Thursday, July 21, 2016

Chicken Katsu Pedas


Yodha masih belum masuk sekolah..masih pucat dan agak mengigau jika malam demam. Ya Allah..semoga besok sudah benar-benar sehat. Besok sudah janji sama orang..ada kerjaan pula yang melibatkan dua pekerja profesional lain yang cari waktu janjian juga agak susah jika di jadwal ulang. Kalau di batalkan kok kesannya kurang profesional juga. Makanya hari ini masak yang simple aja biar bisa fokus memperhatikan dia.

Tadi belum sempat belanja juga ke pasar, jadi menu hari ini masih hasil bongkaran freezer...:)
Nemu daging fillet dada ayam 300 gram, cukup lah buat lauk hari ini. Pengen yang simple aja dan cepat masaknya. Waktu lagi rekap orderan tepung, jadi melirik stok Primera Panko yang sudah datang. Teman-teman yang pesan kemaren, sudah ready ya, panko hijau dan putih dulu sementara. 

Primera panko ini produk baru jualanku, panko yang berkualitas, bersih, dan buatan pabrik dengan standart yang sudah memenuhi standart ISO, sudah bersertifikat halal dan juga banyak variannya. Ada panko orange, kuning, hijau, dan putih. Jadi lebih cantik warna warni untuk membuat aneka makanan yang di balut panko. Kemaren ada teman yang sudah order Primera Panko ini untuk membuat Risol Pelangi..wah..kreatif juga ya..dan hasilnya banyak di sukai pelanggannya..kata beliau.

Kali ini, untuk membuat Menu hari ini aku memakai Primera Panko warna putih saja, karena hari ini aku akan membuat Chicken Katsu. Yang spesial, Chicken Katsu yang aku buat hari ini, aku buat pedas, dengan tambahan cabai bubuk. Wah..ternyata rasanya enak sekali. Level pedas bisa di sesuaikan selera ya. Kalau normal saja pedasnya aku tadi pakai satu sendok teh cabai bubuk, sudah terasa kok.

Untuk membuat Chicken Katsu ala aku ini..mudah banget dan cepat. Agar bumbu lebih meresap, daging ayam bisa di balur bumbu terlebih dahulu, setengah jam sebelumnya. Jadi sewaktu mau di goreng, bumbu-bumbunyaa sudah meresap sempurna ke daging ayamnya. Bumbu Chicken Katsu hari ini juga yang ringan saja, tapi gurih..enak. Aslinya pakai kecap Jepang, namun aku ganti pakai saus tiram saja..juga enak banget. Karena sudah asin, jika pakai saus tiram ini, tidak perlu garam lagi.

Ini kemasan Primera Panko yang aku jual..sementara tersedia kemasan 1 pack besar 900 gram ya teman-teman. Garingnya itu lho..nagih banget Primera panko ini. Yang putih ini serba guna lho..bisa untuk melapisi lauk gurih, seperti aneka Katsu, Kaki Naga, Udang balut panir, Bawang bombay panir, atau bisa juga untuk membuat Pisang pasir, risoles Durian, nugget Pisang, dll..pokoknya serba guna dech Primera Panko ini. Yang pengen nyoba bisa order ke aku ya teman-teman..sms aja atau wa ke 089654712500.


Serpihan Primera Panko ini cakep banget..jika di buat lapisan jadi kriuk keriting cantik.



Oke, langsung saja..aku share resep praktis hari ini ya teman-teman..Chicken Katsu pedas dengan lapisan Primera Panko, enak..kriuk dan cantik hasilnya..cocok untuk lauk atau bekal anak sekolah nich. Jika buat anak-anak jangan terlalu pedas ya buatnya teman-teman.

Chicken Katsu Pedas

Bahan :
300 gram fillet daging dada ayam, potong melebar jadi 5 bagian
2 sendok makan saus tiram
1 cm jahe, geprek
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kecap manis
2 siung bawang putih, haluskan
1/8 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh munjung cabai bubuk ( sesuai selera pedasnya )

Pelapis :
50 gram tepung terigu ( atau Tepung Krispi aku )
1 butir telur, kocok lepas
100 gram Primera Panko warna putih

Cara Membuat :
Baluri daging ayam dengan semua bahan lain di atas, diamkan 20 menit di kulkas agar bumbu meresap
Panaskan minyak
Siapkan telur kocok, dan sedikit tepung terigu kering untuk taburan ( aku pakai Tepung Krispi agar lebih gurih )
Tiriskan daging ayam, lumuri dengan tepung terigu tipis merata
Celup ke kocokan telur
Gulingkan ke Primera Panko hingga rata, sambil di tekan-tekan agar menempel rata
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan coklat keemasan warnanya

Tips :
Jika mau lapisan Pankonya tebal, ulangi dua kali pelapisan
Goreng di minyak terendam agar  ayam matang hingga bagian dalam, panko kriuk, namun ayam masih juicy empuk, nggak alot
Sajikan dengan saus sesuai selera, kalau ala restoran Jepang biasanya di sajikan dengan Kol dan wortel iris dengan saus mayonaise atau saus coklat ala Jepang.



8 comments :

  1. Praktis juga buat bekal nih, Mbak. Terima kasih yaa :)

    ReplyDelete
  2. Enak nih mbak...catet dulu aah..kapan sempet bikin,btw awet krispinya gak mbak diah?

    ReplyDelete
  3. Mba tepung ny berapaan ya? Mau dunk kirim listny k email ditaurista@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Pengalaman bikin Katsu kayak gini behasil :D hehe mantap..

    ReplyDelete
  5. Makin bervariasi produknya bunda diah didi, boleh donk saya di update produknya ke email saya azz.maula@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Uwaw :D nggak suka pedas sayangnya :3 hehe..

    ReplyDelete