Saturday, July 23, 2016

Ketoprak Bumbu Kacang & Mete


Pagi ini pengen sarapan ketoprak. Untung di pasar masih ada yang jual ketupat..asyik. Jadi langsung buat aja cepat matang dan siap saji kok bikin ketoprak ini. Tapi lihat stok kacang kok tinggal sedikit, akhirnya aku campur saja dengan mete untuk bumbu kacangnya. Aku masih punya lumayan stok mete sisa Lebaran kemaren. Ternyata rasa bumbunya  makin enak dan gurih..pakai campuran mete ini.

Dari dulu itu memang penasaran sambel kacang mete begini. Pernah lihat di supermarket dulu, sambel pecel..tapi dari kacang mete...dan rasanya..muahal banget..hihi. Tapi memang mete juga itu kacang mewah sich ya..hihi..jadi ya wajar jika harganya mahal. Padahal dulu kalau di rumahku di Yogya..waktua aku kecil, banyak pohon mete. Sekarang sich udah di tebang semua..huhu.

Dulu paling enak itu..kalau buah mete udah matang..buahnya kan asem manis sepet nyegrak gitu kan ya..paling enak di makan sambil di colek bumbu rujak atau pakai garam aja. Terus kacang metenya di kumpulin, lalu di bakar di arang sambil masak gitu..duch..enak banget rasanya itu..manis sekali kacang metenya. Sekarang..banyak juga kacang mete impor besar-besar itu ya..kurang sipp rasanya.

Okeh dech..daripada aku membayangkan buah mete yang seger, tapi sekarang nggak pernah ketemu lagi..yukk..masak ketoprak saja buat sarapan di libur weekend ini teman-teman, jika nggak ada mete, ganti kacang tanah biasa semua juga boleh.


Ketoprak Sambal Kacang & Mete

Bihun 100 gram, seduh air mendidih hingga lemas dan matang, tiriskan
Tahu goreng 2 biji, potong kotak kecil
Lontong, taoge yang di seduh air panas, bawang goreng, kerupuk kanji secukupnya
Sledri cincang secukupnya ( optional, kalau aku suka soalnya biar tambah wangi kreyes aromatik ketopraknya )

Bahan sambal kacang ( 1 hingga 2 poris ya bumbunya  ) :
50 kacang tanah, goreng
50 gram mete goreng
2 buah bawang putih , goreng
3 hingga 5 buah cabai rawit merah, goreng ( sesuai selera )
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/8 sendok teh air asam ( sedikit aja )
Kecap manis secukupnya

Cara Membuat :
Ulek semua bahan sambal hingga halus, tambahkan air panas secukupnya sampai tingkat kekentalan sambal yang di inginkan. Koreksi rasa udah pas belum sesuai selera manis asinnya.
Susun bahan ketoprak di piring, tuangi sambal kacang. Sajikan segera
Yummy..!

1 comment :