Monday, January 8, 2018

Nasi Goreng Ikan Asin Jambal


Kemaren ke pasar, mlipir ke tempat ibuk yang jual aneka ikan asin langgananku. Rencana sich aku kepengen beli Ikan asin Pedo buat di pepes, eh sama ibunya di tawar Ikan asin Jambal, bagus baru datang katanya. Sebenernya aku agak trauma beli Jambal, karena dulu pernah beli itu keras kayak karet, takut ada formalinnya. Tapi ibuknya menyakinkan aku ini versi yang empuk dan enak. Akhirnya aku towel-towel ikannya kok memang empuk..hihi. Akhirnya aku beli dech.


Aku coba ikan asin Jambalnya pertama buat masak Nasi Goreng, ternyata enak bener seperti ibuknya yang jual bilang. Gurih..nggak amis dan nggak alot. Mudah di suwir pakai tangan aja bisa. Jadi kepengen beli lagi besok-besok..hihi. Ikan asin jambal ini termasuk Ikan asin mewah ya teman-teman..hihi. Harganya setara sama ayam ya, atau lebih mahal malahan. Aku beli sepotong kemaren kok 26 ribu...hihi.

Tapi memang ikan asinnya daging aja dan bersih nggak ada duri, dll..jadi tinggal di potong-potong aja enak. Sebelum di olah Ikan asin gabus ini di seduh dulu air mendidih ya teman-teman biar bersih steril juga..hihi. Dengan di seduh juga nanti akan kelihatan apa mengandung formalin atau tidak. Karena jika di seduh air mendidih kan otomatis akan sedikit melunak ikan asinya.

Tapi jika di seduh tetap kaku alot..wah..tanda-tandanya itu pakai formalin..hihi. Aku pernah coba dulu ikan alot gitu, aku goreng pun nggak bisa empuk itu akhirnya aku buang dech. Tapi yang aku beli kemaren itu setelah di seduh air panas, jadi empuk, di suwir pakai tangan aja mudah..dan aku goreng sebentar sip dech empuk gurih ikan asin Jambalnya. Buat campuran Nasi goreng ini..hemmm...enak sekali.

Untuk Nasi goreng Ikan asin Jambal ini aslinya seperti Chinese food ya teman-teman, hanya saja sudah aku sesuaikan bahan yang boleh. Aslinya pakai angciu, aku ganti saus tiram aja. tetap enak kok. Oh ya nasi gorengnya putihan aja ya, jangan pakai kecap. Jadi akan lebih terasa gurih ikan asinnya. Jika mau tambah sayuran seperti sawi hijau boleh, di potong kecil-kecil. Kalau aku suka pakai daun bawang aja masuk terakhir, jadinya wangi sedep.

Tips juga untuk membuat nasi goreng, api harus besar ya teman-teman, jadi wangi nasi gorengnya dan bumbu-bumbu tercampur rata sempurna. Cobain dech bedanya. memasak Nasi goreng api sedang sama api besar..pasti aromanya beda. Kalau api sedang itu seperti nggak tanak gitu..hihi. Pakai wajan yang agak tebal tapi ya atau anti lengket..biar nggak gosong nasi gorengnya..hihi.

Oke dech, langsung aja ya, ini dia resepnya teman-teman, selamat mencoba ya jika suka.

Nasi Goreng Ikan Asin Jambal 

Bahan :
350 ml Nasi dingin yang pero
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
1 sendok teh saus tiram
1/8 sendok teh merica bubuk
1 siung bawang putih, cincang halus
2 butir bawang merah, iris tipis
5 buah cabai rawit merah, iris bulat
1/4 sendok teh terasi, bakar
5 gram Ikan asin jambal, goreng sebentar

Cara membuat :
Tumis bawnag merah, bawang putih hingga matang dan harum
masukkan terasi dan cabai
Masak hingga cabai layu
Sisihkan bumbu tumis di pinggir wajan
Masukkan telur, buat orak arik kasar ( hingga matang ya orak ariknya agar tidak amis aroma telur nasi gorengnya )
Masukkan nasi dan semua bumbu kecuali daun bawang
Masak hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat

No comments :

Post a Comment