Friday, June 9, 2017

Sambal Uyah Tabio Khas Bali


Setelah mengadakan #giveawaydiahdidi, aku jadi tau aneka macam Sambal dari seluruh Indonesia. Wah beneran Indonesia kaya akan Sambal ya teman-teman. Salah satunya Sambal yang baru aku coba kemaren. Penampakan seperti Bawang goreng biasa ya teman-teman..tapi ini adalah Sambal lho..hihi. Sambal ini enak rasanya...kriuk-kriuk gurih lho.

Sambal ini bumbunya juga minimalis aja bumbunya. Garam dan gula aja sedikit untuk perasa. Tapi kemaren setelah aku posting di Instagram, banyak yang menyarankan untuk di tambah Terasi goreng. Wah..aku pikir enak juga. Aku pernah dapat sample Sambal seperti ini di kemas toples, ada terasinya. Kapan-kapan aku coba pakai Terasi ah..pasti lebih mantep.

Sambal unik ini adalah Sambal khas Bali. Biasa di makan untuk aneka sayuran atau kalau di Bali di sebut Jukut. Setelah aku coba, memang enak sich rasanya. Walau cuma aku yang suka di rumah..hihi. Ngga apa-apa awet kok, jadi aku simpan aja. Walau Cabenya cuma di iris, tapi jika sudah di makan terasa juga kok pedasnya. Di makan pakai nasi anget pulen, gitu aja udah enak...hihi.

Oh ya, tips menggoreng Bawang agar cantik hasilnya, goreng di minyak yang agak banyak ya teman-teman, jadi bisa kering dan rata warnanya jadi cantik. Jika minyak sedikit, suka ada yang udah kering, ada yang masih basah. Jika mau pakai Terasi, Terasi di sangrai atau di goreng dulu hingga kering, baru di campur dengan sambalnya.

Oke, langsung aja yuk cobain, ini dia resepnya. Enak lho buat makan Sahur...:)

Sambal Uyah Tabio

Bahan :
10 buah Bawang Merah
10 buah Bawang Putih
20 buah Cabai rawait merah ( sesuai selera ), iris tipis
Sedikit garam dan gula pasir

Cara membuat :
Goreng duo bawang hingga kering dan renyah
Goreng cabai hingga kering
Campur semua bawang dan cabai dengan sedikit garam dan gula, beri sedikit minyak, aduk rata
Jika pakai Terasi, campur sekalian Terasi hingga rata 
Simpan di toples untuk stok


No comments :

Post a Comment