Thursday, January 11, 2018

Urap Sayur Cuciwis


Sayuran Cuciwis..tau kah teman-teman sayur itu ? Ada yang bilang namanya Ceriwis, Criwis, Keciwis, Ciwis, dll...banyak dech namanya. Sayuran ini seperti Sawi, tapi lebih kaku daunnya. Jika di rebus terasa kres renyah renyah.

Jika di masak bersama bahan lain, seperti nangka muda, sayuran ini tahan dan tidak mudah lembek.  Nangka muda kan perlu waktu lama untuk masak agar bisa empuk dan meresap bumbu. Nah...di campur Cuciwis ini juga tambah enak sekali rasanya. Ada aroma khasnya yang unik, berpadu dengan bumbu-bumbu yang gurih manis, rasanya enak sekali.

Selain di masak atau di tumis, Cuciwis ini enak juga di buat Pecel atau Urap teman-teman. Rasanya enak. Di rebus sebentar saja dnegan sedikit garam, rasanya akan kres-kres..renyah.  Jika mau lebih sehat ya di masak begini ya Cuciwisnya, jadi lebih hijau segar warnanya. tapi kadang-kadang jika mau cari enak dan sedep...aku masak pakai  nangka  muda, dan di masak hingga empuk..sedep sekali rasanya..hihi.

Nah, kali ini aku bikin Urap dengan Cuciwis, rasanya enak sekali. Kres-kres renyah...seger dan khas rasanya. Di padu bumbu urap pakai kelapa yang agak muda..sedep banget dech. Tapi aku campur sama sayur lain juga buat jaga-jaga jika suami tidak suka. Tapi ternyata suka juga suami..sipp dech.

 Urap Sayur Cuciwis

                        Bahan & Bumbu :

                        5 lembar daun Cuciwis, potong kasar
1 buah wortel, iris korek api
5 lonjor kacang panjang, potong-potong
50 gram taoge
5 lembar kol, potong kasar  

Bahan Sambal Urap :
300 gram kelapa parut kasar
Bumbu halus:
3 buah cabai merah keriting, 4 cabai rawit merah
3 siung bawang putih
1/4 sendok teh terasi bakar , 1 cm kencur
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 1/4 sendok teh garam
1 1/2 sendok makan gula merah sisir ( sesuai selera aja ya )
                        Cara membuat :
                        Rebus semua bahan urap dengan sedikit garam
                        Kukus semua bahan sambal urap, haluskan. Campur dengan kelapa
                        Sajikan sayuran dengan sambal dan lauk sesuai selera  


1 comment :

  1. Lho... ini daunnya Brussel Sprouts itu kan mbak..? bisa dimakan ya? di sini (jerman) malah di buang, cuma diambil kuntum kol-nya saja. Kalau kuntum kol-nya yang imut itu aku suka, seger-seger-pait-enak hihi...

    ReplyDelete