Friday, July 1, 2016

Menu Sambel Goreng Lebaran Ala Dua Ibuku


Alhamdulillah..Lebaran sudah semakin dekat ya. Tentunya teman-teman di rumah sudah mikirin nich menu apa yang mau di sajikan untuk keluarga tercinta atau untuk handai taulan yang datang berkunjung. Nah kali ini aku mau share dua resep sambel goreng ala dua ibuku ya. Iya..aku punya dua ibu..hihi. Ibuku di Yogya..dan ibu mertua di Semarang.

Setiap Ibu atau bunda kita pasti punya menu andalan yang akan selalu tersaji di meja ya teman-teman..jika ada acara keluarga, hajatan atau  Lebaran. Begitu juga dengan ibuku di Yogya..dan Ibu mertuaku di Semarang. Kalau ibuku di Yogya..menu wajib jika Lebaran di rumah itu adalah Terik Ayam Kampung dan Sambal Goreng Kreni.

Nah untuk menu Lebaran ala Ibuku di Yogya..udah aku buat video resepnya nich..di COOK & SHARE with Diah Didi..edisi menu Lebaran. Silahakn klik link You Tube chanel aku di bawah ini ya..jangan lupa suscribe agar tidak ketinggalan info video-video resep terbaruku. Abaikan tukang masaknya yang rada chubi nich..hahah. Kemaren nuruti nasehat teman-teman untuk nguncir rambut kan ya...jadilah aku terlihat chubi...Lol ! Ah..yang penting ilmu masaknya ya...hahah.


Nah...kali ini yang di web yang aku share itu Sambel Goreng Semarangan versi Ibu Mertuaku. Jadi menu ini selalu ada di meja makan di rumah Eyang Yodha jika ada hajatan, ada pesta, dan Lebaran. Kalau di Semarang..menu sambel goreng ini, di sajikan bersama Empal Kelem..yang resepnya sudah aku share dulu di SINI. Sambel goreng Semarang atau Yogya hampir mirip..cuma pelengkapnya saja yang beda ya. Karena udah sering bantu ibu atau mertuaku..jadi udah di luar kepala dech resep sambel goreng ini.

Untuk bumbu sama saja, namun yang membedakan itu isinya. Kalau versi Semarang ini pakai udang dan krecek Semarang yang lembaran. Kalau versi ibuku di Yogya..pakai bola-bola daging atau kreni. Kadang pakai krecek..kadang juga tidak pakai. Yang sama dari keduanya adalah jumlah cabainya yang banyak..jadi manteb dech kalau jadi teman makan lontong opor atau ketupat Lebaran. Jadi..mau mencoba versi mana teman-teman ?..Silahkan pilih ya..hihi.

Ini dia resepnya yang sambel Goreng versi Semarangan ya, santan lebih banyak, karena memakai krecek yang biasanya memang menyerap santan ya.
Sambel Goreng Semarangan

Bahan :
50 gram krecek sapi lembaran khas Semarang, cuci, potong-potong
10 buah telur puyuh rebus 
100 gram kapri, siangi..goreng sebentar saja hingga layu tapi masih hijau cantik, sisihkan. Kapri masuk terakhir ketika sudah matang agar rasanya masih kres.
50 gram udang segar, buang kepalanya
800 - 1000 ml santan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
250 gram cabai merah teropong, buang biji, iris halus memanjang, sebagian di haluskan
8 butir bawang merah , iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis 

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang  putih hingga matang dan harum
Masukka cabai merah, tumis hingga cabai layu
Masukkan udang, aduk hingga berubah warna
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan krecek dan telur puyuh
Kecilkan api, masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap, masukkan kapri
Sajikan dengan Terik Ayam atau Opor Ayam..serta Ketupat atau Lontong..Yummy..!






No comments :

Post a Comment