Google Ad

Monday, January 8, 2018

Bolang Baling, resep Baru




Hari ini Yodha masuk pertama sekolah. Tadi kok request Bolang Baling  buat bekal. Akhirnya aku buatin aja. Sebenernya beli ya murah ya banyak yang jual pagi hari ya teman-teman, cuma kok membayangkan minyaknya itu hitam ngeri dech..hihi. Belum lagi biasa di buat di pinggir jalan adonannya..kena asap, kena debu, dll.

Jadi..walau sedikit repot sebenernya nggak susah kok bikin sendiri di rumah teman-teman. Cuma rasanya tidak akan persis sama..kalau sama enaknya iya. Karena kalau di pinggir jalan itu pakai bahan khusus yang namanya Amoniak kue nggak tau wujudnya seperti apa juga, aku cuma pernah baca ulasannya di salah satu tabloid info kuliner gitu. Jadi Amoniak ini yang bikin tekture bolang baling atau cakwe pinggir jalan itu seperti liat-liat gimana gitu dan ada aroma khasnya ya teman-teman..hihi.

Tapi ngga masalah nggak pakai itu, yang penting enak..dan empuk..nggak capek mengunyahnya.hihi. Jika panas ini empuk tekture, jika mau agak liat tunggu dingin..ntar dapat juga tekturenya cuma aroma khasnya memang beda..hahah. Aroma khas bolang baling abang-abang hahah. Untuk satu resep ini juga jadi banyak banget hihi. tadi separo sampai aku bagi-bagi aja ke budhe sayur langganan aku, dia bilang enak dan sudah pas rasanya.

Untuk resep masih sama denga yang aku buat dulu, cuma kali ini aku sempurnakan dengan penambahan gula pasir di atas kuenya agar mirip sama yang di jual-jual. Jadi ada tekture kres manisnya luar rotinya. Cuma gorengnya ati-ati ya teman-teman, api kecil aja agar tidak mudah gosong ya, karena pakai gula lapisan luarnya. Untuk takaran gula juga aku tambah agar lebih terasa manisnya. 

Resep ini bisa di uleni pakai tangan, atau pakai mesin. Untuk fermentasinya tergolong cepat, karena memakai susu hangat suam-suam kuku. Jika pakai air biasa, tunggu aja hingga mengembang dua kali lipat ya teman-teman adonannya. Biar makin empuk aku pakai tambahan tepung kentang. Bisa di beli di toko bahan kue besar, yang di seduh ya teman-teman bukan yang bentuk pati kentang. Jika kesulitan cari, aku ada banyak, ready stok..silahkan wa aja ke 089654712500 ya. Oke, selamat mencoba ya jika suka.

Roti Bolang Baling
Bahan :
350 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung kentang flakes, seduh dengan air panas 100 ml, hingga jadi adonan kentang kukus lumat, dinginkan
200 ml susu cair, hangatkan hingga suam kuku ( jangan panas ya nanti raginya mati kalau panas ), jika mau hemat pakai air biasa ya nggak masalah
2 1/2 sendok makan margarin
65 - 75 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1 butir telur
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 sendok teh garam
Bahan Taburan : Wijen putih secukupnya, di campur dengan gula pasir butiran
Cara Membuat :
Campur tepung terigu, gula dan ragi dan kentang lumat
Masukkan telur dan susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga lembut ( agak lengket nggak apa-apa)
Masukkan margarin dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis
Adonan akhir nggak kalis banget, agak lengket.
Tutup adonan dengan plastik, diamkan di tempat hangat hingga mengembang 2 kali lipat sekitar 30 - 40 menit ( tergantung cuaca )
Jika sudah mengembang, kempiskan adonan agar udara di adonan keluar. Letakkan adonan di tempat rata yang sudah di lumuri tepung terigu agar tidak lengket.
Taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket ketika di gilas.
Gilas adonan hingga rata dengan ketebalan 2 cm.
Potong-potong bentuk kotak sesuai selera ukurannya. Olesi atasnya dengan air, taburi wijen secukupnya
Diamkan 10 menit untuk fermentasi kedua
Panaskan minyak padat, goreng adonan roti di minyak padat hingga matang.
Sajikan waktu hangat.

3 comments :

  1. wajib dicoba ini mba.. kemaren aku buat donut resepnya mba yg tinggal cemplung2 itu loh mba.. enak banget empuk menul menul.. tambah selai coklat makin mantap rasanya anak anak suka..makasih mba resep2nya menginspirasi skali
    Alma - Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mba, semangat ya ayuk coba resep lainnya :)

      DD

      Delete
  2. Klo ga punya tepung kentang bisa diganti apa mba?

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel