Google Ad

Wednesday, January 24, 2018

Risol Ragout Sosis



Risoles, adalah satu salah satu cemilan favorit di rumahku. Aku dan suami suka..Yodha baru mulai suka..hihi. Risoles isi apa aja suka...sampai kadang risoles pasar pun yang hanya isi wortel dan kentang, aku juga suka asal pas bumbunya. Sayangnya sekarang banyak yang kurang sesuai bumbunya, jadi lebih enak bikin sendiri.

Membuat risoles itu mudah saja, hanya perlu beberapa step yang harus di lakukan, yaitu bikin isian dulu bikin kulit, lalu penyelesaian dengan mengisi dan membentuk risolnya. Kelihatan ribet, tapi jika sudah di lakukan dan seneng..enjoy aja sich kalau aku. Apalagi bisa di buat sekalian agak banyak, lalu di simpan di freezer untuk persediaan, jadi sewaktu-waktu mau makan, tinggal goreng.

Menyimpan Risolesnya setelah di panir ya teman-teman, jadi karena sebenernya isian Risolnya ka sudah matang, jadi bisa awet di freezer di taruh di wdah tertutup ya. Jika mau bisa di bagi-bagi dalam plastik di kemas sekali goreng berapa biji gitu, jadi nggak perlu keluar masuk freezer. Atau jika mau buat usaha juga gitu..jika ada pembeli baru di goreng. 

Risoles bisa di isi macam-macam, bisa Ragout dengan sayuran bisa wortel, buncis, atau kentang, atau aku pernah beli hanya Ragout saja dengan ayam, sosis, dll. Jika beli yang enak lumayan mahal juga..satu biji pernah beli di mall 25 ribu..hihi...isi Sosis. Mending bikin sendiri dech lebih enak dan jadi banyak. 

Tips agar Ragout creamy lemut gurih pakai susu, adonan kulitnya juga. Tapi karena lagi mengurangi susu, aku ganti pakai bubuk cream Nabati kemaren rasanya sama enaknya seperti pakai susu malah lebih gurih nggak mblengeri aromanya. Resep kulit tetap masih pakai resep andalan yang hasilnya tipis lentur. Kulit risol jika terlalu tebal juga akan neg ya, mblenger istilahnya...karena masih di lapis panko juga.

Oh ya Pankonya pilih yang berkualitas ya teman-teman, jika pankonya kurang enak juga kadang Risolnya jadi kurang rasanya. Ada Panko yang keras, atau aromanya kurang enak..jadi pilih yang kualitas bagus. Pankonya juga pilih yang serpihannya agak panjang-panjang cantik hasilnya seperti yang aku pakai ini. Pankonya buatan umkm lokal sini yang fresh dan enak..kriuk gurih. Oh ya aku udah nggak jual Primera Panko ya sekarang teman-teman karena ada masalah distribusi mereka nggak bisa supply aku lagi,  jadi aku ganti yang lokal ini tapi malah fresh buatan baru terus...dan rasanya lebih enak. Jika mau coba wa aja 089654712500 ya.

Untuk detail cara membuat Risolesnya bisa cek di video berikut ini ya :

Ini dia resepnya ya teman-teman :
Risoles Ragout Sosis
Bahan kulit  :
400 ml susu cair atau 4 sendok makan Fibercreme plus 400 ml air
150 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur
¼ sendok teh garam
1 sendok makan minyak goreng
Cara membuat :
Aduk rata semua bahan, saring
Buat dadar tipis-tipis
Sisakan sedikit adonan untuk bahan pencelup
Bahan Isi :
100 gram Daging Ayam rebus, cincang
150 gram wortel, rebus, potong dadu kecil
50 gram tepung terigu
300 ml susu cair, atau 3 sendok makan Fibercreme plus 300 ml air
3 buah sosis, rebus, potong kecil
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / chicken powder  ( optional )
Garam secukupnya, 1 sendok makan gula pasir
½ sendok teh merica bubuk
¼ sendok teh pala bubuk
½ buah bawang bombay, cincang
Cara membuat isian :
Tumis bawang bombay hingga harum dengan sedikit minyak / margarin, masukkan terigu, aduk hingga berbutir
Masukkan susu / larutan Fibercreme
Aduk hingga kental, masukkan ayam, wortel, dan semua  bumbu
Aduk rata dan masak hingga mengental
Masukkan sosis dan sledri cincang
Aduk rata
Koreksi rasa hingga pas gurih sedikit manis
Dinginkan
Bahan Pelapis :
Sisa adonan kulit / 1 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung panko kasar
Penyelesaian :
Ambil selembar kulit risoles, beri satu  setengah sendok makan adonan isi
Lipat bentuk persegi panjang
Celup ke sisa adonan kulit atau kocokan telur
Gulingkan ke tepung panko kasar
Goreng hingga matang
Sajikan hangat




2 comments :