Wednesday, July 20, 2016

Bakpao Kentang Isi Unti Kelapa



Wuaa..3 harian ini full..ngga bisa megang kerjaan..karena Yodha sakit demam. Hari pertama sekolah kemaren..Yodha udah masuk sekolah..rencana kerjaku juga sudah tersusun. Eh tiba-tiba di telp dari sekolah Yodha, kalau Yodha demam tinggi. Yo wis..langsung jemput dia..dan setelah itu..sibuk aja ngurusi dia. Kalau Yodha kalau lagi sakit..nggak mau di tinggal..maunya nempel terus. Dan akunya juga nggak tega gitu lihat dia tersiksa. Demam..walau kelihatan sepele, tapi buat anak-anak itu menyiksa banget ya teman-teman. Akhirnya kerjaan yang bisa aku lakukan hanya membalas pesan-pesan orderan di wa atau sms sambil nemenin Yodha. Urusan packing, dll di kerjakan assisten sama suamiku.

Hari kedua panas belum turun juga, malah semakin tinggi. Pagi-pagi jam dua itu dia sampai wajahnya kaku, merah semua..wis langsung kita bawa ke rumah sakit. Eh di jalan itu Yodha bilang, takut jika di infus, sampai mengigau..dan stres, badannya malah jadi dingin. Heranlah dokter, badan dingin kok di bilang demam..hihi. Akhirnya tetep minta obat aja buat penurun panas, dll. Eh..sampai rumah demam lagi Yodhanya. Tapi memang belum bisa di test lab karena baru dua hari. Alhamdulillah tadi malam sudah bisa tidur agak lumayan Yodha. Kalau malam sebelumnya..wis..semalaman mengerang sakit gitu..akhirnya kita juga nggak tidur dech..ikut nge drop semua.

Alhamdulillah pagi ini udah nggak terlalu tinggi demamnya. Aku juga nggak tau kenapa, padahal sebelum masuk sekolah itu dia semangat banget mau ketemu teman-temannya..eh kok tiba-tiba demam. Kalau perkiraan suami sich ada punggung yang kesliring, jadi menyebabkan demam tinggi. Memang selama liburan sebelum sekolah kemaren itu Yodha aneh-aneh aja di rumah hobby..main Ninja Warrior..itu lho ikut acara lomba kentangkasan di tivi teman-teman..ya gelantungan di pintu lah..memanjat sisi kanan kiri pintu pakai kaki..naik lantai atas..sambil bergelantungan..aneh banget pokoknya...hihi. Aku kira sich seperti biasa nggak masalah, karena sudah biasa hobbynya gitu..namun kemaren mungkin dia lupa pemanasan atau ada gerakan yang salah..wis akhirnya jadi kesliring gitu. 

Alhamdulillah hari ini sudah mendingan. Semoga besok bisa masuk sekolah lagi ya Kak. Hari ini nyicil posting satu postingan dulu ya teman-teman. Ini jajanan yang aku buat minggu kemaren buat suguhan keluarga jauh yang datang ke rumah. Dari kemaren rencana mau buat varian menu lagi dari aneka tepung kentang, dll yang aku jual sesuai request teman-teman..semoga bisa segera dech. Kali ini menu simple dulu nich..Bakpao Kentang, rasanya unik..seperti bakpao ala pasar jaman dulu, empuk , lembut, tapi ada sensasi unik agak lengket-lengket di mulut ketika di makan..aku suka banget jenis bakpao jadul seperti ini. Kalau di pasar dulu biasa isi kacang hijau atau kacang dan gula merah, kali ini aku buat pakai isian unti kelapa putih. enak juga lho teman-teman.

Selamat mencoba ya jika suka.

Bakpao Kentang Isi Kelapa

Kulit :
250 gram tepung terigu
50 gram tepung kentang, seduh dengan air panas 200 ml hingga jadi adonan kentang kukus
1/2 bungkus ragi instan
25 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam garam
100 ml santan kental instan
1 sendok makan margarin
1 tetes pewarna merah muda
Daun pisang, potong bulat / kertas bakpao

Bahan Isian :
Unti Kelapa putih secukupnya ( cara membuat lihat unti kelapa lihat di SINI )

Cara membuat :
Kulit : campur terigu, ragi, gula, dan kentang halus hingga rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis. Diamkan 30 menit hingga mengembang
Setelah mengembang, ambil adonan kulit 30 gram, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan 1 - 2 sdm adonan isi. Bulatkan lagi hingga rapat dan bentuknya seperti bakpao
Letakkan diatas daun pisang / kertas . Kukus dalam dandang panas selama 7 menit hingga matang.

14 comments :

  1. pengen nyobain ah nanti kalau libur, makasih resepnya mbak Didi

    ReplyDelete
  2. Pengen bikin bwt bekal anak2 pake isian keju cocok gak ya mba...tepung kentangnya bs diganti gak mba di?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..bisa sms atau wa ke 089654712500 ya..:)

      Delete
  3. Kayanya perlu coba nehh....kebetulan mase ada tepung kentang...warnanya gemesin bingiiit....unyu2...hehehe

    ReplyDelete
  4. Mba..itu pake terigu apa yaaa ...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa nulis..protein rendah atau sedang bisa mba :)

      Delete
  5. Cepet sembuh ya yodha 😄,apa tenggorokannya radang ya mbak Diah...panas dalem?

    ReplyDelete
  6. Mba... masukin pewarna nya kapan ya?
    Makasih

    ReplyDelete
  7. Makasih bunda Evan..iya ini agak batuk juga..:)
    Di campur langsung ke adonan mba pas ngulenin...:)

    ReplyDelete
  8. Mbak diah..1adonan jd brp bnyk??isian diganti gula merah sisir enak g y??klo g untinya pake gula merah kyknya lbh menarik..

    ReplyDelete
  9. Mbak diah..1adonan jd brp bnyk??isian diganti gula merah sisir enak g y??klo g untinya pake gula merah kyknya lbh menarik..

    ReplyDelete
  10. Mau nyobain jg msh punya untinya sisa bikin dadar gulung kmrn.

    ReplyDelete