Friday, June 23, 2017

Soto Bandung


Posting satu lagi ya teman-teman..sebelum libur Lebaran. Besok sudah pasti nggak sempat posting, karena nyekar, ke Salon..packing mau mudik..dll...hihi. Jadi ini menu Lebaran lagi ya..yang segar dan ringan. Sengaja aku pilihkan menu-menu segar seperti ini, karena sudah pasti Opor, dkk sudah biasa kan. Tapi jika memang sulit mengganti Opor dkk dengan menu lain...baiklah, silahkan kunjungi kumpulan resep menu Lebaran yang sudah aku rangkum di webku ini..silahkan klik di SINI ya.


Menu kali ini...berasal dari Bandung..yaitu Soto Bandung. Soto yang bening dan minimalis, tapi rasanya segar sekali. Sebenernya Soto Bandung ini bukan menu baru sich buatku. Dulu waktu magang kerja setengah tahun di salah satu hotel berbintang di Yogya...waktu jaman kuliah..menu EDR ( Employe Dining Room ) nya itu hampir tiap hari Soto Bandung..hihi..dan tau sendiri lah masakan hotel sudah pasti agak hambar..jadi setelah itu...dari dulu ya  nggak minat mencoba resep Soto Bandung...lol..!

Tahun kemaren juga coba resep dari majalah..iseng penasaran jika bikin sendiri..juga masih belum mantep. Nah..pas ngadain event giveaway ini..ada mba Eqaa yang kirim resep Soto Bandung ini. jadi penasaran soto Bandung ala rumahan, aku pikir pasti lebih sedep. Dan beneran..setelah aku coba tadi..memang lebih enak...dan terasa sedep khas rumahan gitu. Ah..memang tak ada yang ngalahin resep-resep rumahan yang memang setiap hari di masak untuk keluarga ya teman-teman.

Jadi lolos sensor dapurku dech resep ini....hihi. Sekalian aku simpan juga buat catatan jika suatu saat mau masak lagi. Semoga bermanfaat juga ya buat teman-teman yang mau menyiapkan menu Lebaran yang berbeda. Oke...sebelumnya, Saya dan keluarga mengucapkan...Selamat Hari Raya Idul Fitri..mohon maaf lahir dan batin ya..mohon maaf atas semua kesalahan yang tidak di sengaja. Dan selamat berlibur juga ya teman-teman. Yang mau mudik, hati-hati di jalan, salam buat keluarga di rumah..dan sampai ketemu lagi beberapa hari mendatang ya. Jadi dapurku libur dulu ya..kecuali jika nggak males nanti aku update liputan kuliner pas liburan..hihi.

Oke..ini dia resep Soto Bandungnya, aku copikan dari instagram mba @Eqqa ya...:) Bumbu boleh di sesuaikan selera kok.
  • ==Soto Bandung==
    Bahan:
    -1/2 kg daging sapi ( aku pakai bagian tetelan )
    -Air
    -8siung bawang merah
    -5siung bawang putih
    -pala 1/8 butir, biarkan utuh
    -garam
    -merica 1/4 sendok teh
    -3lembar daun salam
    -2lembar daun jeruk
    -lengkuas 2 cm, geprek
    -jahe, 2 cm, geprek
    -serai 1 batang
    -1bh lobak, potong bulat tipis
    -daun bawang seledri, iris halus
    -kacang kedelai secukupnya
    -jeruk nipis
    Cara Masak:
    -rebus daging sampai empuk (buang air rebusan pertama), potong2 dan rebus kembali -rebus lobak ( aku, rebus daging hingga kaldunya bening dengan api kecil, jadi nggak di buang kaldunya, baru di potong-potong dagingnya )
    -goreng kedelai
    -uleg kasar duo bawang dan pala,geprek lengkuas dan jahe
    -tumis bumbu kasar sampai wangi masukkan daun salam&daun jeruk
    -masukan bumbu yg sdh ditumis ke dalam rebusan daging,masukan jahe lengkuas dan serai
    -masukan garam dan penyedap (koreksi rasa)
    -setelah daging empuk angkat sajikan dengan lobak dan kucuri air perasan jeruk nipis
Tips dari aku :
Lobak sebaiknya di rebus terpisah dengan sedikit garam, baru di masukkan ke kuah Soto ketika akan di sajikan...karena jika langsung di campur dan di masak dengan kuah Sotonya, Lobak jadi lembek dan aromanya tercampur ke kuah Soto.


No comments :

Post a Comment