Wednesday, July 27, 2016

Chicken Pop Corn Pedas Ala Korea


Maaf ya teman-teman..baru mengudara lagi..hihi. Lagi super sibuk banget..ngejar deadline kerjaan yang menumpuk setelah Yodha sakit seminggu, plus orderan harian alhamdulillah banyak terus. Jadi berusaha membagi waktu agar semua kerjaan beres. 

Ini dari tadi malam lembur packing...tadi malam hingga jam satu an..ini baru selesai aja kerjaan..terus buat menu untuk makan siang. Tapi lemburnya walau hingga tengah malam..asyik-asyik aja...karena di temani Mas Ji Sung..hihi. Sapa itu ? Hihi..itu si ganteng Ji Sung..lewat drama terbarunya 2016 ini..Entertainer. Wah..ini baru drama yang recomended bagiku untuk di tonton tahun ini..akhirnya ada yang bagus juga. Jadi semalam, sambil kerja itu mata nggak bisa beralih ngikutin alur ceritanya yang seru banget. 

Drama Entertainer ini aku suka banget, karena bercerita tentang kehidupan sehari-hari artis Korea..yang ceritanya menarik banget, jadi tentang perjuangan seorang Shin Suk-Ho (Ji Sung) untuk membuka perusahaan Agency artis sendiri setelah berpengalaman bekerja di Agency ternama. Nah..di situlah ceritanya mengharu biru banget, dari Ji Sung..tau kan..castingnya apik banget kalau memerankan orang yang temperamental dan kasar, tapi sebenernya cool dan baik hati...hihi. 

Setelah mendapat cobaan di awal usahanya karena dua kesalahan fatal dalam menjalankan usahanya, di penjara, sampai dia berada di titik nol kembali, kehilangan anak asuhnya ( grup band terkenal ), akhirnya dia mulai bangkit untuk menata ulang kembali hidupnya yang hancur dari nol lagi...berusaha menemukan bakat-bakat baru untuk di didiknya menjadi artis terkenal. Nah..di sinilah haru biru ceritanya..seru..lucu..pokoknya menarik banget ceritanya...di mana akhirnya dia bisa membentuk sebuah band..Entertainer...yang personilnya unik-unik..dan bisa bener-bener dekat menjadi satu keluarga yang berjuang bersama-sama untuk menjadi Entertainer sejati..walau penuh cobaan dan rintangan...sampai akhirnya...happy ending dong..mereka berhasil menjadi band papan atas di Korea..dan memenangkan penghargaan. Banyak pelajaran hidup, saling membenci tapi akhirnya bisa saling memaafkan, yang pasti membuat hati kita jadi hangat..dan membayangkan seandainya kehidupan artis itu bisa seperti itu..wah pasti indah sekali..nggak saling gugat seperti artis kita di dunia nyata..seperti yang sering kita lihat di tivi...hihi

Yakin dech..Ji Sung juga nanti bakal dapat penghargaan lagi sebagai best actor pastinya..karena keren banget dalam memerankan tokoh utama di drama ini..pas banget sama kharakter dia. Wajahnya juga pas..khas Korea..nggak terlalu sempurna, bukan wajah imut-imut bersih ala Boyband..pokoknya aku suka artis Korea yang model gini..lebih laki gitu. Suka banget pokoknya..ngalahin Rain dech menurutku..gokilnya..hihi ( semoga nggak di baca fans nya Rain..hahah.. ). Sama seperti perannya di Kill Me Heal Me yang juga keren..di sini..Ji Sung ini bisa membuat kita sering mewek, tapi juga tertawa dech pokoknya..bersiaplah dengan banyak tisue di tangan jika nonton ini teman-teman..hihi. Biar nggak penasaran..tonton sendiri aja ya..di jamin..bagus bingits.

Nah, karena lagi bahas drama Korea...aku jadi pengen makan makanan Korea dech. Nah..kali ini pilihan jatuh ke menu yang super simple dan cepat buatnya. Chicken Pop Corn. Bukan berondong jagung lho..tapi ayam fillet yang di goreng dengan potato starch, lalu di balut bumbu pedas manis.Kalau di Korea sana itu menu ini bisa di jual di pinggir jalan untuk snack atau cemilan gitu. Wah..doakan suatu saat aku bisa nyicipin langsung di Korea ya teman-teman..amin..lagi semangat nabung ini...hihi.

Tapi..dulu aku pernah coba versi aslinya..hemmm..super manis..dan aku kurang begitu suka. Jadi kali ini aku mau buat pakai saus yang mudah saja yang bisa di terima lidah kita kali ya. Jadilah aku modifikasi pakai saus pedas ala Fire Chicken..di salah satu gerai ayam cepat saji tuch..udah pada pernah coba kan ?..Level berapa beraninya hayo ?..Aku pernah nyoba level 5 di bulan puasa kemaren..duch..nyerah dech..pedes banget..hihi.

Nah..setelah aku coba tadi..aku kok lebih suka saus ini..rasanya itu lebih manteb di lidah Jowoku..hihi. Okeh..langsung saja ini dia ..aku bingung kasih nama apa menunya..jadi biar  seru kita sebut Chicken Pop Corn..tapi ala-ala saja ya..nggak original Korea..:) Kalau di Korea, aslinya pakai saus Gochujang, saus tomat, madu, minyak wijen, dan bawang putih cincang, dan gula merah, monggo jika mau di coba..tapi aku pernah coba terlampau manis untukku.


Cara buatnya mudah kok..di coba yukk...tapi ala aku sendiri ya...biar lebih sesuai di lidah..:)

Chicken Pop Corn 

Bahan  1 :
250 gram fillet ayam, potong-potong tipis kecil
100 gram Potato starch ( pati kentang )
1 sendok teh saus tiram
1 cm jahe, geprek
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
1/4 sendok teh gula pasir

Bahan Saus :
2 sendok makan saus barbeque siap pakai
1 sendok makan saus tomat 
1 sendok makan saus sambal
1 sendok teh kecap manis, 1 sendok teh saus tiram
3 sendok teh cabai bubuk ( atau sesuai selera pedasnya )
1/2 buah bawang bombay, cincang halus, sedikit garam dan gula jika perlu

Cara Membuat :
Lumuri ayam dengan semua bumbu-bumbu di bahan 1, diamkan 1 jam atau lebih hingga meresap
Lumuri ayam fillet dengan Potato Starch, goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga renyah dan agak kering lapisan luarnya
Saus :
Tumis bawang bombay hingga layu
Masukkan semua bahan saus, aduk rata
Cicipin rasanya susah pas atau belum sesuai selera
Haluskan saus pakai blender
Masak kembali sebentar api kecil agar tidak gosong
Masukkan ayam goreng, aduk rata
Taburi dengan wijen dan daun bawana iris jika suka, aku pakai kucai tadi
Sajikan hangat selagi ayam masih kriuk renyah kulit luarnya
Yummy..nggak perlu beli fire wing mahal-mahal lagi dech..hihi

Tips :
Ayam fillet bisa di ganti sayap..jadi seperti Chicken Fire Wing itu tuch yang terkenal..hihi.
Potato starch membuat ayam ini awet renyah, walau di lumuri saus dia bandel renyahnya, namun segera sajika sewaktu hangat ya
Potato starch juga membuat rasa ayam unik dan khas..kriuknya itu enak dan beda di banding tepung biasa, tak heran banyak masakan Jepang atau Korea, banyak yang memakai bahan Potato Starch ini.
Cari Potato Starch di mana ?..Di toko bahan kue yang besar ada biasanya..kalau kesulitan carinya, aku juga jual ya...sms atau wa aja ke 089654712500

 



2 comments :

  1. aaaahhhh..
    Mbak Di suka Mas Ji Sung juga ya...
    udah nonton secret Mbak?

    ReplyDelete
  2. mba, potato starch bisa diganti tepung lain ga?
    pernah beli di toko bahan kue tapi kok ga kaya gitu hasil gorengnya.
    apa aku salah beli yah?

    ReplyDelete