok makan minyak goreng dan kecap sesuai selera
Gongseng hingga agak kering dan bumbu menyelimuti ususnya
Tusuki dengan tusuk sate
Sajikan

5 comments :

  1. ini baru namanya inovasi, thanks

    ReplyDelete
  2. Harus air kelapa ya mbk, kalau diganti air biasa apa merubah rasa?? Susah cari air kelapanya😖

    ReplyDelete
  3. Satenya bikin ngiler, enak banget ini pasti.

    ReplyDelete
  4. Nah ini yg aku cari bund...pengen masak ginian...mksh bnyk..😘😘

    ReplyDelete