Sunday, July 24, 2016

Cap Jahe Udang


Beberapa hari ini aku belum terlalu konsen di dapur, kerjaan masih nano-nano..jadi masaknya cepat-cepat saja. Motret juga seadanya..wis nggak sempat plating atau ngatur foto yang bagus..semoga segera normal dech minggu depan jadwal semua kerjaan. Plus di tambah mikirin Yodha juga..jadinya itu nggak konsen semua. Semoga besok dia udah semangat berangkat ke sekolah.

Kemaren aku rada malas makan..tiba-tiba kok ngidam ( bukan ngidam hamil lho ya..LOL )..cuma pengen banget makan Cap Jahe, cap cay kampung goreng yang banyak tepung kekiannya itu. Kemaren aku langsung buat, tapi biar lebih gurih aku tambahkan udang untuk kekiannya. rasanya makin enak dech. Rasanya..kalau nggak ingat diet..nggak berhenti nyemil Cap Cay ini tanpa nasi..hihi.

Aku makan Cap Jahenya pakai sambal tomat kampung yang pedes, jadi rasanya  pedas asam segar, karena tidak perlu di tumis sambalnya. Jadi cabe, bawang putih, bawnag merah, tomat di goreng hingga matang, kemduain di haluskan dengan sedikit garam dan gula..udah langsung di nikmati  bersama Cap Jahenya, tanpa perlu di tumis sambalnya, jadi rasa seger asam tomatnya masih terasa.

Enak sekali rasanya..serasa ingat jaman kecil suka jajan Cap Jahe seperti ini di tukang jajan atau di pasar, biasa di bungkus daun, di  lengkapi sambal tomat kampung begitu..hemm enaknya..makanan masa kecil itu ya. Tapi kalau dulu kekiannya ya cuma tepung aja..nggak pakai udang..hihi.

Okeh dech..langsung saja ini dia resepnya ya..:)..Kalau versi jadul...sayurannnya kol, wortel dan daun bawang aja, kalau ini versi aku campur biar warna warni pakai sawi hijau dan bunga kol juga.

Cap Jahe Udang

Bahan :
250 gram tepung terigu protein sedang
200 ml air, kira-kira
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
50 gram udang kupas yang sudah bersih, haluskan
1/8 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Kekian :
Aduk rata semua bahan sambail di uleni sebentar agar adonan agak liat, jadi nanti kekiannya lebih kokoh dan ada sedikit kenyal
Panaskan minyak, sendokkan adonan melebar sampai terendam minyak
Goreng di api kecil hingga benar-benar matang bagian dalamnya, dan bagian luar kecoklatan
Dinginkan, baru potong serong sesuai selera
Kekian siap di olah


Bahan Cap Jahe

Kekian yang sudah di potong-potong
4 lembar kol, iris kasar
4 lembar sawi hijau, potong kasar
1 buah wortel kecil, rebus sebentar, iris tipis serong
1/4 kuntum bunga kol, potong kecil, rebus sebentar
2 batang daun bawang, iris serong
1 batang sledri untuk taburan dan bawang goreng secukupnya

Bumbu :
2 siung bawang putih , haluskan
2 butir  kemiri, haluskan
1/4 sendok teh merica butiran, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam atau garam sesuai selera
1-2 sendok teh kecap manis ( sesuai selera )
50 ml air

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan sayuran dan air, aduk hingga semua sayuran agak layu
Masukkan kekian dan semua bumbu lain. Tumis sebentar kembali hingga bumbu tercampur rata
Cicipi rasanya hingga sudah pas gurihnya, angkat..taburi bawang goreng dan sledri
Sajikan hangat dengan cabai rawit atau sambal tomat..yummy..! 



10 comments :

  1. Kok ya pas banget hari ini saya juga buat cap jahe kampung dikosan. 😂
    Salam kenal mbak diah, saya asli Magelang sik lagu ngrantau aduh nang Cikarang... Makane men ngirit mesti masak dewe meski cah lanang. 😂 sering bawa bekel buatan sendiri ke kantor wong catringe mung sitik 😂 #lah malah curhat 🏃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sippp...salut dech..biasanya karyawan cowok yang ngekos mending makan di Padang atau warteg ya daripada masak..:D

      Semangat ya mas..pastinya lebih enak dan puas masak sendiri juga..:)

      Delete
  2. mba diahdidi salam kenal, judulnya saja ada jahe nya ya tp membuat nya nga ada jahe 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..nama menu masakan Yogya mba..jadi memang nggak pakai bumbu Jahe..mungkin plesetan orang Jawa..dari Cap Cay ke Cap Jae atau Cap Jahe..gitu sich ceritanya..:D

      Delete
  3. 😝😁😁..iya bener ya mba diahdidi

    ReplyDelete
  4. Mengingatkan masa kecil nih mba. Aku mau cobain ah. Moga2 suami suka. Oia, aku sering nyontek resep rumahan mba didi lho. Cocok bgt ama aku. Ndilalah suamiku jg suka lho mba. Pdhal blio bukan orang Indonesia. Alhamdulillah kok ilate tibake ilat jowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..wah udah ketularan lidah Jowo ya misuanya, :D

      Delete
  5. Lagi nyari-nyari ide buat masak buat anak-anak, akhirnya menclok di sini..Tadi malem langsung dipraktekin, cuma udang diganti sama ayam cincang, berhubung udangnya ga ada dikulkas. Enaak mbak..anak2 sama suami suka..Mirip cap jahe bikinan Mamaku dulu...:)Salam kenal Mbak Didi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..salam kenal juga..sipp..wah iya,,,pakai ayam pasti enak juga ya, :D

      Delete
  6. Halo Mba Didi, terima kasih sharingnya. Di rumah ibuku. biasa masak cap cay pakai kekian. Tapi kekiannya beli di tukang sayur hoho. Mohon masukan Mba:
    1. Apabila ingin buat kekian lalu disimpan di kulkas (atau freezer?) biar sewaktu-waktu tinggal goreng, ada tips tambahan?
    2. Apakah Mba Didi ada posting ttg tips membersihkan udang? Saya pernah pas makan masih rada amis. Kurang teliti mungkin.

    Terima kasih^^

    ReplyDelete