Thursday, July 28, 2016

Lodeh Tahu & Terong


Beberapa hari makan garingan terus, aneka lauk terus.. jadi pengen makan yang seger. Pilihan tidak susah..sayur-sayur rumahan ala Jawa seperti ini selalu bisa menjadi menu terbaik ketika bosan makan yang enak-enak..hihi. Ya begitulah..sudah dari sononya itu lidahnya keseringan mencecap rasa yang sederhana begini..jadi kadang-kadang malah kangen je makan begini. Menu harian khas rumahan yang biasa di masak ibuku.

Terong..salah satu sayur favoritku..di campur apa saja..di masak apa saja kok enak. Dari kecil memang terbiasa masak terong sich..karena murah dan sering nanam sendiri juga dulu. Aku sekarang lagi iseng nanam sayuran juga di belakang..bukan aku sich yang ngurusin, tapi pak tukang kebunku yang biasa kerja di rumah..dan numbuh lho..ternyata jika di rawat ya...hihi. Beda sama dulu..kalau nanam sendiri apa-apa kok mati. Dasar tanganku panas..cocoknya buat masak aja..Lol..!

Di belakang sekarang ada pohon pare..udah berbunga..ada kucai..ada aneka bumbu seperti daun jeruk, salam..dll. Dan ada cincau hijau juga..yeay..akhirnya punya pohon cincau juga..seneng dech. Walau beli sayuran itu ya nggak mahal-mahal amat, tapi kalau menanam sendiri itu ya seru gitu. Kemaren sempat juga ada yang nawarin halaman aku yang lumayan luas untuk di tanami sayuran hidroponik..wah menarik juga, tapi kok mahal biayanya..wis..ngga jadi dech. Kapan-kapan belajar sendiri..*kalau sempat..hihi*

Okeh..aku share ya menu sederhana ini,...siapa tahu ada yang suka ya :)

Lodeh Tahu & Terong

Bahan :
5 buah tahu goreng, potong segitiga
2 buah terong, potong kotak kecil
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan ebi, seduh air panas, tiriskan, biarkan utuh
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera ) 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1000 ml santan encer saja biar segar
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai merah keriting, iris serong
5 buah cabai merah besar, iris serong
5 buah cabai rawit merah, jika suka pedas, iris serong
Cara Membuat :
Tumis abawnag emrah dan bawang putih hingga harum, masukkan semua cabai, tumis hingga layu
Masukkan ebi, aduk rata
masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan tahu
Masak hingga meresap dengan api kecil
Cicipi rasa, jika sudah pas dan meresap bumbunya, masukkan terong
Masak lagi sebentar hingga terong layu
Sajikan hangat pakai tempe goreng aja udah enak...hihi


Kalau ini, lauknya yodha..Ayam bakar Solo..resepnya sudah pernah ku share di SINI ya..ini juga enak banget..:D




4 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Asslm mbak diah, kemarin saya sempat iseng liat postingan mbak diah ttg review beras merah gondoriya. Mohon infonya mbak, bisa dibeli dimana ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Sudah dicoba, mb. Aku pake terong ungu. Pake udang gremut yg sudah diblender. Enyaaaak...... kalau terongnya diganti pindang tongkol enak nggak, mbak.

    ReplyDelete
  4. Hi mBa, duhh nggarai ngeces inih.. eniwei klo dilodeh gini enak terong yg gimana?

    ReplyDelete