Monday, July 4, 2016

Tips Membuat Risol Mayo


Wah..maaf..maafkan ya teman-teman..ini udah dekat Lebaran kok kemaren dua hari sibuk pol..ada acara terus..sampai nggak sempat update web. Okeh..mumpung hari ini libur packing, saya akan ngebut posting beberapa untuk di jadwal tayangnya..hihi. Jadi..walau di tinggal liburan..dapurnya tetap ada suguhan buat teman-teman yang nggak mudik..dan masih mau mampir dapurku di hari liburan...hihi.

Yang mau mudik..hati-hati di jalan ya..semoga lancar di perjalanan, selamat sampai tujuan..nggak macet, dll..biar bisa ketemu dan berkumpul dengan keluarga dan handai taulan. Selamat liburan juga ya. Yang nggak mudik..tetap semangat ya..liburan di rumah. Bagaimana persiapan menu Lebarannya..sudah siap semua..? Toples kue kering sudah penuh semua ?..Sippp dech...

Aku lagi mau buat Nastar dan Pie susu pesanan ponakan nanti. Kemaren ada acara keluarga..buka bersama di rumah Eyang Yodha..jadinya seharian sibuk masak buat di bawa ke sana. Aku buat aneka tempura dan risol Mayo. Seharian nguplek di dapur, tapi seneng..karena semua suka tempura dan risol mayonya...langsung ludes dech. Aku buat banyak banget padahal risol Mayonya..hihi. 

Untuk Mmebuat risol Mayo yang cantik dan ndut-ndut seperti foto di atas..ada beberapa trik nich yang mau aku bagi. Untuk lebih jelasnya juga aku sudah siapkan video resep dan tutorialnya, di tunggu ya..ini lagi masuk tahap editing videonya. Nah..sekarang aku kasih tipsnya dulu di sini.

Masalah utama yang sering di hadapi oelh teman-teman jika membuat risol Mayo, sebagian besar teman-teman banyak yang menanyakan cara menggulungnya agar rapi...karena mayonya kan agar encer ya. Nah..untuk menyiasatinya..masukkan dulu mayo beberapa waktu ke dalam freezer, hingga tekturenya lebih mengental, jadi lebih mudah di gulung di kulit risolnya.

Untuk risol Mayo, gunakan adonan kulit risol yang memakai susu adonannya, sehingga hasilnya kulitnya lebih lentur, tidak mudah sobek, serta lembut rasanya. Jadi sangat pas berpadu dengan isian mayo yang creamy. Resep kulit risol mayo yang memakai susu sudah pernah aku share ya di web ku ini..di search aja jika perlu.

Tahap kedua yang sering teman-teman pemula yang baru belajar masak, banyak yang kesulitan dalam melapisi risol mayo dengan panko ( tepung panir ). Banyak yang menanyakan ke aku, kok risolnya gundul..ngga rata atau suka lepas-lepas pankonya ketika di goreng. Nah..untuk mengatasi ini ada triknya juga. Yaitu..jangan menggunakan telur ya untuk melapisi risolnya, tapi pakai sisa adonan risolnya saja. Hasilnya..tepung pankonya akan melekat dengan sempurna, lebih tebal..walau cuma sekali lapis, dan tidak mudah copot ketika di goreng. Apalagi jika sebelum di goreng, kita simpan dulu di kulkas risolnya, makan pankonya akan semakin kuat menempel rata di risolesnya..dan di jamin..nggak rontok banyak ketika di goreng.

Kendala ketiga, ketika membuat risol mayo..adalah mayonesnya sudah bocor atau menghilang ketika di goreng. Sebenernya bukan menghilang sich..tapi..jika di goreng terlalu lama, risoles mayo memang rawan bocor, karena mayo kena panas, akan terdesak keluar..atau jika tidak, mayonya akan menguap..hihi, terserap ke dalam kulit risolnya jika kelamaan di goreng. Cara yang tepat adalah menggoreng mayo sepat saja hingga tepung pankonya matang dan renyah saja. Caranya, goreng di minyak yang sudah bener-benar panas, namun api sedang saja. Ketika menggoreng risolnya, balik cukup sekali saja jika bagain bawah sudah matang, segera balik dan goreng hingga seluruh permukaan pankonya renyah dan cantik. Jika api terlalu kecil dan minyak belum panas, risol mayo akan menyerap minyak, kulit jadi keras, matangnya lama dan resiko mayo akan lenyap..hihi.

Oke..semoga bermanfaat ya teman-teman..sedikit tipsnya..selamat mencoba..semoga berhasil membuat risol mayonya jadi ndut-ndut dan cantik, ngga ada mayo yang bocor..seperti ini ya. Aku buat dua macam Risol Mayo kemaren, isi daging asap dan sosis. Yang daging asap, pakai panko warna orange, yang isi sosis pakai panko warna putih..jadi untuk membedakan isinya. Aku pakai panko  merk baru dari yang biasa aku pakai, hasilnay lebih cantik..dan renyah..kres-kres..tunggu habis Lebaran ya..aku launching produknya...hihi.

Ini dia video resep dan cara membuat risol mayo secara detail ya teman-teman..jadi teman2 bisa melihat langsung, cara melipat dengan rapi, melapisi panko / panir agar tidak gundul, secara lengkap.





4 comments :

  1. ahhh aku suka banget sama risol mayo.. terimakasih tips nya, nanti aku coba bikin di rumah

    ReplyDelete
  2. Mbak Diah,

    sblumnya terima kasih, krn sdh banyak berbagi ilmu, saya mau nanya mbak, kalau daun selada/letuce itu bisa tahan gak yah kalau kita frozen kira2 3-5 hari, kalau dari pengalamannya mbak Diah, soalnya keluarga juga suka dgn syuran itu, rencana mau trial agak banyak gitu difrezer. jd kalau mau makan tnggal goreng aja. secara kalau bikin lagi, malas buat kulitnya...lamaaaa, heheheheh (emak yg malas)

    salam,
    Yani

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen nyobain bikin risol nih nda.. Keren deh

    ReplyDelete
  4. Mba Diah, tepung panir primera yg brwarna warni itu bisa order dimana ya?

    ReplyDelete