Saturday, January 6, 2018

Mendol Khas Malang


Tahun baru kerjaan kok menumpuk...jadinya mau posting dari kemaren sampai ketinggalan teman-teman. Karena lebih cepat postingnya di instagram...hihi, karena selesai masak langsung bisa post pakai hape, jadi praktis kapan aja bisa langsung posting. Jadi jika mau update resep terbaru harianku, follow instagram aku ya teman-teman, @bunda_didi. Padahal banyak materi menu baru yang belum aku posting di web. Ayuk..semangat..semangat...!

Menu kali ini oleh-oleh menu dari Malang lagi yang aku coba ini ya teman-teman. Ini bisa untuk lauk, bisa juga jadi cemilan, jika suka yang gurih-gurih.

Nama menunya, Mendol...hihi..lucu ya. Mendol ini terbuat dari tempe. Kemaren di Malang, aku mencoba Mendol di beberapa warung makan yang menjual Rawon, seperti di Rawong Nguling itu Mendolnya enak..pas sesuai seleraku. Jadilah aku penasaran ingin membuat sendiri di rumah, karena sudah tahu rasa yang enak seperti apa. Dulu pernah bikin lauk seperti ini, tapi karena belum pernah mencoba rasa aslinya gimana, jadi masih belum punya bayangan rasanya harus gimana yang benar...hahah. 

Jadi itulah fungsi dari hobiku kulineran itu teman-teman, agar bisa develop resep tradisional yang otentik. Karena aku lebih suka jika mencicipi langsung di daerah asal, jadi tau rasa aslinya seperti apa, daripada sekedar mencoba resep yang beredar. Namun kadang aku udah coba duluan juga dari resep-resep yang beredar, nah, jika suatu saat mencoba asli dari daerah asal makanan tersebut, aku bisa mengkoreksi kembali resep yang aku buat. Jadi jangan heran ya teman-teman jika di webku ini, satu menu, kadang ada beberapa versi bahan atau bumbu, ya..karena itu tadi..biasa aku sempurnakan...hihi.

Karena hari ini ada kerjaan motret menu produk untuk paid promo / endorse..jadi ngga sempat masak menu baru harian yang untuk instagramku.. jadi kita bahas si MENDOL lebih detail ya teman-teman..yang aku buat kemaren..😀😀 Karena ternyata banyak masukan dari teman-teman yang asli Malang di komentar postinganku tentang video resep Mendol kemaren..jadi aku rangkum ya di sini kesimpulannya. Semoga bermanfaat buat teman-teman lain yang mau mencoba membuat Mendol yang rasanya endol...hahah.

Tips membuat Mendol khas Malang :

Bisa pakai tempe segar, tempe semangit, atau tempe yang belum jadi jika mau kelihatan butiran-butiran kedelainya.
Kalau aku suka rasa yang pakai tempe semangit.

Tempe bisa di kukus dulu atau tempe segar, kalau aku suka versi yang di kukus dulu sebentar, jadi ngga langu aroma tempe mentah.

Bahan / bumbu utama untuk membuat Mendol ( resep takaran ala aku sendiri ) : 

250 gram Tempe bisa segar / semangit, bisa di kukus dulu  atau tidak ya tidak apa-apa, haluskan kasar. Kalau aku suka yang versi di kukus sebentar, untuk menghilangkan aroma langu tempe mentahnya.
Bumbu : 2 bawang merah ( optional juga ini ) , 2 bawang putih, 1 sdk teh ketumbar, 5 cabai rawit, 1 cm kencur, haluskan. 
2 daun jeruk iris halus, 1 sdk teh gula pasir , 1 sendok teh kaldu sapi / ayam dan garam secukupnya jika masih kurang asin. Bisa pakai sedikit terasi juga 😘😘 

Cara membuatnya campur semua bahan dan  bumbu, aduk rata, cicipi rasanya. Bentuk bulat lonjong kecil atau gepeng juga boleh..goreng dech hingga matang. Lebih jelasnya aku segera upload videonya di Youtube ya teman-teman, nanti aku update linknya. 

Dari teman-teman ada yang menyarankan bumbunya di tambah laos, ada yang pakai kunyit juga, ada yang pakai jinten, atau jahe juga. Tapi waktu coba di beberapa warung di Malang kemaren aku ngga ketemu rasa jahe atau jinten sich, karena dua rempah itu pasti kentara sekali rasanya jika di tambahkan ke dalam suatu masakan. Tapi kapan-kapan mau aku coba semua kombinasi bumbu saran teman-teman ini..biar nggak penasaran rasanya 😀😘 

Untuk sementara yang aku coba bumbu yang atas dapat resep dari teman yang asli Malang dengan takaran sesuai seleraku, alhamdulillah enak..aku udah coba pakai tempe semangit dan tempe segar, enak semua, cuma untuk aroma lebih mantep yang pakai tempe semangit. Suamiku suka. Padahal beliau mah biasa nya cuma doyan Tempe di buat mendoan aja 😀😀 Tips menggorengnya, harus terendam minyak, jadi bisa matang hingga bagian dalam, tanpa perlu di bolak balik.. 😘😘 

Jika yakin bisa menggoreng tanpa ambyar, tidak perlu di tambah tepung, karena tentu rasa orisinal tempe lebih khas. Tapi jika takut ambyar bisa di tambah 1 sendok makan tepung tapioka / beras / terigu...rasa tempenya tetap kuat kok..kan cuma sedikit aja buat perekat tepungnya.
Pilih tempe yang enak ya, jika tempe kurang bagus biasanya ada rasa asemnya itu kurang sip jika di buat Mendol ini. 

Selamat mencoba ya teman-teman 😘😘


No comments :

Post a Comment